Manfaat Sayur Kol (Kubis) dan Kandungan Gizi Sayur Kol

Manfaat Sayur Kol (Kubis) dan Kandungan Gizi Sayur Kol (Kubis)

Manfaat Sayur Kol (Kubis) dan Kandungan Gizi Sayur Kol – Sayur Kol atau disebut juga dengan Sayur Kubis adalah tumbuhan yang ditanam sebagai sayur-sayuran dengan kepala padat daun. Sayur Kol atau sayur kubis ini merupakan tanaman dua tahunann (biennial) yaitu tanaman berbunga yang membutuhkan dua tahun untuk melengkapi siklus biologisnya. Sayuran yang biasanya berbentuk bulat ini berukuran sekitar 0,5kg hingga 4kg, ada yang berwarna putih, hijau dan ungu.

Sayur Kol dapat dimakan segar sebagai lalapan maupun dimasak menjadi sayur yang lezat untuk dihidangkan. Dalam bahasa Inggris, Sayur Kol ini disebut dengan Cabbage sedangkan bahasa ilmiahnya disebut dengan Brassica oleracea var. capitata. Tingginya Vitamin K, Vitamin C dan serat pangan pada sayur kola tau sayur kubis ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.
Baca juga : Kandungan Gizi Sayur Brokoli dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Sayur Kol (Sayur Kubis)

Berikut ini adalah kandungan gizi sayur kol atau sayur kubis dalam setiap 100 gramnya.
Catatan : Sayur Kol mentah

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori (Energi)25kcal (103kJ)1%
Karbohidrat5,8g4%
Air92,18g
Protein1,28g2%
Gula3,2g
Serat2,5g6%
Lemak0,1g1%
Vitamin A98IU3%
Vitamin C36,6mg44%
Vitamin D
Vitamin E
Vitamin K76µg72%
Vitamin B1 (Thiamine)0,061mg5%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,040mg3%
Vitamin B3 (Niacin)0.234mg2%
Vitamin B5 (Pantothenic acid)0,212mg4%
Vitamin B60,124mg10%
Vitamin B9 (Folat)43µg11%
Kalsium40mg4%
Zat Besi0,47mg4%
Magnesium12mg3%
Manganese0,16mg8%
Fosfor26mg4%
Potassium (Kalium)170mg4%
Sodium18mg1%
Seng (Zinc)0,18mg2%

 

Manfaat Sayur Kol (Sayur Kubis) bagi Kesehatan

Kubis atau Kol merupakan jenis sayuran yang memberikan banyak manfaat kesehatan bagi yang mengkonsumsinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan bagi orang-orang yang mengkonsumsi sayur kol atau kubis ini.

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Kandungan serat dan air sayur Kol dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga saluran pencernaan yang sehat. Mengkonsumsi kubis dalam bentuk fermentasi (sauerkraut) juga memberi dorongan probiotik, salah satu hal terbaik untuk sistem pencernaan dan usus yang sehat.

2. Mengurangi Peradangan

Peradangan menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang tidak perlu dan juga dapat menyebabkan sejumlah penyakit lainnya. Glutamin, yaitu asam amino yang ditemukan dalam kol adalah agen antiinflamasi yang kuat yang dapat membantu mengurangi nyeri sendi, radang sendi dan juga meredakan alergi. Kubis atau kol merupakan sebagai salah satu dari 10 sumber Glutamin yang terbaik.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Sayur Kol atau sayur Kubis, terutama sayur kol jenis ungu adalah makanan untuk meningkatkan kesehatan otak yang kuat. Sayur ini mengandung vitamin K dan antioksidan anthocyanin yang meningkatkan fungsi dan konsentrasi mental. Vitamin K yang dikandungnya juga dapat meningkatkan pertahanan kita terhadap kondisi seperti Alzheimer dan demensia. Antosianin juga efektif mengurangi plak di otak, mencegah kerusakan memori jangka pendek dan jangka panjang.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Para peneliti telah mengidentifikasi hampir dua puluh flavonoid yang berbeda dan lima belas fenol yang berbeda dalam sayur kol, semuanya merupakan antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Nutrisi antioksidan ini berperan dalam mengurangi risiko beberapa penyakit kardiovaskular. Kubis juga mengandung mineral kalsium dan kalium yang bermanfaat yang membantu mengatur tekanan darah.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Sulforaphane adalah zat yang ditemukan dalam sayur kol yang bermanfaat untuk meningkatkan efek anti-kanker dalam tubuh Anda. Namun, ada banyak lagi kandungan lain dari sayur kol (kubis) yang diyakini dapat mencegah penyakit kanker. Beberapa kandungannya  ini termasuk diindolylmethane (DIM), sinigrin, lupeol dan indole 3- carbinol (I3C). Menambahkan sayur kol ke makanan kita sehari-hari akan dapat mencegah kita dari penyakit yang membahayakan ini.

6. Memperkuat Gigi dan Tulang

Sayur Kubis juga dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi kita agar lebih kuat, hal ini dikarenakan Sayur Kubis atau Kol ini mengandung vitamin K di dalamnya. Selain kalsium, Vitamin K adalah sumber utama untuk kekuatan tulang, sayur kubis (kol) mengandung vitamin K yang tinggi sehingga juga berkontribusi terhadap kekuatan tulang dan gigi.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Sayur Kol atau Sayur Kubis (Cabbage) dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Sayur Kol atau Sayur Kubis ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*