_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/11/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-albania/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-albania/negara-albania/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
November 14, 2018

Profil Negara Bulgaria

Profil Negara Bulgaria – Bulgaria adalah sebuah Negara yang terletak di benua Eropa, tepatnya di  bagian Tenggara benua Eropa. Bulgaria yang secara astronomis berada di antara 41°-45°LU dan 22°-29°BT ini berbatasan dengan Rumania di sebelah utaranya, berbatasan dengan Serbia dan Republik Makedonia di sebelah barat serta berbatasan dengan Yunani dan Turki di sebelah Selatan. Sedangkan di sebelah timurnya adalah Laut Hitam (Black Sea). Ibukota Bulgaria adalah Kota Sofia.

Negara Bulgaria pertama kalinya dibentuk pada abad ke-7 yang pada saat itu merupakan gabungan antara suku Bulgar yaitu sebuah suku Turki di Asia Tengah dengan penduduk lokal Slavia. Pada abad ke-14, Bulgaria dikuasai oleh Kesultanan Utsmaniyah (Ottoman) dari Turki selama lima abad. Bulgaria utara mencapai otonomi pada tahun 1878 dan seluruh Bulgaria merdeka dari kekuasaan Kesultanan Utsmaniyah pada tahun 1908. Kekalahan Bulgaria di Perang Dunia I dan Perang Dunia II menyebabkannya jatuh ke pengaruh Uni Soviet hingga terbentuk Negara Republik Rakyat di tahun 1946. Dominasi Komunis di Bulgaria berakhir pada tahun 1990.

Luas Wilayah Bulgaria adalah sebesar 110.879 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 7.101.510 jiwa. Mayoritas penduduknya adalah etnis Bulgaria (76,9%), Turki (8,2%) dan Romania (4,4%) yang beragama Gereja Ortodoks Timur (59,4%) dan Islam (7,8%). Bulgaria merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan penduduknya adalah negatif di dunia ini. Artinya setiap tahun terjadi penurunan jumlah penduduk di Negara yang Bahasa resminya adalah Bahasa Bulgaria ini. Pada tahun 2017, Pertumbuhan penduduknya adalah -0,61%.

Sistem Pemerintahan yang dianut oleh Bulgaria adalah sistem pemerintahan Republik Parlementer yaitu sistem pemerintahan yang kepala negaranya adalah Presiden dengan masa jabatan 5 tahun (dapat menjabat 2 periode apabila terpilih kembali). Sedangkan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri yang dipilih oleh Majelis Nasional (Nasional Assembly) Bulgaria untuk masa jabatan 4 tahun. Parlemen atau Majelis Nasional Bulgaria terdiri dari 240 kursi untuk masa jabatan 4 tahun.

Di bidang perekonomian, Bulgaria merupakan negara bekas komunis yang masuk Uni Eropa pada tahun 2007. Negara ini memiliki sistem ekonomi terbuka yang secara historisnya telah menunjukan pertumbuhan ekonomi yang kuat. Meskipun demikian, Pendapatan Perkapitanya masih yang terendah di antara negara-negara anggota Uni Eropa. Perekonomian Bulgaria sangat tergantung pada permintaan luar negeri untuk ekspornya dan juga ketergantungannya pada impor energi sehingga membuatnya sangat sensitif terhadap kondisi pasar eksternal.

Pendapatan Domestik Bruto Bulgaria pada tahun 2017 adalah sebesar US$153,1 miliar dengan Pendapatan Perkapita sebesar US$21.700,-. Industri-industri yang penting bagi perekonomian Bulgaria adalah Industri Listrik, gas, air, makanan, rokok, mesin, komponen otomotif, produk kimia, logam dasar, pengolahan minyak dana bahan bakar nuklir.

Di Hubungan Luar Negeri, Republik Bulgaria bergabung menjadi Negara anggota PBB pada tahun 1955 dan menjadi Negara anggota Uni Eropa pada tahun 2007. Republik Bulgaria juga merupakan anggota dari organisasi-organisasi Internasional lainnya seperti Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE), Organisasi Kerja Sama Ekonomi Laut Hitam (BSEC), Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW).
Baca juga : Negara-negara Anggota NATO.

Profil Negara Bulgaria

Profil Negara Bulgaria

Berikut ini adalah profil Negara Bulgaria.

  • Nama Lengkap : Republik Bulgaria (Republic of Bulgaria)
  • Nama Lokal : Republika Bulgaria
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Parlementer
  • Kepala Negara : Presiden Rumen RADEV (sejak 22 Januari 2017)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Boyko BORISSOV (sejak 4 Mei 2017)
  • Ibukota : Sofia
  • Luas Wilayah : 110.879 km2
  • Jumlah Penduduk : 7.101.510 jiwa (2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : -0,61% (2017)
  • Suku Bangsa : etnis Bulgaria (76,9%), Turki (8,2%) dan Romania (4,4%), etnis lainnya 0,7% (estimasi 2011)
  • Agama : Gereja Ortodoks Timur (76,9%), Islam (8,2%), tidak beragama (3,7%), agama lainnya (1,7%)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Bulgaria
  • Mata Uang : Lev Bulgaria (BGN)
  • Hari Kemerdekaan : 3 March 1878 (mendapatkan otonomi dari Kesultanan Utsmaniyah (Ottoman)
  • Hari Nasional : 3 March (1878 (Hari Pembebesan / Hari Kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “Mila Rodino” (Dear Homeland)
  • Kode Domain Internet : .bg
  • Kode Telepon : 359
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$153,1 miliar (2017)
  • Pendapatan Per Kapita : US$21.700,- (2017)
  • Lokasi : Benua Eropa (Eropa Tenggara)

Lambang Negara dan Bendera Negara Bulgaria

Lambang Negara dan Bendera Bulgaria

Pembagian Wilayah Administrasi Bulgaria

Secara administratif, Bulgaria terbagi atas 28 Provinsi. Nama Ibukotanya sama dengan nama Provinsinya. Berikut ini adalah daftar 28 Provinsi di Bulgaria.

No. Provinsi Ibukota
1 Blagoevgrad Blagoevgrad
2 Burgas Burgas
3 Dobrich Dobrich
4 Gabrovo Gabrovo
5 Haskovo Haskovo
6 Kardzhali Kardzhali
7 Kyustendil Kyustendil
8 Lovech Lovech
9 Montana Montana
10 Pazardzhik Pazardzhik
11 Pernik Pernik
12 Pleven Pleven
13 Plovdiv Plovdiv
14 Razgrad Razgrad
15 Ruse Ruse
16 Shumen Shumen
17 Silistra Silistra
18 Sliven Sliven
19 Smolyan Smolyan
20 Sofia City Sofia City
21 Sofia (province) Sofia (province)
22 Stara Zagora Stara Zagora
23 Targovishte Targovishte
24 Varna Varna
25 Veliko Tarnovo Veliko Tarnovo
26 Vidin Vidin
27 Vratsa Vratsa
28 Yambol Yambol

 

Sumber referensi : Data-data di Profil Negara Bulgaria ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*