_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/12/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/10-orang-terkaya-di-indonesia-2018/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/10-orang-terkaya-di-indonesia-2018/10-orang-terkaya-di-indonesia-2018/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
December 17, 2018

Profil Negara Lebanon

Profil Negara Lebanon – Lebanon adalah sebuah negara yang terletak di kawasan Timur Tengah, Benua Asia bagian Barat. Negara yang secara astronomis berada diantara  33°-35°LU dan 35°- 37° BT ini berbatasan dengan Suriah di sebelah timur dan utara sedangkan disebelah selatannya adalah Israel. Di sebelah Barat Lebanon adalah Laut Tengah dengan garis pantai sepanjang 225 kilometer. Ibukota Lebanon adalah Beirut.

Setelah perang dunia pertama (PD I), Perancis memperoleh mandat atas runtuhnya Kesultanan Utsmaniyah (Ottoman Empire) untuk menguasai sebagian besar wilayah Suriah dan Lebanon. Perancis kemudian mendemarkasi wilayah Lebanon pada tahun 1920 dan memberikannya kemerdekaan pada tahun 1943. Sebagai pengetahuan, demarkasi (demarcated) adalah batas pemisah yang ditetapkan oleh pihak yang sedang berperang (bersengketa) yang tidak boleh dilanggar selama gencatan senjata berlangsung. Dalam sejarahnya, Lebanon terjadi perang saudara pada tahun 1975 hingga tahun 1990 yang mengakibatkan 120.000 korban jiwa.
Baca juga : Profil Negara Perancis (France).

Luas wilayah Lebanon adalah sebesar 10.400km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 6.229.794 jiwa. Mayoritas penduduk Lebanon adalah etnis Arab (95%). Negara yang bahasa resminya adalah bahasa Arab ini memiliki 2 Agama Mayoritas yaitu agama Islam (54%) dan agama Kristen (40,5%). Lebanon merupakan salah satu negara di dunia yang mengalami penurunan jumlah penduduknya (penurunan sekitar 1.1%) karena terjadinya pengungsian penduduk dari Lebanon ke negara lainnya.

Di sistem pemerintahan, Lebanon adalah negara yang menganut sistem pemerintahan Republik Parlementer yang kepala negaranya adalah seorang Presiden sedangkan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Presiden Lebanon dipilih secara tidak langsung oleh Majelis Nasional dengan masa jabatan 6 tahun sedangkan Perdana Menteri dan Wakil Perdana Menteri  ditunjuk oleh Presiden atas konsultasi dengan Majelis Nasional.

Di bidang perekonomian, Lebanon merupakan negara yang mengadopsi ekonomi pasar bebas dengan tradisi komersial laissez-faire yang kuat. Pemerintah tidak membatasi investasi asing, namun iklim investasi kurang berkembang karena adanya korupsi, birokrasi yang panjang, keputusan perizinan yang sewenang-wenang, prosedur kepabenan yang rumit, pajak yang tinggi, tarif dan biaya yang tinggi serta lemahnya perlindungan hak kekayaan intelektual. Meskipun demikian, Lebanon masih menikmati pertumbuhan ekonomi sekitar 1% hingga 2% di hampir setiap tahunnya (2011 – 2017). Pendapatan Domestik Bruto Lebanon adalah sekitar US$87,89 milar dengan pendapatan perkapita sebesar US$19.500,-. Industri-industri yang mendukung perekonomian Lebanon adalah Perbankan, Pariwisata, Konstruksi dan properti, pengolahan makanan, wine, perhiasan, semen, tekstil, produk kimia dan mineral, produk kayu, pegolahan minyak dan fabrikasi logam.

Di hubungan luar negeri, negara yang memiliki nama lengkap Republik Lebanon ini merupakan negara anggota PBB sejak tahun 1945 dan juga lembaga-lembaga internasional yang berada di bawah PBB. Lebanon juga merupakan negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan Liga Arab (Arab League).
Baca juga : Negara-negara Liga Arab (League of Arab States).

Profil Negara Lebanon

Profil Negara Lebanon

Berikut ini adalah Profil Negara Lebanon.

  • Nama Lengkap : Republik Lebanon (Lebanese Republic)
  • Nama Lokal : Al Jumhuriyah al Lubnaniyah
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Parlementer
  • Kepala Negara : Presiden Michel AWN (sejak 31 Oktober 2016)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Saad al-HARIRI (sejak 18 Desember 2016)
  • Ibukota : Beirut
  • Luas Wilayah : 10.400km2
  • Jumlah Penduduk : 6.229.794 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : –1,10% (2017)
  • Suku Bangsa : Arab (95%), Armenia (4%), etnis lainnya (1%)
  • Agama : Islam (54%), Kristen (40,5%), Druze (5,6%)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Arab
  • Mata Uang : Pound Lebanon (LBP)
  • Hari Kemerdekaan : 22 November 1943 (dari Mandat Perancis)
  • Hari Nasional : 22 November 1943 (Hari Kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “Kulluna lil-watan” (All Of Us, For Our Country!)
  • Kode Domain Internet : .lb
  • Kode Telepon : 961
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$87,89 milar (2017)
  • Pendapatan Per Kapita : US$19.500,- (2017)
  • Pertumbuhan Ekonomi : 1,5% (2017)
  • Lokasi : Benua Asia (Timur Tengah)

 

Lambang Negara dan Bendera Negara Lebanon

Lambang Negara Lebanon dan Bendera Lebanon

Pembagian Wilayah Administrasi Lebanon

Secara Administratif, Republik Lebanon terbagi atas 8 Kegubernuran. Berikut ini adalah daftar 8 Kegubernuran Republik Lebanon beserta Ibukotanya.

No. Kegubernuran Ibukota
1 Akkar (Aakkar) Halba
2 Baalbek-Hermel Baalbek
3 Beirut (Beyrouth) Beirut
4 Beqaa (Bekaa) Zahleh
5 Mount Lebanon (Mont-Liban) Baabda
6 Nabatieh (Nabatiye) Nabatiye
7 North Lebanon (Liban-Nord) Tripoli
8 South Lebanon (Liban-Sud) Sidon

 

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Lebanon ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*