_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/10/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-bawang-bombay-manfaat-bawang-bombay-bagi-kesehatan/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-bawang-bombay-manfaat-bawang-bombay-bagi-kesehatan/bawang-bombay/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
October 22, 2018

Profil Negara Liechtenstein

Profil Negara Liechtenstein – Liechtenstein adalah sebuah Negara kecil yang terletak di benua Eropa. Negara terkurung daratan ini berada diantara dua Negara yaitu Swiss di sebelah barat dan selatannya serta Austria disebelah timur dan utaranya. Liechtenstein yang hanya memiliki luas sekitar 160km2 ini menjadikannya sebagai salah satu Negara terkecil di dunia ini. Populasi Liechtenstein yang hanya berjumlah sekitar 38.244 jiwa ini juga menjadikannya sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk paling sedikit di dunia ini. Mayoritas penduduk Liechtenstein adalah etnis Liechtenstein yang beragama Katolik Roma. Bahasa resmi Liechtenstein adalah bahasa Jerman.
Baca juga : 10 Negara Terkecil di Dunia.

Negara Kepangeranan Liechtenstein didirikan di dalam Kekaisaran Romawi Suci pada tahun 1719. Tanggal 23 Januari 1719 kemudian diperingati sebagai hari Kemerdekaan Liechtenstein.  Selama Perang Napoleon, Negara Kepangeranan ini diduduki oleh Perancis. Liechtenstein menjadi Negara yang berdaulat sepenuh pada tahun 1806 namun bergabung dengan Konfederasi Jerman pada tahun 1815. Liechtenstein kembali menjadi Negara berdaulat sepenuhnya setelah Konfederasi Jerman bubar pada tahun 1866.

Sistem Pemerintahan Liechtenstein adalah Monarki Konstitusional yang kepala negaranya adalah seorang Pangeran (Prince) yaitu Prince  HANS-ADAM II yang naik tahta sejak 13 November 1989 sedangkan Kepala Pemerintahannya adalah Perdana Menteri yang saat ini dijabat oleh Perdana Menteri  Adrian HASLER sejak 27 Maret 2013. Perdana Menteri Liechtenstein biasanya adalah pemimpin partai terbesar di Parlemen.

Meskipun merupakan salah satu negara terkecil di dunia ini, Liechtenstein yang sumber daya alam dan luas wilayahnya yang terbatas ini berkembang menjadi sebuah negara yang makmur dengan pendapatan perkapita tertinggi di dunia. Ekonomi Liechtenstein secara luas terdiversifikasi dengan sejumlah besar usaha kecil dan menengah yang bergerak di sektor jasa. Pajak bisnis yang rendah dan aturan penggabungan usaha yang mudah telah mendorong banyak perusahaan-perusahaan induk untuk mendirikan kantor nominalnya di Liechtenstein. Liechtenstein merupakan salah satu negara maju di dunia ini.

Liechtenstein bergabung dalam serikat pabean dengan Swiss dan menggunakan Franc Swiss sebagai mata uang nasionalnya. Pada Desember 2008, Liechtenstein menandatangani Perjanjian Pertukaran Informasi Pajak dengan Amerika Serikat. Kemudian pada 2015, Liechtenstein dan Uni Eropa setuju untuk menekan penggelapan dan  penghindaran pajak. Pada tahun 2018 akan mulai secara otomatis bertukar informasi tentang rekening bank dari masing-masing warga. Pendapatan Domestik Bruto atau PDB Liechtenstein adalah sebesar US$4,978 miliar (data 2014) dengan Pendapatan Perkapita sebesar US$139.100,- (data 2009).

Di hubungan luar negeri, Liechtenstein bergabung menjadi anggota PBB pada 18 September 1990. Liechtenstein juga merupakan negara anggota  bebberapa lembaga Internasional yang berada di bawah PBB seperti  IAEA, UNCTAD, UPU, WIP dan WTO.
Baca juga : Negara-negara Anggota PBB.

Profil Negara Liechtenstein

Profil Negara Liechtenstein

Berikut ini adalah Profil Negara Liechtenstein.

  • Nama Lengkap : Kepangeranan Liechtenstein (Principality of Liechtenstein)
  • Nama Lokal : Fuerstentum Liechtenstein
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional
  • Kepala Negara : Pangeran HANS-ADAM II (sejak 13 November 1989, mengambil alih kekuasaan eksekutif pada 26 Agustus 1984)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Adrian HASLER (sejak 27 Maret 2013)
  • Ibukota : Vaduz
  • Luas Wilayah : 160 km2
  • Jumlah Penduduk : 38.244jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 0,8% (2017)
  • Suku Bangsa : Liechtensteiner 66%, etnis lainnya 34% (estimasi 2013)
  • Agama : Katolik Roma (75,9%), Reformasi Protestan (6,5%), Islam (5,4%), Lutheran (1,3%), Agama Lainnya 2,9%, tidak beragama (5,4%) (estimasi 2010)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Jerman
  • Mata Uang : Franc Swiss (CHF)
  • Hari Kemerdekaan : 23 Januari 1719 (Hari terbentuknya Negara Kepangeranan Liechtenstein)
  • Lagu Kebangsaan : “Oben am jungen Rhein” (High Above the Young Rhine)
  • Kode Domain Internet : .li
  • Kode Telepon : 423
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$4,978 miliar (data 2014)
  • Pendapatan Per Kapita : US$139.100,- (data 2009)
  • Lokasi : Benua Eropa (Eropa Tengah)

Lambang Negara dan Bendera Negara Liechtenstein

Lambang Negara Liechtenstein dan Bendera Negara Liechtenstein

Pembagian Wilayah Administrasi Liechtenstein

Secara Administratif, Liechtenstein dibagi menjadi 11 Munisipalitas atau Gemeinde. Berikut ini adalah 11 Munisipalitas di Liechtenstein :

No. Munisipalitas
1 Vaduz
2 Schaan
3 Balzers
4 Triesen
5 Eschen
6 Mauren
7 Triesenberg
8 Ruggell
9 Gamprin
10 Schellenberg
11 Planken

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Liechtenstein adalah dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*