_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/08/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-40-cabang-olahraga-yang-dipertandingkan-di-asian-games-2018/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-40-cabang-olahraga-yang-dipertandingkan-di-asian-games-2018/cabang-olahraga-asian-games-2018/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
August 20, 2018

Profil Negara Kazakhstan

Profil Negara Kazakhstan – Kazakhstan adalah sebuah negara terkurung daratan yang berada di benua Asia bagian Tengah. Negara yang secara astronomis berada diantara  40°-56°LU dan 46°-88°BT ini berbatasan dengan Rusia disebelah utara dan barat sedangkan disebelah timurnya berbatasan dengan China (Tiongkok). Di sebelah selatan, Kazakhstan berbatasan dengan Uzbekistan, Turkmenistan, Kirgistan dan Laut Kaspia. Kazakhstan sering disebut juga sebagai negara trans-benua (antarbenua) karena terletak diantara dua benua yaitu benua Eropa dan benua Asia (sebagian besar wilayahnya termasuk dalam kawasan benua Asia Tengah dan sebagian kecilnya lagi terletak di kawasan Eropa Timur).

Dalam sejarahnya, wilayah Kazakhstan ini merupakan wilayah kekuasaan kerajaan Rusia pada abad ke-18 hingga menang revolusi komunis yang menang di Rusia dan mendirikan negara Uni Soviet pada tahun 1920. Pada tanggal 5 Desember 1936, Kazakhstan menjadi sebuah Republik baru yang berada dibawah pemerintahaan Uni Soviet. Kazakhstan memperoleh kemerdekaannya setelah bubarnya Uni Soviet pada tanggal  16 Desember 1991. Tanggal ini kemudian diperingati sebagai hari Kemerdekaan Kazakhstan.
Baca juga : Daftar Negara-negara Pecahan Uni Soviet.

Luas wilayah Kazakhstan yang sebesar 2.724.900 km2 ini menjadikannya sebagai negara terbesar ke-9 di dunia ini. Kazakhstan juga merupakan negara terbesar kedua dalam negara pecahan Uni Soviet setelah Rusia. Kazakhstan memiliki jumlah penduduk sebanyak 18.556.698 jiwa (estimasi Juli 2017) dengan mayoritas etnis penduduknya adalah etnis Kazakh atau Qazaq (63.1%) dan etnis (Rusia 23,7%). Sebagian besar penduduknya adalah pemeluk agama Islam (70,2%) dan Kristen (26,2%). Bahasa resmi Kazakhstan adalah bahasa Kazakh (Qazaq).

Sistem pemerintahan Kazakhstan adalah sistem pemerintahan Republik Presidensil yang kepala negara adalah Presiden. Presiden Kazakhstan dipilih langsung dengan masa jabatan 5 tahun dan dapat dipilih kembali untuk periode kedua. Presiden memiliki hak veto terhadap undang-undang yang telah disahkan oleh Parlemen dan juga merupakan Panglima tertinggi angkatan bersenjata. Perdana Menteri yang menjabat sebagai kepala pemerintahan Kazakhstan beserta kabinetnya ditunjuk langsung oleh Presiden.

Di bidang Perekonomian, Kazakhstan yang memiliki berbagai sumber daya alam yang berlimpah seperti cadangan bahan bakar fosil dan mineral serta cadangan logam (uranium, tembaga, seng) yang besar menjadikannya sebagai negara dengan perekonomian terbesar di kawasan Asia Tengah. Untuk menghindari ketergantungan yang berlebihan terhadap industri minyak, pemerintah Kazakhstan telah berupaya untuk mendiversifikasikan ekonominya dengan menargetkan sektor-sektor seperti transportasi, farmasi, telekomunikasi petrokimia dan pengolahan makanan. Pendapatan Domestik Bruto atau PDB Kazakhstan mencapai US$474,3 miliar dengan Pertumbuhan ekonomi sebesar 4%. Pendapatan perkapita Kazakhstan adalah US$26.100,-.

Di hubungan luar negeri, Kazakhstan adalah negara anggota PBB dan lembaga-lembaga internasional yang dibawah PBB. Kazakhstan juga merupakan negara anggota ADB (Asian Development Bank), Uni Ekonomi Eurasia (EAEU), Euro-Atlantic Partnership Council (EAPC) dan European Bank for Reconstruction and Development (EBRD).

Profil Negara Kazakhstan

Profil Negara Kazakhstan

Berikut ini adalah Profil Negara Kazakhstan.

  • Nama Lengkap : Republik Kazakhstan (Republic of Kazakhstan)
  • Nama Lokal : Qazaqstan Respublikasy
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Nursultan Abishuly NAZARBAYEV (chairman Supreme Soviet sejak 22 Februari 1990, dipilih kembali menjadi Presiden Republik Kazakhstan sejak 1 December 1991)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Bakytzhan SAGINTAYEV (sejak 9 September 2016)
  • Ibukota : Astana
  • Luas Wilayah : 2.724.900 km2
  • Jumlah Penduduk : 18.556.698 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 1.04% (2017)
  • Suku Bangsa : Kazakh (Qazaq) 63.1%, Rusia 23.7%, Uzbek 2.9%, Ukraina 2.1%, Uighur 1.4%, Tatar 1.3%, German 1.1% lain-lain 4.4% (estimasi 2009)
  • Agama : Islam 70.2%, Kristen 26.2% (terutama Ortodok Rusia), agama lainnya 0.2%, atheis 2.8%, tidak diketahui 0.5% (2009)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Kazakhstan
  • Mata Uang : Tenge (KZT)
  • Hari Kemerdekaan : 16 December 1991 (dari Uni Soviet)
  • Hari Nasional : 16 December 1991 (Hari Kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “Menin Qazaqstanim” (My Kazakhstan)
  • Kode Domain Internet : .kz
  • Kode Telepon : 7
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$474,3 miliar (2017)
  • Pendapatan Per Kapita : US$26.100,- (2017)
  • Lokasi : Benua Asia (Asia Tengah)

Lambang Negara dan Bendera Negara Kazakhstan

Lambang Negara Kazakhstan dan Bendera Kazakhstan

Pembagian Wilayah Administrasi Kazakhstan

Secara administratif, Republik Kazakhstan dibagi menjadi 14 Provinsi dan 2 Kota. Berikut  ini adalah daftar 14 Provinsi dan 2 Kota di Kazakhstan beserta Ibukotanya.

Daftar 14 Provinsi di Kazakhstan beserta Ibukotanya

No. Provinsi Ibukota
1 Akmola Kokshetau
2 Aktobe Aktobe
3 Almaty Province Taldykorgan
4 Atyrau Atyrau
5 East Kazakhstan Oskemen
6 Karagandy Karagandy
7 Kostanay Kostanay
8 Kyzylorda Kyzylorda
9 Mangystau Aktau
10 North Kazakhstan Petropavl
11 Pavlodar Pavlodar
12 Sooth Kazakhstan Shymkent
13 Wast Kazakhstan Oral
14 Jambyl Taraz

 

Daftar 2 Kota di Kazakhstan beserta Ibukotanya

No. Kota Ibukota
1 Almaty Almaty
2 Astana Astana
3 Baikonur* Baikonur

*Kota Baikonur adalah kota milik Republik Kazakhstan yang disewakan ke Rusia hingga tahun 2050.

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Kazakhstan ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*