_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/07/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-negara-peserta-asian-games-2018-di-indonesia/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-negara-peserta-asian-games-2018-di-indonesia/daftar-negara-peserta-asian-games-2018-di-indonesia/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
July 20, 2018

Profil Negara Kroasia (Croatia)

Profil Negara Kroasia (Croatia) – Kroasia adalah sebuah negara yang terletak di benua Eropa, tepatnya di antara Selatan dan Timur benua Eropa. Negara yang secara astronomis berada diantara  42°-47°LU dan 13°-20°BT ini berbatasan dengan Slovenia dan Hongaria di sebelah utara, Serbia di sebelah timur, Bosnia Herzegovina dan Montenegro di tenggara sedangkan di sebelah Barat dayanya adalah Laut Adriatik. Ibukota Kroasia adalah kota Zagreb.

Dalam sejarahnya, wilayah yang saat ini merupakan negara Kroasia ini merupakan wilayah kekuasaan Austro-Hungaria hingga selesainya Perang Dunia I. Pada tahun 1918, Kroasia bersama dengan  Serbia dan Slovenia membentuk sebuah kerajaan yang dikenal dengan nama Kerajaan Yugoslavia. Namun setelah Perang Dunia II, Kerajaan Yugoslavia berubah menjadi Negara Komunis dibawah pimpinan Marsekal Josip Broz, alias TITO dengan sebutan Republik Sosialis Federal Yugoslavia. Pada tahun 1991, Kroasia berhasil melepaskan diri dari Republik Sosialis Federal Yugoslavia. Tanggal 25 Juni 1991 kemudian diperingati sebagai hari Kemerdekaan Kroasia dari Yugoslavia.

Kroasia memiliki luas wilayah sebesar 56.594km2 dengan penduduk sebanyak 4.292.095 jiwa berdasarkan estimasi  Juli 2017. Mayoritas penduduknya adalah etnis Kroasia (90,4%) dan etnis Serbia (4,4%). Sebagian besar penduduknya beragama Katolik Roma (86,3%) dan Ortodok (4,4%). Bahasa resmi Kroasia adalah bahasa Kroasia (Croatian). Kroasia merupakan salah satu negara di dunia ini yang mengalami pengurangan penduduk. Pada tahun 2017, Pertumbuhan penduduk Kroasia adalah -0,5%.

Sistem pemerintahaan yang dianut oleh Kroasia adalah sistem pemerintahan Republik Parlementer yang kepala negaranya adalah Presiden yang dipilih langsung oleh rakyatnya melalui Pemilihan Umum Presiden dengan masa jabatan 5 tahun (dapat dipilih kembali sebanyak 2 periode). sedangkan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri yang ditunjuk oleh Presiden dengan persetujuan Parlemen. Perdana Menteri Kroasia pada dasarnya adalah pemimpin partai politik atau pemimpin koaliasi politik terbesar di Kroasia.

Di bidang perekonomian, Kroasia memiliki Pendapatan Domestik Bruto sebesar US$100,2 miliar dengan Pendapatan perkapita sebesar US$24.100,- pada tahun 2017. Pilar utama perekonomian Kroasia adalah Pariwisata yang menyumbang sekitar 19,6% PDB Kroasia. Selain Pariwisata, Industri-industri yang penting bagi perekonomian Kroasia diantaranya seperti Industri Kimia dan Plastik, fabrikasi logam, elektronik, aluminium, kertas, produk kayu, bahan-bahan konstruksi, tekstil, pengolahan makanan dan minuman serta pengolahan minyak. Pertumbuhan ekonomi Kroasia pada tahun 2017 adalah sebesar 2,9%.

Di hubungan luar negeri, Kroasia bergabung menjadi negara anggota PBB sejak tahun 1992. Kroasia juga merupakan negara anggota dari lembaga-lembaga internasional yang berada di bawah PBB. Kroasia yang berada di kawasan benua Eropa ini juga merupakan negara anggota Uni Eropa sejak tahun 2013. Meskipun merupakan negara anggota Uni Eropa, Kroasia masih belum menggunakan mata uang Euro sebagai mata uang negaranya. Mata uang negara Kroasia adalah Kuna (HRK). Selain itu, Kroasia juga bergabung dengan NATO pada tahun 2009.
Baca juga : Negara-negara Anggota NATO.

Profil Negara Kroasia (Croatia)

Profil Negara Kroasia (Croatia)

Berikut ini adalah profil negara Kroasia (Croatia).

  • Nama Lengkap : Republik Kroasia (Republic of Croatia)
  • Nama Lokal : Republika Hrvatska
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Parlementer
  • Kepala Negara : Presiden Kolinda GRABAR-KITAROVIC (sejak 19 February 2015)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Andrej PLENKOVIC (sejak 19 Oktober 2016)
  • Ibukota : Zagreb
  • Luas Wilayah : 56.594km2
  • Jumlah Penduduk : 4.292.095 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : –0,5% (2017)
  • Suku Bangsa : Kroasia (90,4%), Serbia (4,4%) dan etnis lainnya (5,2%)
  • Agama : Katolik Roma (86,3%), Ortodoks (4,4%), Muslim (1,5%), Tidak beragama atau Ateis (3,8%), agama lainnya (2,9%)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Kroasia
  • Mata Uang : Kuna (HRK)
  • Hari Kemerdekaan : 25 Juni 1991 (dari Yugoslavia)
  • Lagu Kebangsaan : “Lijepa nasa domovino” (Our Beautiful Homeland)
  • Kode Domain Internet : .hr
  • Kode Telepon : 385
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$100,2 miliar (2017)
  • Pendapatan Per Kapita : US$24.100,- (2017)
  • Lokasi : Benua Eropa

Lambang Negara dan Bendera Negara Kroasia (Croatia)

Lambang dan Bendera Kroasia

Pembagian Wilayah Administrasi Kroasia (Croatia)

Secara administratif, Republik Kroasia terbagi atas 20 Kabupaten dan 1 Kota. Berikut ini dalah daftar 20 Kabupaten dan 1 Kota di Kroasia beserta Ibukotanya.

No Kabupaten Kursi (Ibukota)
1 Bjelovar-Bilogora Bjelovar
2 Brod-Posavina Slavonski Brod
3 Dubrovnik-Neretva Dubrovnik
4 Istria Pazin
5 Karlovac Karlovac
6 Koprivnica-Križevci Koprivnica
7 Krapina-Zagorje Krapina
8 Lika-Senj Gospić
9 Međimurje Čakovec
10 Osijek-Baranja Osijek
11 Požega-Slavonia Požega
12 Primorje-Gorski Kotar Rijeka
13 Šibenik-Knin Šibenik
14 Sisak-Moslavina Sisak
15 Split-Dalmatia Split
16 Varaždin Varaždin
17 Virovitica-Podravina Virovitica
18 Vukovar-Srijem Vukovar
19 Zadar Zadar
20 Kabupaten Zagreb Zagreb
21 Kota Zagreb Zagreb

 

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Kroasia ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*