_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/08/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-40-cabang-olahraga-yang-dipertandingkan-di-asian-games-2018/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-40-cabang-olahraga-yang-dipertandingkan-di-asian-games-2018/cabang-olahraga-asian-games-2018/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
August 20, 2018

Profil Negara Islandia (Iceland)

Profil Negara Islandia (Iceland) – Islandia (Iceland) adalah sebuah negara yang terletak di bagian utara samudera Atlantik. Negara Kepulauan yang berada di jarak sekitar 970km dari Norwegia ini termasuk sebagai negara benua Eropa. Secara Astronomis, Islandia berada diantara  63°-68°LU dan 25°-13°BB. Luas wilayah Islandia adalah sebesar 103.000km2, pulau terbesarnya adalah pulau Islandia yaitu pulau terbesar kedua di Benua Eropa setelah pulau Britania Raya (Inggris).  Dengan luas wilayahnya ini, Islandia termasuk sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di Dunia ini yaitu menduduki urutan ke-9 sebagai negara kepulauan terbesar di Dunia.
Baca juga : Daftar 10 Negara Kepulauan Terbesar di Dunia.

Dalam sejarahnya Islandia pernah diperintah oleh negara Norwegia dan Denmark. Islandia menjadi bagian dari Norwegia dari tahun 1262 hingga tahun 1814 menjadi bagian dari Kerajaan Denmark. Islandia mendeklarasikan kemerdekaannya dari pemerintahan Denmark dan memperoleh kedaulatan penuh pada tanggal 17 Juni 1944. Tanggal tersebut kemudian diperingati sebagai Hari Nasional dan Hari Kemerdekaan Islandia. Ibukota Islandia adalah Kota Reykjavik.

Jumlah penduduk Islandia hanya sekitar 339.747 jiwa. Jumlah penduduk ini menjadikannya sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk tersedikit di Eropa dan dunia. Densitas atau Kepadatan penduduknya hanya sekitar 3 jiwa per kilometer persegi. Sebagai perbandingan, kepadatan penduduk ini sangat berbeda dengan Singapura yang memiliki kepadatan penduduk hingga 8.188 jiwa per kilometer perseginya. Mayoritas penduduk Islandia adalah campuran homogen keturunan Norse dan Celtic (sekitar 95%). Bahasa-bahasa yang sering digunakan adalah bahasa Islandia, bahasa Inggris, bahasa-bahasa Nordik dan bahasa Jerman.  Sedangkan agama resmi Islandia adalah agama Gereja Lutheran Islandia, sekitar 69,9% penduduk memeluk agama Gereja Lutheran ini.

Islandia merupakan negara yang menganut sistem pemerintahan Republik Parlementer yaitu sistem pemerintahan yang kepala negaranya adalah Presiden yang dipilih secara langsung dengan masa jabatan 4 tahun (tidak ada batas periode). Sedangkan kepala pemerintahan Islandia adalah Perdana Menteri yang pada dasarnya adalah pemimpin partai atau pemimpin koalisi mayoritas.

Di Perekonomiannya, Islandia merupakan negara maju yang memiliki Pendapatan Perkapita sebesar US$ 52.100,- dengan Pendapatan Domestik Bruto sebesar US$ 17,73 miliar. Ekonomi Islandia sangat tergantung pada perikanan, sekitar 40% pendapatan dari ekspor dan 12% Pendapatan Domestik Bruto Islandia adalah berasal dari sektor perikanan ini. Dalam dekade terakhir ini, Islandia mulai melakukan diversifikasi ekonomi dengan meningkatkan industri manufaktur dan jasa seperti pariwisata, produksi perangkat lunak dan bioteknologi. Islandia menikmati pertumbuhan ekonomi sekitar 5,5% pada tahun 2017.

Di Hubungan luar negeri, Republik Islandia merupakan negara anggota PBB dan lembaga-lembaga lainnya yang berada di bawah PBB. Islandia yang merupakan negara Nordik ini juga adalah negara anggota Arctic Council, NATO dan OECD. Meskipun berada di benua Eropa, Islandia tidak bergabung dengan Uni Eropa (European Union).

Profil Negara Islandia (Iceland)

Profil Negara Islandia (Iceland)

Berikut ini adalah beberapa data Profil Negara Islandia (Iceland)

  • Nama Lengkap : Republik Islandia (Republik of Iceland)
  • Nama Lokal : Lydveldid Island
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Parlementer
  • Kepala Negara : Presiden Gudni Thorlacius JOHANNESSON (sejak 1 Agustus 2016)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Katrin JAKOBSDOTTIR (sejak 30 November 2017)
  • Ibukota : Reykjavik
  • Luas Wilayah : 103.000km2
  • Jumlah Penduduk : 339.747 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 1,13% (2017)
  • Suku Bangsa : Campuran homogen keturunan Norse dan Celtic (sekitar 95%)
  • Agama : Gereja Lutheran 69,9%, Katolik Roma 3,8%, agama lainnya
  • Bahasa Resmi : Bahasa Islandia
  • Mata Uang : Kronur Islandia (ISK)
  • Hari Kemerdekaan : 17 Juni 1944 (Hari Kemerdekaan dari Denmark; ulang tahun Jon SIGURDSSON, pemimpin gerakan kemerdekaan abad ke-19 Islandia)
  • Hari Nasional : 17 Juni 1944 (Hari Kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “Lofsongur” (Song of Praise)
  • Kode Domain Internet : .is
  • Kode Telepon : 354
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$ 17,73 miliar (2017)
  • Pendapatan Per Kapita : US$ 52.100,- (2017)
  • Pertumbuhan Ekonomi : 5,5% (2017)
  • Lokasi : Benua Eropa

Lambang Negara dan Bendera Negara Islandia

Lambang Negara Islandia dan Bendera Negara Islandia

Pembagian Wilayah Administrasi Islandia

Secara Administratif, Islandia terbagi atas 8 wilayah administrasi yang disebut dengan Region. Berikut ini adalah 8 Region di Islandia beserta Ibukotanya.

No. Nama Provinsi Ibukota
1 Capital Region Reykjavík
2 Southern Peninsula Keflavík
3 Western Region Borgarnes
4 Westfjords Ísafjörður
5 Northwestern Region Sauðárkrókur
6 Northeastern Region Akureyri
7 Eastern Region Egilsstaðir
8 Southern Region Selfoss

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Islandia (Iceland) ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*