_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/12/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-mozambik-mozambique/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/?attachment_id=4595","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
December 13, 2018

Profil Negara Ceko (Czech)

Profil Negara Ceko (Czech) – Ceko atau Czech adalah sebuah negara yang terletak di bagian Tengah benua Eropa (Eropa Tengah). Negara yang secara astronomis terletak di antara 48°-51°LU dan 12°-19°E ini berbatasan dengan Jerman disebelah barat dan utara, Ceko juga berbatasan dengan Polandia disebelah Utara dan berbatasan dengan Slowakia disebelah tenggara. Sedangkan di sebelah selatannya, Ceko berbatasan dengan Austria. Ceko yang merupakan negara terkurung daratan ini adalah sebuah negara baru yang terbentuk setelah bubarnya negara Cekoslowakia.

Setelah Perang Dunia Pertama, Ceko dan Slowakia yang sebelumnya adalah wilayah kekuasaan Kekaisaran Austria-Hongaria ini bergabung menjadi satu negara yang dinamai dengan Cekoslowakia (Czechoslovakia) pada tahun 1918. Pada Perang Dunia II, Nazi Jerman menduduki wilayah yang saat ini adalah wilayah Republik Ceko sedangkan Slowakia menjadi negara merdeka yang bersekutu dengan Jerman. Setelah Perang Dunia II, Cekoslowakia bersatu kembali namun sebagian wilayahnya yaitu wilayah Ruthenia jatuh ke tangan Uni Soviet. Pada tahun 1968, sebuah invasi oleh pasukan Warsawa mengakhiri upaya para pemimpin negara itu untuk meliberalisasikan kekuasaan komunis dan menciptakan  “sosialisme dengan wajah manusia”.

“Revolusi Beludru” kemudian membebaskan Cekoslowakia dari pengaruh partai komunis pada tahun 1989. Akhirnya, pada 1 Januari 1993, Cekoslowakia bubar dan pecahnya menjadi dua negara yaitu Republik Ceko dan Republik Slowakia. Tanggal 1 Januari 1993 diperingati sebagai hari kemerdekaan Republik Ceko.

Sistem Pemerintahan yang dianut oleh Ceko adalah sistem pemerintahan Republik Parlementer yaitu sistem pemerintahan yang kepala negaranya adalah Presiden sedangkan Kepala Pemerintahannya adalah Perdana Menteri yang ditunjuk oleh Presiden. Presiden Republik Ceko dipilih oleh Parlemen untuk jabatan 5 tahun dan hanya dapat menjabat maksimum 2 periode secara berturut-turut. Presiden Republik Ceko juga memiliki hak veto dalam legilasi, hak imunitas dan hak untuk membubarkan parlemen dalam keadaan tertentu.

Luas wilayah Republik Ceko adalah sebesar 78.867 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 10.674.723 jiwa (2017). Mayoritas Penduduk Republik Ceko adalah etnis Ceko (64,3%), Moravian (5%) dan Slowakia (1,4%). Hanya sebanyak 10,4% penduduk Republik Ceko adalah beragama Roma Katolik dan 1,1% adalah Kristen Protestan, sisanya adalah tidak beragama atau tidak diketahui agamanya. Bahasa resmi Republik Ceko adalah bahasa Ceko.

Republik Ceko merupakan salah satu Negara dengan pertumbuhan PDB tertinggi dan tingkat pengangguran terendah di Uni Eropa. Sejak berkuasa pada tahun 2014, pemerintah baru Republik Ceko telah melakukan beberapa reformasi untuk mengurangi korupsi, menarik investasi dan meningkatkan kesejahteraan sosial rakyatnya sehingga dapat meningkatkan pendapatan pemerintah dan meningkatkan kualitas hidup rakyat Republik Ceko.

Pada tahun 2017, pertumbuhan PDB Ceko adalah sebesar 4,3% dengan tingkat pengangguran sekitar 2,8%. Pendapatan Domestik Bruto ada PDB Negara ini adalah sebesar US$375,7 miliar dengan Pendapatan Perkapita sebesar US$35.500,-. Industri-industri yang menjadi tulang punggung perekonomian Republik Ceko adalah Industri Kendaraan Bermotor, Metalurgi, Mesin dan Peralatan, kaca dan industri persenjataan.

Di hubungan luar negeri, Republik Ceko bergabung dengan PBB pada 19 Januari 1993 kemudian bergabung dengan NATO pada tahun 1999 dan Uni Eropa pada tahun 2004. Republik Ceko juga merupakan Negara anggota Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), Euro-Atlantic Partnership Council (EAPC), Organisation for the Prohibition of Chemical Weapons (OPCW) dan Organization for Security and Cooperation in Europe (OSCE).
Baca juga : Negara-negara Anggota PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa).

Profil Negara Republik Ceko

Profil Negara Ceko (Czech)

Berikut ini adalah Profil Negara Ceko :

  • Nama Lengkap : Republik Ceko (Czech Republic)
  • Nama Lokal : Ceska republika
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Parlementer
  • Kepala Negara : Presiden Milos ZEMAN (sejak 8 Maret 2013)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Andrej BABIS (sejak 13 Desember 2017)
  • Ibukota : Praha (Prague)
  • Luas Wilayah : 78.867 km2
  • Jumlah Penduduk : 10.674.723 jiwa (2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 0,12% (2017)
  • Suku Bangsa : Ceko 64.3%, Moravia 5%, Slowakia 1.4%, etnis lainnya 1.8%, tidak diketahui 27.5% (estimasi 2011)
  • Agama : Katolik Roma 10.4%, Protestan 1.1%, agama lainnya 54%, tidak beragama 34.5% (estimasi 2011)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Ceko
  • Mata Uang : Koruny Ceko (CZK)
  • Hari Kemerdekaan : 1 January 1993 (Terpecahnya Cekoslowakia menjadi dua Negara yaitu Ceko dan Slowakia)
  • Hari Nasional : 28 October 1918 (Hari berdirinya Negara Cekoslowakia)
  • Lagu Kebangsaan : “Kde domov muj?” (Where is My Home?)
  •  Kode Domain Internet : .cz
  • Kode Telepon : 420
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$375,7 miliar (2017)
  • Pendapatan Per Kapita : US$35.500,- (2017)
  • Lokasi : Benua Eropa (Eropa Tengah)

Lambang Negara dan Bendera Negara Republik Ceko

Lambang Negara dan Bendera Republik Ceko

Pembagian Wilayah Administrasi Republik Ceko

Secara administratif, Republik Ceko terbagi atas 13 Region atau Daerah dan 1 Kota (Ibukota). Berikut ini adalah daftar 13 Region dan 1 Kota di Republik Ceko.

Daftar 13 Region

No. Region Ibukota
1  Central Bohemian Region Pragueb
2  South Bohemian Region České Budějovice
3  Plzeň Region Plzeň
4  Karlovy Vary Region Karlovy Vary
5  Ústí nad Labem Region Ústí nad Labem
6  Liberec Region Liberec
7  Hradec Králové Region Hradec Králové
8  Pardubice Region Pardubice
9  Olomouc Region Olomouc
10  Moravian-Silesian Region Ostrava
11  South Moravian Region Brno
12  Zlín Region Zlín
13  Vysočina Region Jihlava

Daftar 1 Kota (Ibukota)

No. Region Ibukota
1 Praha (Prague)

Sumber referensi : Data-data di Profil Negara Ceko ini adalah dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*