_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2019/04/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-turki-turkey/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-turki-turkey/lambang-negara-turki-dan-bendera-turki/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
April 24, 2019

Profil Negara Gabon

Profil Negara Gabon – Gabon adalah sebuah negara yang terletak di bagian tengah benua Afrika. Negara yang secara astronomis berada di antara  3°LU-4°LS dan 8°-15°BT ini berbatasan dengan Guinea Khatulistiwa di barat laut dan berbatasan dengan Kamerun di sebelah utaranya. Gabon juga berbatasan dengan Republik Kongo di sebelah timur dan selatannya. Sedangkan di sebelah barat Gabon adalah Teluk Guinea. Gabon juga merupakan salah satu negara yang terletak di garis Khatulistiwa yaitu garis imajinasi yang membagi bumi menjadi dua belahan yang sama yaitu belahan utara dan belahan selatan.

Dalam sejarahnya, Gabon merupakan salah satu dari 4 wilayah yang termasuk dalam Persekutuan Afrika Perancis Khatulistiwa (Gabon, Kongo Tengah (Sekarang bagian dari Republik Kongo), Oubangui-Chari (sekarang Republik Afrika Tengah), dan Chad) yang dibentuk pada tahun 1910 dan bubar pada tahun 1959. Setelah bubarnya Persekutuan Afrika Perancis Khatulistiwa ini, Gabon mendeklarasikan kemerdekaannya menjadi negara yang berdaulat pada 17 Agustus 1960. Hari tersebut kemudian diperingati sebagai hari kemerdekaan Gabon.

Luas wilayah Gabon adalah sebesar 267.667 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 2.119.036 jiwa (2018). Pertumbuhan Penduduk Gabon adalah sekitar 2,73%. Mayoritas penduduk Gabon memeluk agama Katolik Roma dan Protestan. Gabon memiliki setidaknya 40 kelompok etnis dengan budaya dan bahasa yang berbeda. Bahasa resmi Gabon adalah bahasa Perancis.

Sistem pemerintahan Gabon adalah sistem pemerintahan Republik Presidensil yang kepala negaranya adalah seorang Presiden. Namun berbeda dengan Republik Presidensil pada umumnya, kepala pemerintah Gabon adalah seorang Perdana Menteri yang ditunjuk oleh Presiden. Presiden Gabon dapat menunjuk dan memberhentikan Perdana Menteri, kabinet, hakim Mahkamah Agung yang independen. Presiden juga memiliki wewenang kuat lainnya seperti wewenang untuk membubarkan Majelis Nasional, mendeklarasikan pengepungan, menunda legislasi dan melakukan referendum. Masa Jabatan Presiden adalah 7 tahun yang dipilih melalui Pemilihan langsung Presiden.

Di bidang Perekonomian, Gabon merupakan salah satu negara terkaya di benua Afrika yang memiliki Pendapatan Per Kapita sekitar 4 kali lipat lebih tinggi dari rata-rata Pendapatan Per Kapita negara-negara Afrika Sub-Sahara lainnya. Perekonomian Gabon mengandalkan ekspor kayu dan mangan hingga minyak yang ditemukan lepas pantai pada awal 1970-an. Dari tahun 2010 hingga 2016, minyak menyumbang sekitar 80% dari ekspor Gabon, 45% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dan 60% dari pendapatan anggaran negara.

Namun penurunan harga minyak di beberapa tahun terakhir ini menyebabkan melemahnya pendapatan pemerintah dan secara negatif memengaruhi neraca perdagangan dan transaksi berjalan. Gabon menandatangani perjanjian 3 tahun dengan IMF pada Juni 2017 setelah menghadapi pelemahan pendapatan rendah ini. Pertumbuhan Ekonomi pada tahun 2017 hanya sekitar 0,5%. Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Gabon pada tahun 2017 adalah sebesar US$36,66 miliar dengan Pendapatan Per Kapita sebesar US$18.100,-.

Di hubungan luar negeri, Gabon adalah negara anggota PBB dan lembaga-lembaga internasional yang berada di bawah PBB seperti FAO, IAEA, ICAO, IFAD, ILO, IMF, IMO, ITU, UNESCO, UNIDO, UNWTO, UPU, WHO, WIPO, WMO dan WTO. Selain itu, Gabon juga bergabung dengan organisasi internasional lainnya seperti Uni Afrika (African Union), OKI (Organisasi Kerjasama Islam) dan OPCW (Organisasi Pelarangan Senjata Kimia).
Baca juga : Negara-negara Anggota OKI (Organisasi Kerjasama Islam).

Profil Negara Gabon

Profil Negara Gabon

Berikut ini adalah Profil Negara Gabon.

  • Nama Lengkap : Republik Gabon (Gabonese Republic)
  • Nama Lokal : Republique Gabonaise
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Ali BONGO Ondimba (sejak 16 Oktober 2009)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Julien NKOGHE BEKALE (sejak 15 Januari 2019)
  • Ibukota : Libreville
  • Luas Wilayah : 267.667 km2
  • Jumlah Penduduk : 2.119.036 jiwa (2018)
  • Pertumbuhan Penduduk : 2,73% (2018)
  • Angka Kelahiran : 26,5 bayi per 1000 penduduk (2018)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Perancis
  • Suku Bangsa/Etnis : Fang 23,2%, Shira-Punu/Vili 18,9%, Nzabi-Duma 11,3%, Mbede-Teke 6,9%, Myene 5%, Kota-Kele 4,9%, Okande-Tsogo 2,1%, Pygmy 0,3%, Kamerun 4,6%, Mali 2,4%, Benin 2,1%, Togo 1,6%, Senegal 1,1%, Kongo (Brazzaville) 1%, etnis lainnya 5,5% (termasuk Kongo (Kinshasa), Guinea Khatuliswa, Nigeria) (2012)
  • Agama :Katolik Roma 42,3%, Protestan 12,3%, agama Kristen lainnya 27,4%, Islam 9,8%, Animisme 0.6%, agama lainnya 0.5%, tidak diketahui 7,1% (estimasi 2012)
  • Hari Kemerdekaan : 17 Agustus 1960 (dari Perancis)
  • Hari Nasional :1 7 Agustus 1960 (hari kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “La Concorde” (The Concorde)
  • Kode Domain Internet : .ga
  • Kode Telepon : 241
  • Mata Uang : Franc Afrika Tengah (XAF)
  • Pendapatan Per Kapita : US$18.100,- (2017)
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$36,66 miliar (2017)
  • Pertumbuhan Ekonomi : 0,5%
  • Lokasi : Benua Afrika (Afrika Tengah)

 

Bendera dan Lambang Negara Gabon

Lambang Negara Gabon dan Bendera Gabon

Pembagian Wilayah Administrasi Gabon

Secara administratif, Republik Gabon terbagi atas 9 Provinsi. Berikut ini adalah 9 Provinsi di Republik Gabon beserta Ibukotanya.

No. Provinsi Ibukota
1 Estuaire Libreville
2 Haut-Ogooué Franceville
3 Moyen-Ogooué Lambaréné
4 Ngounié Mouila
5 Nyanga Tchibanga
6 Ogooué-Ivindo Makokou
7 Ogooué-Lolo Koulamoutou
8 Ogooué-Maritime Port-Gentil
9 Woleu-Ntem Oyem

 

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Gabon ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*