June 17, 2019

Manfaat Talas bagi Kesehatan dan Kandungan Gizi Talas

Kandungan Gizi Talas dan Manfaat Talas bagi Kesehatan

Manfaat Talas bagi Kesehatan dan Kandungan Gizi Talas – Talas atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Taro adalah tanaman tropis yang dibudidayakan untuk umbinya sebagai sayuran. Umbi Talas atau kadang disebut juga dengan Ubi Talas ini merupakan makanan pokok bagi penduduk di negara-negara yang berada di benua Afrika dan Oseania. Talas diyakini sebagai salah satu tanaman yang paling awal dibudidayakan oleh manusia. Talas termasuk dalam suku talas-talasan atau suku Araceae. Di dalam bahasa ilmiah, Talas disebut dengan Colocasia esculenta.

Perlu diketahui bahwa Umbi Talas harus dimasak terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya, hal ini dikarenakan Umbi Talas mengandung getah gatal yang memiliki ketajaman yang berbeda-beda menurut jenisnya. Umbi talas dapat dimakan dengan cara direbus, dipanggang, digoreng, dikukus atau diolah menjadi tepung, bubur, Es Krim dan kue-kue.
Baca juga : Kandungan Gizi Ubi Jalar dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Talas

Berikut ini adalah kandungan gizi Talas dalam setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori (Energi) 142kcal (594kJ)
Karbohidrat 34,6g
Air 63,8g
Protein 0,52g
Gula 0,49g
Serat 5,1g
Lemak 0,11g
Vitamin A 4µg 1%
Vitamin C 5mg 6%
Vitamin D 1,2µg 8%
Vitamin E 2,93mg 20%
Vitamin K 1,2µg 2%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,107mg 9%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,028mg 2%
Vitamin B3 (Niacin) 0,51mg 3%
Vitamin B5 (Pantothenic acid) 0,336mg 7%
Vitamin B6 0,331mg 25%
Vitamin B9 (Folat) 19µg 5%
Kalsium 18mg 2%
Zat Besi 0,72mg 6%
Magnesium 30mg 8%
Manganese 0,449mg 21%
Fosfor 76mg 11%
Potassium (Kalium) 484mg 10%
Sodium 15mg 3%
Seng (Zinc) 0,27mg 3%

Catatan : Umbi Talas yang dimasak tanpa garam.

Manfaat Talas bagi Kesehatan

Talas merupakan makanan yang dapat memberikan berbagai manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Beberapa manfaat Talas diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengendalikan Gula Darah

Umbi Talas adalah makanan yang akan kaya serat. Serat makanan memiliki potensi untuk mempertahankan kadar gula darah dengan mengendalikan produksi insulin dalam tubuh. Oleh karena itu, orang yang menderita diabetes tipe 2 dianjurkan untuk konsumsi umbi talas ini secara teratur mengkonsumsi.

2. Memperlancar Pencernaan

Salah satu manfaat terpenting umbi talas dalam makanan adalah membantu pencernaan. Tingginya serat makanan yang ditemukan di umbi talas (satu porsi mengandung sekitar 27% dari kebutuhan serat makanan sehari-hari) membuatnya sangat penting untuk mendukung kesehatan pencernaan kita. Serat makanan dapat membantu menambah jumlah tinja, sehingga membantu makanan bergerak melalui saluran pencernaan dan memfasilitasi pencernaan yang lebih baik. Ini dapat membantu mencegah kondisi tertentu seperti kelebihan gas, kembung, kram, sembelit, dan bahkan diare. Sistem pencernaan yang sehat dan teratur dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Namun perlu diingatkan bahwa mengonsumsi serat yang terlalu banyak akan memiliki efek samping dan dapat berdampak negatif bagi tubuh kita.

3. Manjaga Kesehatan Jantung

Umbi Talas mengandung tingkat kalium (potassium) dan mineral tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh kita agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Kalium tidak hanya memfasilitasi transfer cairan yang sehat antara membran dan jaringan di seluruh tubuh, tetapi juga membantu menghilangkan stres dan tekanan pada pembuluh darah dan arteri. Dengan mengendurkan pembuluh darah dan arteri, tekanan darah dapat dikurangi dan dengan demikian tekanan pada keseluruhan sistem kardiovaskular juga akan berkurang.

4. Menjaga Kesehatan Indera Penglihatan

Umbi Talas mengandung berbagai antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, antioksidan tersebut diantaranya seperti beta-karoten dan cryptoxanthin yang dapat membantu meningkatkan penglihatan dengan mencegah radikal bebas dari menyerang sel mata yang dapat menyebabkan degenerasi makula atau katarak.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Antioksidan seperti beta-karoten dan cryptoxanthin yang terkandung dalam Umbi Talas dalam melindungi sel tubuh kita dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Antioksidan ini dapat menetralkan radikal bebas yang ada dalam tubuh kita. Seperti yang kita ketahui bahwa Radikal bebas bertanggung jawab atas kerusakan sel yang berkembang dan dapat menyebabkan mutasi sel atau berubah menjadi sel kanker. American Institute for Cancer Research menerbitkan sebuah laporan yang berhubungan dengan World Cancer Research Fund, laporan ini menyatakan bahwa cryptoxanthin yang ditemukan dalam akar talas dapat menurunkan risiko kanker mulut dan paru-paru.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin A dan E terdapat pada umbi talas memiliki manfaat yang besar bagi kulit kita. Vitamin-vitamin ini meningkatkan pembentukan sel-sel kulit baru yang sehat dan meningkatkan kehidupan sel-sel kulit yang merosot. Dengan mengonsumsi umbi talas secara teratur, Anda dapat mengurangi munculnya noda dan kerutan pada kulit. Umbi Talas juga dapat membantu meningkatkan proses penyembuhan kulit.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat terpenting dari umbi talas untuk kesehatan adalah perannya dalam sistem kekebalan tubuh. Umbi Talas memiliki tingkat vitamin C yang tinggi dalam setiap sajiannya. Vitamin ini membantu merangsang sistem kekebalan untuk membuat sel darah putih yang melindungi tubuh dari patogen dan melawan berbanyak penyakit infeksi. Selain itu, vitamin C bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh kita terhadap penyakit.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Buah Bit (Ubi Bit Merah) atau Beetroot dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Buah Bit (Ubi Bit Merah) ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*