May 26, 2019

Profil Negara Israel

Profil Negara Israel – Israel adalah sebuah Negara yang terletak di benua Asia bagian barat, yaitu kawasan yang sering disebut juga dengan kawasan Timur Tengah. Negara yang secara astronomis berada diantara 29°-34°LU dan 34°-36°BT ini berbatasan dengan Lebanon disebelah utara, berbatasan dengan Suriah disebelah timur laut, Yordania di sebelah timur, Mesir disebelah barat daya dan dua daerah otoritas Nasional Palestina yaitu Jalur Gaza (Gaza Strip) di sebelah barat dan Tepi Barat (West Bank) disebelah timur. Disebelah barat Israel adalah laut Tengah (Laut Mediterania).

Negara Israel dideklarasikan sebagai Negara yang merdeka pada tahun 1948 setelah Inggris menarik diri dari mandatnya atas Palestina pada tahun 1947. PBB pada saat itu (29 November 1947) mengusulkan pembagian wilayah tersebut menjadi dua Negara yaitu satu negara Arab dan satu Negara Yahudi. Sedangkan Kota Yerusalem ditetapkan sebagai kota Internasional (corpus separatum) yang diadministrasi langsung oleh PBB untuk menghindari konflik status untuk kota ini.

Pada tahun 1967-1973, Israel berperang melawan Negara-negara tetangganya hingga kemudian pada tahun 1979 menandatangani perjanjian dengan Mesir pada tahun 1979 dan Yordania pada tahun 1994. Israel juga menandatangani sejumlah perjanjian sementara pada tahun 1990-an untuk pembentukan pemerintahan Palestina di daerah Jalur Gaza dan Tepi Barat yang didudukinya pada tahun 1967.

Luas Wilayah Israel adalah sebesar 20.770 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 8.424.904 jiwa (Juli 2018). Mayoritas penduduknya adalah etnis Yahudi dan Arab yang masing-masing beragama Yahudi dan Islam. Pertumbuhan penduduk Israel adalah 1,49% (2018). Bahasa resmi Israel adalah bahasa Ibrani (Hebrew).

Sistem pemerintahan Israel adalah Demokrasi Parlementer atau dapat juga disebut dengan Republik Parlementer. Kepala Negara Israel adalah Presiden yang dipilih oleh Parlemen Israel (Knesset) untuk masa jabatan 7 tahun dan terbatas hanya untuk 1 Periode. Sedangkan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri yang biasanya adalah Ketua dari Partai terbesar di Israel. Anggota Parlemen yang berjumlah 120 kursi dipilih dalam Pemilihan Umum untuk masa jabatan 4 tahun.

Secara de jure, Israel mengklaim Yerusalem sebagai Ibukotanya. Namun sebagian besar Negara di dunia dan juga PBB tidak mengakuinya. Kebanyakan Negara di Dunia dan PBB mengakui kota Tel-Aviv sebagai Ibukota Israel. Tel-Aviv adalah kota berukuran terbesar kedua di Israel dan juga sebagai kota Teknologi dan pusat Keuangan di Negara Israel ini.

Di bidang perekonomian, Israel merupakan Negara yang menganut ekonomi pasar bebas dengan teknologi yang maju dan canggih. Penemuan Gas Alam di lepas pantai Mediterania terutama di ladang gas Tamar dan Leviathan berpotensi menempatkan Israel sebagai pusat pasar gas alam regional. Israel merupakan Negara maju yang memiliki Pendapatan Domestik Bruto (PDB) sebesar US$317,1miliar dengan Pendapatan per Kapita sebesar US$36.400,- di tahun 2017. Pertumbuhan ekonomi Israel di tahun 2017 adalah sebesar 3,3%.

Industri-industri yang menjadi tulang punggung perekonomian Israel adalah industri yang berteknologi tinggi seperti industri penerbangan, alat komunikasi, desain dan manufaktur dengan bantuan teknologi/komputer, elektronik medis dan serat optik. Israel juga memiliki berbagai industri penting lainnya seperti produk kayu dan kertas, kalium dan fosfat, makanan dan minuman, tembakau, soda kaustik, semen, farmasi, konstruksi, produk logam, produk kimia, berlian, tekstil dan alas kaki.

Di hubungan luar negeri, Israel diterima sebagai anggota PBB pada tahun 1949. Israel juga merupakan Negara anggota lembaga-lembaga internasional yang berada di bawah PBB dan OECD. Perlu diketahui bahwa hingga saat ini, Republik Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.
Baca juga : Daftar Negara-negara Maju di Dunia.

Profil Negara Israel

Profil Negara Israel

Berikut ini adalah Profil Negara Israel.

  • Nama Lengkap : Negara Israel (State of Israel)
  • Nama Lokal : Medinat Yisra’el
  • Bentuk Pemerintahan : Demokrasi Parlementer (Republik Parlementer)
  • Kepala Negara : Presiden Reuven RIVLIN (sejak 27 Juli 2014)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Binyamin NETANYAHU (sejak 31 Maret 2009)
  • Ibukota : Yerusalem (de jure), Tel-Aviv (de facto)
  • Luas Wilayah : 20.770 km2
  • Jumlah Penduduk : 8.424.904 jiwa (2018)
  • Pertumbuhan Penduduk : 1,49% (2018)
  • Angka Kelahiran : 17,9 bayi per 1000 penduduk
  • Bahasa Resmi : Bahasa Ibrani (Hebrew)
  • Agama : Yahudi 74,4% , Arab 20,9%, etnis lainnya 2,7%
  • Mata Uang : Shekel baru Israel (ILS)
  • Hari Kemerdekaan : 14 May 1948 (dari Mandat PBB dibawah administrasi Inggris)
  • Hari Nasional : 14 May 1948 (Hari Kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “Hatikvah” (The Hope)
  • Kode Domain Internet : .il
  • Kode Telepon : 972
  • Pendapatan Per Kapita : US$36.400,- (2017)
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$317,1miliar
  • Lokasi : Benua Asia Barat (Kawasan Timur Tengah)

Bendera dan Lambang Negara Israel

Lambang Negara Israel dan Bendera Israel

Pembagian Wilayah Administrasi Israel

Secara Administratif, Negara Israel dibagi menjadi 6 distrik. Berikut ini adalah 6 Distrik di Israel beserta Ibukotanya.

No.

Distrik

Ibukota

1 Jerusalem Jerusalem
2 North Nazareth Illit
3 Haifa Haifa
4 Center Ramla
5 Tel Aviv Tel Aviv
6 South Beersheba
7 Judea and Samaria Ariel

 

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Israel ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*