_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/11/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-albania/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-albania/negara-albania/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
November 14, 2018

Profil Negara Kosta Rika (Costa Rica)

Profil Negara Kosta Rika (Costa Rica) – Kosta Rika adalah sebuah negara yang terletak di tenggara Amerika Tengah, wilayah ini sering digolongkan sebagai wilayah benua Amerika Utara, sub region Amerika Tengah. Negara yang secara astronomis berada diantara  8°-12°LU dan 82°-86°BB ini berbatasan dengan Nikaragua di sebelah Utara dan Panama di sebelah tenggara-selatannya. Sedangkan disebelah Barat dan Selatan adalah Samudera Pasifik serta Laut Karibia di sebelah timurnya. Nama Kosta Rika ini berasal bahasa Spanyol yang artinya adalah “Pantai Kaya” atau “Rich Coast”. Ibukota Kosta Rika adalah San Jose.

Seperti negara-negara Amerika Tengah lainnya, Kosta Rika juga merupakan negara yang pernah dikuasai oleh Spanyol sejak 1563 hingga bergabung ke United Provinces of Central America (Federasi Provinsi-provinsi Amerika Tengah) pada tahun 1821. Tanggal 15 September 1821 dideklarasikan sebagai hari kemerdekaan Kosta Rika dari Spanyol. Namun United Province of Central America ini bubar pada tahun 1838 dan Kosta Rika menjadi negara mandiri yang berdaulatan penuh.

Luas wilayah Kosta Rika adalah sebesar  51.100 km2 dengan penduduk sebanyak 4.930.258 jiwa (estimasi Juli 2017). Luas wilayah Kosta Rika ini menjadikannya sebagai negara terkecil di kawasan Sub Region Amerika Tengah. Mayoritas penduduk Kosta Rika adalah etnis Mestizo atau etnis kulit putih, yaitu sekitar 83,6% dari keseluruhan populasinya. Sebagian besar penduduknya beragama Katolik Roma (76,3%). Bahasa resmi Kosta Rika adalah bahasa Spanyol.

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Kosta Rika adalah sistem pemerintahan Republik Presidensil yang kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah Presiden. Presiden dan Wakil Presiden Kosta Rika dipilih secara langsung oleh rakyatnya dengan masa jabatan  4 tahun. Parlemen Kosta Rika terdiri dari 57 kursi dengan masa jabatan 4 tahun juga.

Di bidang perekonomian, Kosta Rika menikmati pertumbuhan ekonomi yang stabil dan kuat sejak tahun 2010. Pada tahun 2017, pertumbuhan ekonomi mencapai 3,8%. Komoditas pertanian yang menjadi tulang punggung perekonomian Kosta Rika diantaranya seperti pisang, kopi, nanas, gula, jagung, beras dan daging sapi. Selain komoditas pertanian, industri-industri penting bagi perekonomian Kosta Rika diantaranya adalah peralatan medis, pengolahan makanan, tekstil dan pakaian, bahan-bahan konstruksi, pupuk dan produk-produk plastik. Pendapatan Domestik Bruto Kosta Rika adalah sebesar US$85,2 miliar sedangkan Pendapatan perkapitanya adalah sebesar US$17.200,- pada tahun 2017.

Di hubungan luar negeri, Kosta Rika merupakan negara anggota PBB dan juga lembaga-lembaga internasional yang berada dibawah PBB seperti WHO, UNESCO, WTO, FAO, IAEA, IMF, ILO, IMO, UPU, UNIDO, UNWTO, WIPO, ICAO, ITU dan IFAD.
Baca juga : Organisasi-organisasi Khusus dalam PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa).\

Peta Negara Kosta Rika (Costa Rica)

Profil Negara Kosta Rika (Costa Rica)

Berikut ini adalah data lengkap Profil Negara Kosta Rika (Costa Rica) :

  • Nama Lengkap : Reapublik Kosta Rika (Republic of Costa Rica)
  • Nama Lokal : Republica de Costa Rica
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Carlos ALVARADO Quesada (sejak 8 Mei 2018)
  • Kepala Pemerintahan : Presiden Carlos ALVARADO Quesada (sejak 8 Mei 2018)
  • Ibukota : San Jose
  • Luas Wilayah : 51.100 km2
  • Jumlah Penduduk : 4.930.258 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 1,16% (2017)
  • Suku Bangsa : Mestizo atau Kulit Putih (83,6%), Mulato (6,7%), penduduk asli (2,4%), kulit hitam atau keturuna Afrika (1,1%) dan lainnya.
  • Agama : Katolik Roma (76,3%), Evangelikalisme (13,7%), Saksi-Saksi Yehuwa (1,3%), Protestan lainnya 0,7% dan agama-agama lainnya.
  • Bahasa Resmi : Bahasa Spanyol
  • Mata Uang : Colone Kosta Rika (CRC)
  • Hari Kemerdekaan : 15 September 1821 (dari Spanyol)
  • Hari Nasional : 15 September 1821 (Hari Kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “Himno Nacional de Costa Rica” (National Anthem of Costa Rica)
  • Kode Domain Internet : .cr
  • Kode Telepon : 506
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$85,2 miliar (2017)
  • Pendapatan Per Kapita : US$17.200,- (2017)
  • Pertumbuhan Ekonomi : 3,8% (2017)
  • Lokasi : Benua Amerika Utara (Sub Region Amerika Tengah)

Lambang Negara dan Bendera Negara Kosta Rika (Costa Rica)

Dibawah ini adalah gambar Lambang Negara Republik Kosta Rika dan juga Bendera Republik Kosta Rika.

Lambang dan Bendera Kosta Rika

Pembagian Wilayah Administrasi Kosta Rika (Costa Rica)

Secara administratif, Republik Kosta Rika (Costa Rica) terbagi atas 7 Provinsi. Berikut ini adalah daftar 7 Provinsi Kosta Rika dan Ibukotanya.

No. Region Ibukota
1 Alajuela Alajuela
2 Cartago Cartago
3 Guanacaste Liberia
4 Heredia Heredia
5 Limón Puerto Limón
6 Puntarenas Puntarenas
7 San José San José

 

Sumber referensi : Data-data di Profil Negara Kosta Rika ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*