June 16, 2019

Profil Negara Kuba (Cuba)

Profil Negara Kuba (Cuba) – Kuba adalah sebuah Negara kepulauan yang terletak di laut Karibia benua Amerika Utara. Negara yang berada diantara 19°-24°LU dan 74°-85°BB ini terdiri dari dua pulau utama yaitu pulau Kuba dan pulau Isla de la Juventud serta beberapa pulau-pulau kecil lainnya. Sebelah utara Kuba adalah Amerika Serikat (Florida) dan Bahama, sebelah timurnya adalah Haiti sedangkan sebelah baratnya adalah Meksiko. Ibukota Kuba adalah kota Havana.

Dalam sejarahnya, Kuba pernah merupakan koloni Spanyol sejak abad ke-15 hingga pada tahun 1898 dikuasai oleh Amerika Serikat dalam perang Spanyol-Amerika Serikat. Kuba mendapatkan kemerdekaan dari Amerika Serikat pada tahun 1902 dengan Perjanjian Amendemen Platt yaitu perjanjian yang memberikan pengaruh Amerika Serikat terhadap Kuba dan mengharuskan Kuba menyewakan Teluk Guantanamo kepada Amerika Serikat.

Amerika Serikat kemudian menggunakan Perjanjian Amendemen Platt ini untuk menguasai Kuba untuk yang kedua kalinya pada tahun 1906 hingga 1909. Perjanjian Amendemen Platt ini kemudian dicabut pada tahun 1934 namun penyewaan Teluk Guantanamo tetap diperpanjang hingga saat ini. Teluk Guantanamo digunakan oleh Amerika Serikat sebagain pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat dan kamp penahanan bagi tahanan yang dicurigai terlibat dengan jaringan Teroris oleh Amerika Serikat.

Luas wilayah Kuba adalah sebesar 110.860 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 11.116.396 jiwa (2018). Mayoritas penduduk Kuba adalah etnis kulit putih, etnis mulato (campuran etnis kulit putih dengan etnis kulit hitam) dan etnis kulit hitam. Sekitar 85% penduduknya adalah pemeluk agama Katolik Roma. Bahasa resmi Kuba adalah bahasa Spanyol.
Baca juga : Profil Negara Spanyol (Spain).

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Kuba adalah sistem pemerintahan satu partai yaitu partai yang menganut komunisme. Sistem pemerintahan ini sering juga disebut dengan sistem pemerintahan Negara Komunis. Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan dijabat oleh Presiden.

Di bidang perekonomian, Republik Kuba yang menganut ekonomi sosialis ini secara bertahap menerapkan reformasi ekonomi terbatas dengan memperbarui model ekonominya. Rakyat Kuba kini telah diizinkan untuk mempunyai kepemilikan pribadi serta jual-beli real estate dan kendaraan baru. Petani juga dizinkan untuk dapat menjual langsung hasil pertaniannya ke hotel dan pembentukan koperasi non-pertanian serta mengadopsi undang-undang investasi asing baru dan meluncurkan “Zona Pengembangan Khusus” di sekitar pelabuhan Mariel.

Pendapatan Domestik Bruto atau PDB Republik Kuba adalah sebesar US$137 miliar (2017) dengan pendapatan perkapita sebesar US$12.300,- (2016). Komoditi ekspor yang penting bagi perekonomian Kuba adalah Perminyakan, Nikel, produk-produk medis, gula, tabako, ikan, kopi dan jeruk. Pertumbuhan ekonomi Kuba pada tahun 2017 hanya mencapai 1,6%.

Di Hubungan luar negeri, Republik Kuba adalah negara anggota PBB dan anggota lembaga-lembaga internasional yang berada dibawah PBB seperti FAO, IAEA, ICAO, IFAD, ILO, IMO, ITU, UNESCO, UNIDO, UNWTO, UPU, WHO, WIPO dan WMO. Kuba juga merupakan Negara anggota Union Latina dan OPCW.

Profil Negara Kuba

Profil Negara Kuba (Cuba)

Berikut ini adalah Profil Negara Kuba.

  • Nama Lengkap : Republik Kuba (Republic of Cuba)
  • Nama Lokal : Republica de Cuba
  • Bentuk Pemerintahan : Negara Komunis
  • Kepala Negara : Presiden Miguel DIAZ-CANEL Bermudez (sejak 19 April 2018)
  • Kepala Pemerintahan : Presiden Miguel DIAZ-CANEL Bermudez (sejak 19 April 2018)
  • Ibukota : Havana
  • Luas Wilayah : 110.860 km2
  • Jumlah Penduduk : 11.116.396 jiwa (2018)
  • Pertumbuhan Penduduk : -0,27% (2018)
  • Angka Kelahiran : 10,6 bayi per 1000 penduduk (2018)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Spanyol
  • Agama : Katolik Roma 85%, agama lainnya 15%
  • Mata Uang : Peso Kuba (CUP)
  • Hari Kemerdekaan : 20 Mei 1902 (merdeka dari Spanyol 10 Desember 1898; Dibawah administrasi Amerika Serikat dari tahun 1898 hingga 1902)
  • Hari Nasional : 1 Januari 1959 (Hari Kemenangan Revolusi / Hari Pembebasan)
  • Lagu Kebangsaan : “La Bayamesa” (The Bayamo Song)
  • Kode Domain Internet : .cu
  • Kode Telepon : 53
  • Pendapatan Per Kapita : US$12.300,- (2016)
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$137 miliar (2017)
  • Lokasi : Benua Amerika Utara (Sub Region Karibia)

Bendera dan Lambang Negara Kuba (Cuba)

Lambang Negara Kuba dan Bendera Kuba

Pembagian Wilayah Administrasi Kuba (Cuba)

Secara Administratif, Kuba terbagi atas  15 Provinsi dan 1  Munisipalitas khusus. Berikut ini adalah daftar 15 Provinsi dan 1  Munisipalitas khusus di Kuba beserta ibukotanya.

15 Provinsi di Kuba

No. Provinsi Ibukota
1 Camagüey Camagüey
2 Ciego de Ávila Ciego de Ávila
3 Cienfuegos Cienfuegos
4 La Habana Havana
5 Granma Bayamo
6 Guantánamo Guantánamo
7 Holguín Holguín
8 Artemisa Artemisa
9 Las Tunas Las Tunas
10 Matanzas Matanzas
11 Mayabeque San José de las Lajas
12 Pinar del Río Pinar del Río
13 Sancti Spíritus Sancti Spíritus
14 Santiago de Cuba Santiago de Cuba
15 Villa Clara Santa Clara

 

1 Munisipalitas khusus

No.  Munisipalitas Ibukota
1 Isla de la Juventud Nueva Gerona

 

Sumber referensi : Data-data di Profil Negara Kuba ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*