_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/06/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-tunisia/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-tunisia/lambang-negara-tunisia-dan-bendera-negara-tunisia/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
June 20, 2018

Profil Negara Chili (Chile)

Profil Negara Chili (Chile) – Chili adalah sebuah negara yang terletak di benua Amerika Selatan. Negara yang memiliki nama resmi Republik Chili ini secara astronomisnya berada diantara 17°LS – 56°LS dan 56°BB – 66°BB. Secara geografis, Chili berbatasan dengan Peru di sebelah utaranya dan berbatasan dengan Bolivia di sebelah timur laut, sedangkan disebelah timurmya Chili berbatasan dengan Argentina. Disebelah barat dan selatan adalah Samudera Pasifik.

Sebelum kedatangannya orang Spanyol pada abad ke-16, Bagian utara Chili merupakan wilayah yang dikuasai oleh kerajaan Inka sedangkan penduduk aslinya yaitu Mapuche menghuni di bagian tengah dan selatan Chili. Pemerintah Junta Militer Chili memproklamasikan kemerdekaan Chili pada tanggal 18 September 1810. Tanggal tersebut kemudian diperingati oleh Chili sebagai hari kemerdekaan Chili. Meskipun diproklamasikan kemerdekaannya, Chili pada saat itu masih merupakan sebuah republik otonomi yang berada di bawah monarki Spanyol. Kemerdekaan sepenuhnya sebagai negara berdaulat diperoleh oleh Republik Chili pada tanggal 12 Februari 1818. Namun pengakuan resmi dari Spanyol adalah pada tanggal 25 April 1844.

Chili adalah negara yang berada di pesisir sempit dan panjang di tepi barat Andes Amerika Selatan dengan luas wilayah sebesar 756.102 km2. Jumlah penduduk Chili adalah sebanyak 17.789.267 jiwa dengan Mayoritas penduduknya adalah etnis kulit putih dan non-pribumi (keturunan Eropa dan Mestizo) yaitu sekitar 88,9%, sedangkan penduduk aslinya yaitu Mapuche dan Aymara masing berjumlah 9,1% dan 0,7% dari keseluruhan jumlah penduduknya. Sebagian besar penduduk Chili beragama Katolik Roma dan Protestan. Bahasa resmi Chili adalah bahasa Spanyol.

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Chili adalah Republik Presidensil yaitu sistem pemerintahan yang kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah Presiden. Presiden Chili yang dipilih secara langsung oleh rakyatnya setiap 4 tahun sekali ini hanya dapat menjabat 1 periode (tidak dapat menjabat kembali). Ibukota Chili adalah Santiago.

Di bidang perekonomian, Chili adalah salah satu negara yang makmur dengan  perekonomian stabil di wilayah Amerika Selatan. Chili memiliki Pendapatan Domestik Bruto atau PDB sebesar US$452,1 miliar dengan Pendapatan Perkapita sebesar US$24.600,-. Chili merupakan salah satu negara penghasil dan pengekspor anggur terbesar di dunia. Beberapa komoditas yang penting bagi perekonomian Chili diantaranya seperti Tembaga, Lithium, besi dan baja, pengolahan ikan, pengolahan makanan, kayu dan produk-produk kayu, semen, tekstil dan peralatan transportasi.

Di hubungan luar negeri, Chili berperan aktif dalam hubungan luar negeri. Hal ini dapat dilihat dari keikutsertaannya sebagai salah satu negara pendiri Perserikatan Bangsa-bangsa pada tanggal 26 Juni 1945 dan pernah menjabat sebagai negara anggota Dewan Keamanan Tidak Tetap di PBB sebanyak 4 kali. Chili juga merupakan negara anggota di lembaga-lembaga internasional yang berada di bawah PBB. Selain PBB, Chili juga adalah negara anggota Uni Amerika Latin, APEC dan OECD.
Baca juga : Negara-negara Anggota APEC.

Negara Republik Chili

Profil Negara Chili (Chile)

Republik Chili dalam bahasa Indonesia sering disebut juga dengan Cili ataupun Cile. Berikut ini adalah Profil Negara Chili.

  • Nama Lengkap : Republik Chili (Republic of Chile)
  • Nama Lokal : Republica de Chile
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Michelle BACHELET Jeria (sejak 11 Maret 2014)
  • Kepala Pemerintahan : Presiden Michelle BACHELET Jeria (sejak 11 Maret 2014)
  • Ibukota : Santiago
  • Luas Wilayah : 756.102 km2
  • Jumlah Penduduk : 17.789.267 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 0,77% (2017)
  • Angka Kelahiran : 13,6 bayi per 1000 penduduk (2017)
  • Suku Bangsa/Etnis : Kulit Putih dan non-indigenous (non-pribumi) 88.9%, Mapuche 9.1%, Aymara 0.7%, kelompok etnis pribumi lainnya 1% (termasuk Rapa Nui, Likan Antai, Quechua, Colla, Diaguita, Kawesqar, Yagan or Yamana) (estimasi 2012)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Spanyol
  • Agama : Katolik Roma 66.7%, Evangelical or Protestan 16.4%, Jehovah’s Witness 1%, agama lainnya 3.4%, tidak beragama 11.5% (estimasi 2012)
  • Mata Uang : Peso Chili (CLP)
  • Hari Kemerdekaan : 18 September 1810 (dari Spanyol)
  • Hari Nasional : 18 September 1810 (hari Kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “Himno Nacional de Chile” (National Anthem of Chile)
  • Kode Domain Internet : .cl
  • Kode Telepon : 56
  • Pendapatan Per Kapita : US$24.600,-
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$452,1 miliar
  • Lokasi : Benua Amerika Selatan

Lambang Negara dan Bendera Chili (Chile)

Lambang Negara dan Bendera Republik Chili

Pembagian Wilayah Administrasi Chili (Chile)

Secara Administratif, Republik Chili terbagi atas 15 Region, Setiap Region dikepalai oleh seorang  Intendant yang dipilih secara tidak langsung oleh Dewan Regional (consejo regional).

No. Nama Region Ibukota
1 Tarapacá Iquique
2 Antofagasta Antofagasta
3 Atacama Copiapó
4 Coquimbo La Serena
5 Valparaíso Valparaíso
6 O’Higgins Rancagua
7 Maule Talca
8 Bío Bío Concepción
9 Araucanía Temuco
10 Los Lagos Puerto Montt
11 Aisén Coihaique
12 Magallanes Punta Arenas
13 Santiago Santiago
14 Los Ríos Valdivia
15 Arica and Parinacota Arica

 

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Chili ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*