_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2019/03/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-selandia-baru-new-zealand/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-selandia-baru-new-zealand/lambang-negara-selandia-baru-dan-bendera-selandia-baru/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
March 20, 2019

Profil Negara Angola

Profil Negara Angola – Angola adalah sebuah Negara yang terletak di bagian barat daya benua Afrika. Negara yang secara astronomis terletak di antara 4°-18°LS dan 12°-24°BT ini berbatasan dengan Namibia di sebelah selatan dan berbatasan dengan Zambia di sebelah timur. Sedangkan disebelah utara dan timur lautnya berbatasan dengan  Republik Demokratik Kongo. Disebelah Barat adalah Laut Atlantik Selatan. Angola juga memiliki sebuah wilayah enklave yaitu provinsi Cabinda yang berbatasan dengan Republik Kongo dan Republik Demokratik Kongo. Ibukota Angola adalah kota Luanda.

Dalam sejarahnya, Angola adalah koloni Portugal yang didirikan pada tahun 1575. Namun pada tahun 1641 hingga 1648, Belanda berhasil menduduki Luanda. Portugal kembali menguasai wilayah ini pada tahun 1648 hingga tahun 1975 Angola mendeklarasikan kemerdekaannya dari penjajahan Portugal. Tanggal 11 November 1975 kemudian diperingati sebagai hari Kemerdekaan Angola.

Luas wilayah Angola adalah sebesar 1.246.700km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 30.355.880 jiwa. Mayoritas penduduk Angola adalah etnis Ovimbundu 37%, etnis Kimbundu 25% dan etnis Bakongo 13%. Agama Katolik Roma dan Protestan adalah agama mayoritas di Negara yang menggunakan bahasa Portugis sebagai bahasa resminya ini.

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Angola adalah sistem pemerintahan Republik Presidensil yaitu sistem pemerintahan yang kepala Negara dan kepala pemerintahannya adalah Presiden. Masa jabatan Presiden Angola adalah 5 tahun (dapat dipilih kembali hingga 2 periode). Presiden Angola biasanya adalah pemimpin atau kandidat dari partai atau koalisi yang menang pada pemilihan umum legislatif.

Di bidang perekonomian, Angola sangat tergantung pada sektor minyaknya. Sekitar 50% PDB adalah berasal dari produksi minyak dan kegiatan-kegiatan bisnis yang berkaitan dengan minyak. 70% pendapatan pemerintah dan 90% ekspor Angola juga berasal dari sektor minyak. Selain perminyakan, Berlian juga berkontribusi sekitar 5% tambahan untuk ekspor Angola. Namun, mayoritas mata pencaharian penduduk Angola masih sangat tergantung pada sektor pertanian. Tetapi sayangnya,  setengah dari makanan negara ini masih diimpor dari luar negeri.

Pendapatan Domestik Brutor atau PDB Angola adalah sebesar US$193,6 miliar dengan Pendapatan perkapitanya sebesar US$6.800,-. Pertumbuhan ekonomi Angola pada tahun 2017 mengalami penurunan yaitu sekitar -2,5% karena rendahnya harga minyak dan juga resesi mata uang Kwanza serta melambatnya pertumbuhan sektor non-minyak di Angola.

Di hubungan luar negeri, Angola adalah Negara anggota PBB dan lembaga-lembaga internasional yang berada di bawah PBB seperti FAO, IAEA, ICAO, IFAD, ILO, IMF, IMO, ITU, UNESCO, UNIDO, UNWTO, UPU, WHO, WIPO, WMO dan WTO. Republik Angola juga bergabung menjadi Negara anggota Uni Afrika (African Union), OPEC, Union Latina dan Komunitas Negara-negara Berbahasa Portugis (CPLP).
Baca juga : Negara-negara Anggota OPEC.

Profil Negara Angola

Profil Negara Angola

Berikut ini adalah profil Negara Angola.

  • Nama Lengkap : Republik Angola (Republic of Angola)
  • Nama Lokal : Republica de Angola
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Joao Manuel Goncalves LOURENCO (sejak 26 September 2017)
  • Kepala Pemerintahan : Presiden Joao Manuel Goncalves LOURENCO (sejak 26 September 2017)
  • Ibukota : Luanda
  • Luas Wilayah : 1.246.700km2
  • Jumlah Penduduk : 30.355.880 jiwa (2018)
  • Pertumbuhan Penduduk : 3,49% (2018)
  • Angka Kelahiran : 43,7 bayi per 1000 penduduk (2018)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Portugis
  • Suku Bangsa/Etnis : etnis Ovimbundu 37%, etnis Kimbundu 25% dan etnis Bakongo 13%, etnis Mestico (campuran etnis Eropa dan etnis Afrika asli) 2%, etnis Eropa 1%, etnis lainnya 22%
  • Agama : Katolik Roma 41.1%, Protestan 38.1%, agama lainnya  8.6%, tidak beragama 12.3% (estimasi 2014)
  • Hari Kemerdekaan : 11 November 1975 (dari Portugal)
  • Hari Nasional : 11 November 1975 (hari Kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “Angola Avante” (Forward Angola)
  • Kode Domain Internet : .ao
  • Kode Telepon : 244
  • Mata Uang : Kwanza Angola (AOA)
  • Pendapatan Per Kapita : US$6.800,- (2017)
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$193,6 miliar (2017)
  • Lokasi : Benua Afrika

Lambang Negara dan Bendera Negara Angola

Lambang Negara Angola dan Bendera Angola

Pembagian Wilayah Administrasi Angola

Secara administratif, Republik Angola terbagi atas 18 Provinsi. Berikut ini adalah daftar 18 Provinsi di Republik Angola beserta ibukotanya.

No. Provinsi Ibukota
1 Bengo Caxito
2 Benguela Benguela
3 Bié Kuito
4 Cabinda Cabinda
5 Cuando Cubango Menongue
6 Cuanza Norte N’dalatando
7 Cuanza Sul Sumbe
8 Cunene Ondjiva
9 Huambo Huambo
10 Huíla Lubango
11 Luanda Luanda
12 Lunda Norte Dundo
13 Lunda Sul Saurimo
14 Malanje Malanje
15 Moxico Luena
16 Namibe Moçâmedes
17 Uíge Uíge
18 Zaire M’banza-Kongo

 

Sumber referensi : Data-data di Profil Negara Angola ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*