_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/12/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-mozambik-mozambique/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/?attachment_id=4595","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
December 13, 2018

Profil Negara Fiji

Profil Negara Fiji – Fiji atau lebih lengkap disebut Republik Fiji adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di bagian selatan Samudera Pasifik atau sering disebut dengan Kawasan Oseania. Kepulauan Fiji yang berada di timur laut dan berjarak sekitar 2.000km dari Pulau Utara (North Island) Selandia Baru ini juga berbatasan laut dengan Vanuatu disebelah timurnya,  berbatasan laut dengan Tonga disebelah barat dengan berbatasan laut dengan Tuvalu disebelah selatannya. Kepulauan Fiji memiliki sekitar 322 pulau, namun hanya sekitar 106 pulau yang berpenghuni. Dua pulau utama Fiji diantaranya adalah pulau Viti Levu dan pulau Vanua Levu. Sekitar 82% dari keseluruhan populasi Fiji berada di kedua pulau utama tersebut. Ibukota Fiji adalah kota Suva yang terletak di pulau Viti Levu.

Pada tahun 1970, Fiji memperoleh kemerdekaannya dari pemerintahan Inggris dan berhasil menjadi negara demokratis yang berdaulat. Namun pada tahun 1987 terjadi dua kudeta militer terhadap pemerintahan demokratis yang pada saat itu didominasi oleh masyarakat India (Keturunan dari Pekerja kontrak dari India yang dibawa oleh koloni Inggris ke Fiji pada abad ke-19). Kudeta militer yang terjadi dan juga konstitusi 1990 memperkuat kedudukan penduduk etnis Melasia asli Fiji.

Pemilihan umum yang bebas dan damai pada tahun 1999 menghasilkan pemerintahan yang dipimpin oleh seorang Indo-Fiji. Namun pada tahun 2000, terjadi kudeta yang dipimpin oleh orang sipil yang pada akhirnya menyebabkan kekacauan politik yang berkepanjangan. Pemilihan parlemen diselenggarakan pada tahun 2001 yang menghasilkan pemerintahan yang dipilih secara demokratis yang dipimpin oleh Perdana Menteri Laisenia QARASE yang juga terpilih kembali sebagai Perdana Menteri pada Mei 2006. Namun pada Desember 2006 terjadi lagi kudeta militer yang mengguling pemerintahan QARASE. Pemimpin kudeta ini yaitu Commodore Voreqe BAINIMARAMA kemudian menunjuk dirinya sebagai Presiden Akting dan menjadi Perdana Menteri sementara pada tahun 2007.  BAINIMARAMA terpilih kembali menjadi Perdana Menteri pada pemilihan umum Legislatif pada bulan September 2014.

Sistem Pemerintahan Fiji adalah sistem pemerintahan Republik Parlementer yang Kepala Negaranya adalah Presiden dengan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Presiden Fiji dipilih oleh Parlemen untuk masa Jabatan 3 tahun sedangkan Perdana Menteri Fiji ditunjuk oleh Presiden atas dukungan dan persetejuan Parlemen. Parlemen Fiji terdiri dari 51 Kursi (sejak 2018) yang dipilih melalui pemilihan legistatif untuk masa jabatan 4 tahun.

Luas Wilayah Republik Kepulauan Fiji adalah sebesar 18.274 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 920.938 jiwa (estimasi Juli 2017). Mayoritas penduduk Fiji adalah etnis iTaukei (didominasi Melanesia dengan campuran Polinesia) dan etnis India. Sebagian besar penduduknya beragama Kristen Protestan (45%) dan Hindu (27,9%). Bahasa resmi Fiji adalah bahasa Inggris dan bahasa Fiji.

Di bidang Perekonomian, Fiji merupakan salah satu negara yang ekonominya paling maju di samudera pasifik dengan sumber daya alam seperti perikanan, perhutanan dan mineral yang berlimpah. Penghasilan yang didapat dari sektor pariwisata pun cukup besar, pada tahun 2017 sebanyak 842.884 wisatawan yang berkunjung ke negara kepulauan ini. Industri-industri yang penting bagi perekonomian Fiji diantaranya seperti pengolahan gula, pariwisata, industri pakaian, kopra, emas, perak dan perkayuan. Pendapatan Domestik Bruto Fiji pada tahun 2017 adalah sebesar US$8,652 miliar dengan Pendapatan Perkapita sebesar US$9.800,-.

Di hubungan luar negeri, negara yang bergabung menjadi anggota PBB pada 13 Oktober 1970 ini juga merupakan negara anggota lembaga-lembaga Internasional lainnya yang juga berada di bawah PBB. Fiji juga merupakan negara anggota ACP (Grup Daerah Afrika, Karibia, dan Pasifik), ADB (Bank Pembangunan Asia) dan Commonwealth of Nations (Negara Persemakmuran Inggris).
Baca juga : Negara-negara Anggota Commonwealth of Nations.

Profil Negara Fiji

Profil Negara Fiji

Berikut ini adalah Profil Negara Fiji.

  • Nama Lengkap : Republik Fiji (Republic of Fiji)
  • Nama Lokal : Matanitu ko Viti
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Parlementer
  • Kepala Negara : Presiden Jioji Konousi KONROTE (sejak 12 November 2015)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Voreqe “Frank” BAINIMARAMA (sejak 22 September 2014)
  • Ibukota : Suva
  • Luas Wilayah : 18.274 km2
  • Jumlah Penduduk : 920.938 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 0,6% (2017)
  • Suku Bangsa : iTaukei 56.8% (didominasi Melanesia dengan campuran Polinesia), India 37.5%, Rotuman 1.2%, etnis lainnya 4.5% (Eropa, etnis pulau pasifik lainnya, Tionghoa)
  • Agama : Protestan 45%, Hindu 27.9%, Kritesten lainnya 10.4%, Katolik Roma 9.1%, Islam 6.3%, Sikh 0.3%, agama lainnya 0.3%, tidak beragama 0.8% (estimasi tahun 2007)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Inggris dan bahasa Fiji
  • Mata Uang : Dolar Fiji (FJD)
  • Hari Kemerdekaan : 10 Oktober 1970 (dari Inggris)
  • Hari Nasional : 10 Oktober 1970 (Hari Fiji; hari Kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “God Bless Fiji”
  • Kode Domain Internet : .fj
  • Kode Telepon : 679
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$8,652 miliar (2017)
  • Pendapatan Per Kapita : US$9.800,- (2017)
  • Pertumbuhan Ekonomi : 3,8% (2017)
  • Lokasi : Benua Oseania

Lambang Negara dan Bendera Fiji

Lambang Fiji dan Bendera Negara Fiji

Pembagian Wilayah Administrasi Fiji

Secara Administratif, Republik Fiji terbagi atas 14 Provinsi. Berikut dibawah ini adalah daftar 14 Provinsi di Republik Fiji.

No. Provinsi
1 Ba
2 Bua
3 Cakaudrove
4 Kadavu
5 Lau
6 Lomaiviti
7 Macuata
8 Nadroga-Navosa
9 Naitasiri
10 Namosi
11 Ra
12 Rewa
13 Serua
14 Tailevu

 

Sumber referensi : Data-data di Profil Negara Fiji ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*