Manfaat Sayur Selada (Lettuce) dan Kandungan Gizi Sayur Selada

Manfaat Sayur Selada (Lettuce) dan Kandungan Gizi Sayur Selada – Sayur Selada adalah sejenis sayuran berdaun hijau yang renyah dan merupakan salah satu sumber nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Sayur yang diyakini berasal dari Mesir ini biasanya ditanam di daerah yang beriklim sedang dan tropis. Pada umumnya, terdapat 4 kelompok budidaya Sayur Selada yaitu Selada Capitata(Selada kepala renyah (crisphead, iceberg) dan kepala mentega (butterhead), Selada Longifolia(Selada Cos), Selada Crispa(Selada daun longgar) dan Selada Asparagina(Selada batang).

Secara ilmiah, Sayur Selada dikenal dengan nama Lactuca Sativa sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan Lettuce. Sayur Selada ini biasanya dimakan secara segar sebagai bagian penting dalam salad dan lalapan atau bisa juga diolah menjadi jus daun selada.
Baca juga : Kandungan Gizi Sayur Kol (Sayur Kubis) dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Manfaat Sayur Selada dan Kandungan Gizi Daun Selada

Kandungan Gizi Sayur Selada

Berikut ini adalah Kandungan Gizi Sayur Selada dalam setiap 100gramnya.
Catatan : Kandungan gizi Sayur Selada Green Leaf mentah (Raw Green Leaf Lettuce).

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori (Energi) 15kcal 1%
Karbohidrat 2,87g 2%
Serat 1,3g 3%
Air 94,98g
Protein 1,36g 2%
Lemak 0,15g 0,5%
Vitamin A 7405IU 247%
Vitamin C 9,2mg 15%
Vitamin D
Vitamin E 0,29mg 2%
Vitamin K 126,3µg 105%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,070mg 6%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0.080mg 6%
Niacin 0,375mg 2%
Vitamin B5 (Pantothenic acid) 0,134mg 2,5%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,090mg 7%
Vitamin B9 (Folat) 38µg 9,5%
Kalsium 36mg 3,5%
Zat Besi 0,86mg 10%
Magnesium 13mg 3%
Manganese 0,250mg 11%
Fosfor 29mg 4%
Potassium (Kalium) 194mg 4%
Seng (Zinc) 0,18mg 1,5%

Manfaat Sayur Selada (Lettuce) bagi Kesehatan

Sayur Selada mengandung berbagai nutrisi atau gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat kesehatan tersebut diantaranya seperti mencegah Insomnia, mencegah penyakit kanker, mencegah penyakit jantung, membantu mengendalikan kecemasan, meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah peradangan dan melindungi tubuh kita dari mikroba jahat.

1. Membantu Mencegah Insomnia

Insomnia adalah gangguan kesehatan yang menyebabkan seseorang sulit tidur ataupun tidak cukup. Cairan putih yang disebut dengan Laktucarium yang dikandung oleh daun Selada ini dapat membantu mengatasi masalah Insomnia. Cairan ini memiliki sifat rileks dan dapat merangsang seseorang untuk tidur, namun tidak memiliki efek samping. Jika terjadi kesulitan tidur, kita dapat coba untuk mengkonsumsi beberapa helai daun selada untuk mengatasinya.

2. Mencegah Penyakit kanker

Berdasarkan penelitian, ekstrak daun Selada dapat mencegah penyebaran sel leukemia dan sel kanker payudara. Sayur Selada juga mengandung Flavonoid yang dapat membantu melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan rongga mulut. Dengan demikian memasukkan Sayur Selada ke dalam makanan kita dapat membantu melawan berbagai jenis penyakit Kanker.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Sayur Selada mengandung Vitamin C dan beta-karoten yang bekerja bersama untuk mencegah pembentukan plak pada dinding arteri yang dapat menghalangi dan memutus aliran darah sehingga dapat mencegah oksidasi kolesterol dan melindungi jantung kita terhadap penyakit-penyakit yang berkaitan dengan gangguan kesehatan jantung.

4. Membantu Mengendalikan Kecemasan

Sayur Selada memiliki sifat ansiolitik yang membantu mengendalikan kecemasan. Daun Selada memiliki peran dalam proses kesehatan neurologis dan membantu mengatasi masalah mental seperti depresi dan perasaan kecemasan yang berlebihan.

5. Membantu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme adalah proses yang dilakukan tubuh untuk mendapatkan energi. Oleh karena itu, sangat penting bagi tubuh kita untuk memetabolisme makanan yang kita konsumsi dengan benar. Kalau tidak, kita akan sangat sulit untuk mendapatkan energi yang diperlukan untuk mendukung aktivitas kita sehari-hari. Sayur Selada mengandung zat besi, magnesium dan kalium yang dapat membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh kita. Selada juga mengandung Vitamin B-kompleks yang membantu metabolisme kita.

6. Mencegah Peradangan

Ekstrak Selada mengandung Biokatalis seperti Lipoksigenase dan Karagenan yang berfungsi sebagai anti-peradangan (anti-inflamasi). Dengan demikian berbagai penyakit yang diakibatkan oleh peradangan dapat dihindari dengan memasukkan Sayur Selada ke dalam makanan kita sehari-hari.

7. Memiliki Sifat Antimikroba

Sayur Selada memiliki sifat antimikroba dan dapat membantu melawan mikroba berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Hal ini disebabkan oleh keberadaan Terpen dan Cardenolides yang berfungsi melindungi tubuh kita dari mikroba jahat.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Sayur Selada (Lettuce) dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Sayur Selada ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*