_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/11/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-albania/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-albania/negara-albania/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
November 14, 2018

Profil Negara Luksemburg (Luxembourg)

Profil Negara Luksemburg (Luxembourg) – Luksemburg adalah sebuah Negara terkurung daratan yang terletak di benua Eropa, tepatnya di Eropa bagian barat. Luksemburg merupakan salah satu negera terkecil dunia dengan Luas wilayah yang hanya sebesar 2.586 km2. Negara yang secara astronomis terletak diantara 49°-51°LU dan 5°-7°BT ini berbatasan dengan Belgia di barat dan utara. Luksemburg juga berbatasan dengan Perancis di sebelah Selatan dan Jerman disebelah Timurnya.
Baca juga : 10 Negara Terkecil di Dunia.

Negara Luksemburg didirikan pada tahun 936 dan pernah menjadi sebuah Negara kadipaten besar pada tahun 1815 dibawah kekuasaan Belanda. Pada tahun 1839, Luksemburg berhasil memperoleh kekuasaan otonomi yang lebih besar namun harus melepaskan sebagian besar wilayahnya ke Belgia. Luksemburg kemudian berhasil menjadi Negara berdaulat penuh pada tahun 1867 dengan syarat harus menjaga kenetralannya.

Sebagai salah satu Negara terkecil, jumlah penduduk Luksemburg juga tidak banyak yaitu hanya sebanyak 594.130 jiwa. Ini juga menjadikannya sebanyak salah satu Negara dengan penduduk paling sedikit di dunia. Mayoritas penduduknya adalah etnis Luksemburg (52,1%), Portugis (16%) dan Perancis (7,6%). Sebagian besar penduduknya adalah pemeluk agama Roma Katolik (70,4%). Luksemburg memiliki 4 bahasa resmi yaitu bahasa Luksemburg, bahasa Perancis, bahasa Portugis dan bahasa Jerman.

Luksemburg adalah Negara yang menganut sistem pemerintahan Monarki Konstitusional yaitu sistem pemerintahan yang kepala negaranya adalah seorang raja, namun dalam perpolitikan Luksemburg disebut dengan Haryapatih atau Grand Duke. Sedangkan kepala pemerintahan Luksemburg adalah Perdana Menteri yang biasanya adalah pemimpin partai atau koalisi politik terbesar di Luksemburg.

Di bidang perekonomian, Luksemburg merupakan salah satu Negara maju di dunia dengan Pendapatan perkapita sebesar US$106,300 dan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) sebesar US$62,73 miliar pada tahun 2017. Luksemburg merupakan Negara terkurung daratan yang memiliki ekonomi yang stabil, inflasi rendah, pengangguran rendah dan penduduk yang berpenghasilan tinggi. Luksemburg termasuk sebagai salah satu Negara terkaya di dunia berdasarkan Pendapatan perkapitanya.

Di hubungan luar negeri, Luksemburg yang sebelumnya merupakan Negara Netral akhirnya bergabung dengan NATO pada tahun 1949 dan berpihakan ke barat. Pada tahun 1957, Luksemburg bersama dengan 5 negara Eropa lainnya membentuk sebuah organisasi yang disebut dengan Masyarakat Ekonomi Eropa atau European Economic Community (EEC) yang pada dasarnya adalah organisasi awal terbentuk Uni Eropa. Sebagai Negara berdault, tentunya Luksemburg juga bergabung sebagai Negara anggota PBB dan lembaga-lembaga internasional lainnya yang berada di bawah PBB. Luksemburg juga adalah Negara anggota OECD, Benelux dan OPCW.
Baca juga : Negara-negara Anggota Uni Eropa (European Union).

Profil Negara Luksemburg (Luxembourg)

Profil Negara Luksemburg (Luxembourg)

Berikut ini adalah Profil Negara Luksemburg (Luxembourg).

  • Nama Lengkap : Keharyapatihan Luksemburg (Grand Duchy of Luxembourg)
  • Nama Lokal : Grand Duche de Luxembourg
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional
  • Kepala Negara : Haryapati HENRI (sejak 7 Oktober 2000)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Xavier BETTEL (sejak 4 Desember 2013)
  • Ibukota : Luksemburg
  • Luas Wilayah : 2.586 km2
  • Jumlah Penduduk : 594.130 jiwa (2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 1,98% (2017)
  • Suku Bangsa : Luksemburg (52,1%), Portugis (16%), Perancis (7,6%), Italia (3,6%), Belgia (3,4%), Jerman (2,2%), Spanyol (1,1%), Britania Raya (1%), etnis lainnya (13%)
  • Agama : Katolik Roma 70.4%, Muslim (2,3%), agama lainnya 0,5%, tidak beragama (26,8%)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Luksemburg, bahasa Perancis, bahasa Portugis dan bahasa Jerman.
  • Mata Uang : Euro (EUR)
  • Hari Kemerdekaan : 1839 (dari Belanda)
  • Hari Nasional : 23 Juni  (Hari Ulang Tahun Haryapati HENRI)
  • Lagu Kebangsaan : “Ons Heemecht” (Our Motherland); “De Wilhelmus” (The William)
  •  Kode Domain Internet : .lu
  • Kode Telepon : 352
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$62,73 miliar (2017)
  • Pendapatan Per Kapita : US$106,300 (2017)
  • Lokasi : Benua Eropa (Eropa Barat)

Lambang Negara dan Bendera Negara Luksemburg

Lambang Negara Luksemburg dan Bendera Luksemburg

Pembagian Wilayah Administrasi Luksemburg

Secara administratif, Luksemburg terbagi atas 12 Kanton. Berikut ini adalah daftar 12 Kanton di Luksemburg.

No. Kanton
1 Capellen
2 Clervaux
3 Diekirch
4 Echternach
5 Esch-sur-Alzette
6 Grevenmacher
7 Luxembourg
8 Mersch
9 Redange
10 Remich
11 Vianden
12 Wiltz

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Luksemburg ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*