_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/11/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-albania/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-albania/negara-albania/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
November 14, 2018

Profil Negara Kepulauan Solomon (Solomon Islands)

Profil Negara Kepulauan Solomon (Solomon Islands) – Kepulauan Solomon adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di samudera pasifik yang digolongkan sebagai kawasan benua Oseania. Kepulauan Solomon yang berada diantara  5°-13° LS dan 155°-169°BT ini memiliki 992 buah pulau. Beberapa pulau utama Kepulauan Solomon diantara seperti Guadalcanal, Malaita, Santa Isabel, Makira dan Sikaiana. Ibukota Kepulauan Solomon yaitu kota Honiara terletak di pulau Guadalcanal.

Pulau-pulau di Kepulauan Solomon ini telah dihuni sejak ribuan tahun yang lalu. Pada tahun 1568, Penjelajah Spanyol Álvaro de Mendaña mengunjungi kepulauan yang terletak di sebelah timur Papua Nugini ini,  Álvaro de Mendaña yang juga merupakan orang Eropa pertama yang mengunjungi kepulauan ini menamainya dengan sebutan Islas Salomón. Kemudian pada tahun 1890-an, Inggris menyatakan Kepulauan Solomon ini sebagai wilayah Protektorat Inggris. Pada Perang Dunia Kedua, Jepang berhasil menduduki kepulauan ini pada tahun 1942 hingga 1945. Setelah Perang Dunia kedua, Kepulauan Solomon kembali menjadi daerah Protektorat Inggris dengan nama “Protektorat Kepulauan Solomon Inggris”. Kepulauan Solomon memperoleh kemerdekaannya dan menjadi negara berdaulat pada tahun 1978 namun negara ini tetap mengaku Ratu Elizabeth II sebagai Kepala Negaranya.

Luas Wilayah Kepulauan Solomon adalah sebesar 28.896 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 647.581 jiwa (estimasi tahun 2017). Mayoritas penduduknya adalah etnis Melanesia 95.3% dan sisanya etnis Polynesia 3.1% dan etnis Mikronesia 1.2% (estimasi 2009). Sebagian besar penduduk Kepulauan Solomon adalah pemeluk agama Kristen Protestan (73,4%). Bahasa resmi Kepulauan Solomon adalah bahasa Inggris. Namun hanya sekitar 1% hingga 2% dari populasinya yang dapat berbicara dengan bahasa Inggris ini. Bahasa yang umum digunakan adalah bahasa Melanesia Pidgin.

Sistem pemerintahaan Kepulauan Solomon adalah sistem pemerintahaan Monarki Konstitusional. Monarki Konstitusional Kepulauan Solomon ini mengakui Ratu Elizabeth II yaitu Ratu Inggris Raya sebagai Kepala Negaranya. Sedangkan Kepala Pemerintahannya adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri Kepulauan Solomon pada umumnya adalah Pemimpin Partai atau Koalisi Politik terbesar yang memenangi Pemilihan Umum Legislatif.

Di bidang perekonomian, sebagian besar penduduk kepulauan Solomon adalah bergantung pada sektor pertanian, perikanan dan kehutanan. Kebanyakan barang-barang manufaktur dan produk-produk minyak adalah impor dari luar negeri. Beberapa komoditas agrikultur yang penting bagi perekonomiannya adalah kakao, kelapa, kelapa sawit, beras, buah-buahan, kayu, ikan, babi dan sapi. Pendapatan Domestik Bruto Kepulauan Solomon adalah sebesar US$1,324 miliar dengan Pendapatan Perkapita adalah sebesar US$2.200,-.

Di hubungan luar negeri, Kepulauan Solomon adalah negara anggota PBB dan juga negara anggota lembaga-lembaga Internasional di bawah PBB seperti WHO, ILO, IMF, UNCTAD, FAO, UNESCO, WMO dan WTO. Kepulauan Solomon juga adalah negara anggota Persemakmuran Inggris (Commonwealth of Nations), Forum Kepulauan Pasifik (Pacific Islands Forum), Sekretariat Komunitas Pasifik (South Pacific Commission) dan Grup Daerah Afrika, Karibia, dan Pasifik (African, Caribbean and Pacific Group of States).
Baca juga : Negara-negara Anggota Persemakmuran Inggris.

Negara Kepulauan Solomon

Profil Negara Kepulauan Solomon (Solomon Islands)

Berikut ini adalah profil negara Kepulauan Solomon.

  • Nama Lengkap : Kepulauan Solomon (Solomon Islands)
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional
  • Kepala Negara : Ratu Elizabeth II (sejak 6 Februari 1952)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana  Menteri Rick HOU (sejak 16 November 2017)
  • Ibukota : Honiara
  • Luas Wilayah : 28.896 km2
  • Jumlah Penduduk : 647.581 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 1,94% (2017)
  • Suku Bangsa : Melanesia 95,3%, Polynesia 3,1%, Mikronesia 1,2% dan etnis lainnya 0,3% (estimasi 2009)
  • Agama : Protestan 73,4%, Katolik Roma 19,6%, Kristen lainnya 2,9%, agama lainnya 4%, tidak beragama 0,03% (estimasi 2009)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Inggris
  • Mata Uang : Dolar Kepulauan Solomon (SBD)
  • Hari Kemerdekaan : 7 Juli 1978 (dari Inggris Raya)
  • Hari Nasional : 7 Juli 1978 (Hari Kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “God Save Our Solomon Islands”
  • Kode Domain Internet : .sb
  • Kode Telepon : 677
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$1,324 miliar (2017)
  • Pendapatan Per Kapita : US$2.200,- (2017)
  • Pertumbuhan Ekonomi : 3,2% (2017)
  • Lokasi : Benua Oseania

Lambang Negara dan Bendera Kepulauan Solomon

Lambang dan Bendera Kepulauan Solomon

Pembagian Wilayah Administrasi Kepulauan Solomon

Secara administratif, Kepulauan Solomon dibagi atas 9 Provinsi dan 1 Kota Teritori Ibukota. Berikut ini adalah daftar 9 Provinsi dan 1 Kota Teritori Ibukota di Kepulauan Solomon.

Daftar 9 Provinsi di Kepulauan Solomon beserta Ibukotanya

No. Provinsi Ibukota
1  Central Tulagi
2  Choiseul Taro Island
3  Guadalcanal Honiara
4  Isabel Buala
5  Makira-Ulawa Kirakira
6  Malaita Auki
7  Rennell and Bellona Tigoa
8  Temotu Lata
9  Western Gizo

 

Daftar 1 Kota Teritori Ibukoto di Kepulauan Solomon beserta Ibukotanya

No. Kota Ibukota
1 Capital Territory Honiara

 

Sumber referensi : Data-data di Profil Negara Kepulauan Solomon (Solomon Islands) ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*