_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/09/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-amerika-serikat-united-states-amerika/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-amerika-serikat-united-states-amerika/lambang-negara-amerika-serikat-dan-bendera-amerika-serikat/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
September 25, 2018

Profil Negara Ekuador (Ecuador)

Profil Negara Ekuador (Ecuador) – Ekuador adalah sebuah negara yang terletak di benua Amerika Selatan, tepatnya di bagian barat laut Amerika Selatan. Negara yang berada di Khatulistiwa ini berbatasan dengan Kolombia di sebelah utara dan negara Peru di sebelah timur dan selatannya. Sedangkan di sebelah barat Ekuador adalah Samudera Pasifik. Ekuador atau Ecuador dalam bahasa Spanyol adalah Khatulistiwa.

Dalam sejarahnya, Ekuador merupakan bagian dari kekaisaran Inka sampai penaklukan Spanyol pada tahun 1563. Penjajahan Spanyol ini berlangsung selama 300 tahun hingga tahun 1822 Ekuador bersama dengan Venezuela dan Kolombia membentuk federasi yang dikenal dengan nama Gran Kolombia. Namun pada tahun 1830, Ekuador secara resmi berpisah dengan Gran Kolombia dan membentuk negara kedaulatan sendiri yang dinamai dengan Republik Ekuador.

Republik Ekuador memiliki luas wilayah sebesar 283.561km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 16.290.913 jiwa. Mayoritas penduduk Ekuador adalah etnis Mestizo  yaitu etnis campuran antara etnis asli Amerika Indian dengan etnis kulit putih (Eropa). Sekitar 74% penduduk Ekuador memeluk agama Katolik Roma. Bahasa Resmi Ekuador adalah bahasa Spanyol.

Ekuador adalah negara yang menganut sistem pemerintahan Republik Presidensial dimana Presiden adalah Kepala Negara dan juga Kepala Pemerintahan. Presiden dan Wakil Presiden dipilih secara langsung untuk masa jabatan 4 tahun dan dapat menjabat sebanyak 2 periode. Ibukota Ekuador adalah Quito.

Di bidang perekonomian, Ekuador adalah negara yang perekonomiannya sangat tergantung pada sumber daya alamnya yaitu minyak bumi yang menyumbang sekitar sepertiga pendapatan ekspornya. Perekonomian Ekuador mencapai tinggi pertumbuhan 6,4% pada tahun 2008 yang dikarenakan tingginya harga minyak global dan peningkatan investasi publik. Namun dengan menurunnya harga minyak selama resesi global, ekonomi Ekuador menjadi sangat lemah dengan pertumbuhan ekonomi yang rendah. Pertumbuhan Ekonomi pada tahun 2017 ini hanya mencapai 0,2%. Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Ekuador pada tahun 2017 adalah sebesar US$188.5 miliar sedangkan Pendapatan Perkapitanya adalah sebesar US$11.200,-.

Di hubungan luar negeri, Republik Ekuador adalah negara anggota PBB dan negara anggota lembaga Internasional yang berada di bawah PBB seperti FAO, WHO, ILO, IMF, ITU, WTO, UNESCO dan UNIDO. Selain itu, Ekuador juga merupakan negara anggota OPEC dan Union Latina.
Baca juga : Negara-negara anggota OPEC.

Profil Negara Ekuador (Ecuador)

Profil Negara Ekuador (Ecuador)

Berikut ini adalah Profil Negara Ekuador (Ecuador).

  • Nama Lengkap : Republik Ekuador (Republic of Ecuador)
  • Nama Lokal : Republica del Ecuador
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Lenin MORENO Garces (sejak 24 Mei 2017)
  • Kepala Pemerintahan : Presiden Lenin MORENO Garces (sejak 24 Mei 2017)
  • Ibukota : Quito
  • Luas Wilayah : 283.561km2
  • Jumlah Penduduk : 16.290.913 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 1,28% (2017)
  • Suku Bangsa : Mestizo (campuran Amerindian dan kulit putih) 71.9%, Montubio 7.4%, Amerindian 7%, kulit putih 6.1%, Afroecuadorian 4.3%, mulatto 1.9%, kulit hitam 1%, etnis lainnya 0.4% (estimasi 2010)
  • Agama : Katolik Roma 74%, Evangelical 10.4%, Saksi-Saksi Yehuwa 1.2%, agama lainnya 6.4%
  • Bahasa Resmi : Bahasa Spanyol
  • Mata Uang : Dolar Amerika Serikat (USD)
  • Hari Kemerdekaan : 24 Mei 1822 (dari Spanyol)
  • Hari Nasional : Hari Kemerdekaan (Kemerdekaan Quito), 10 Agustus 1809
  • Lagu Kebangsaan : “Salve, Oh Patria!” (We Salute You, Our Homeland)
  • Kode Domain Internet : .ec
  • Kode Telepon : 593
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$188.5 miliar (2017)
  • Pendapatan Per Kapita : US$11.200,- (2017)
  • Pertumbuhan Ekonomi : 0,2% (2017)
  • Lokasi : Benua Amerika Selatan

Lambang dan Bendera Ekuador

Lambang Ekuador dan Bendera Ekuador

Pembagian Wilayah Administrasi Ekuador

Secara Administratif, Republik Ekuador terbagi atas 24 Provinsi. Berikut ini adalah 24 Provinsi beserta ibukotanya.

No. Kegubernuran Ibukota
1 Azuay Cuenca
2 Bolívar Guaranda
3 Cañar Azogues
4 Carchi Tulcán
5 Chimborazo Riobamba
6 Cotopaxi Latacunga
7 El Oro Machala
8 Esmeraldas Esmeraldas
9 Galápagos Puerto Baquerizo Moreno
10 Guayas Guayaquil
11 Imbabura Ibarra
12 Loja Loja
13 Los Ríos Babahoyo
14 Manabí Portoviejo
15 Morona Santiago Macas
16 Napo Tena
17 Orellana Puerto Francisco de Orellana
18 Pastaza Puyo
19 Pichincha Quito
20 Santa Elena Santa Elena
21 Santo Domingo de los Tsáchilas Santo Domingo de los Colorados
22 Sucumbíos Nueva Loja
23 Tungurahua Ambato
24 Zamora-Chinchipe Zamora

 

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Ekuador ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*