_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2019/04/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/10-bank-terbesar-di-dunia/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/10-bank-terbesar-di-dunia/10-bank-terbesar-di-dunia/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
April 25, 2019

Profil Negara Nikaragua (Nicaragua)

Profil Negara Nikaragua (Nicaragua) – Nikaragua adalah sebuah Negara yang terletak di benua Amerika Utara, sub region Amerika Tengah. Secara geografis, Nikaragua berbatasan darat dengan dua Negara yaitu berbatasan dengan Honduras di sebelah utaranya dan Kostarika di sebelah Selatan. Sedangkan disebelah timurnya adalah Laut Karibia dan disebelah baratnya adalah Samudera Pasifik. Ibukota Nikaragua adalah kota Managua.

Dalam sejarahnya, wilayah Nikaragua pernah ditaklukkan oleh kekaisaran Spanyol dan menjadi koloni Spanyol pada awal abad ke-16. Nikaragua memperoleh kemerdekaan dari Spanyol pada tahun 1821. Sedangkan Pesisir Miskito atau Mosquito Coast yang saat ini juga menjadi wilayah Nikaragua dikuasai oleh Inggris hingga tahun 1894. Tetapi pada tahun 1960, Mahkamah Internasional memutuskan untuk menyerahkan bagian utara pesisir Miskito ke Honduras.

Sejak kemerdekaannya, Nikaragua telah mengalami periode kerusuhan, kediktatoran dan krisis fiskal hingga mengarahkannya ke Revolusi Nikaragua pada tahun 1960-an dan 1970-an serta terjadinya Perang Kontra pada tahun 1980-an yang menumbangkan dinasti politik Somoza di Nikaragua.

Luas wilayah Nikaragua adalah sebesar 130.370 km2dengan jumlah penduduk sebanyak 6.085.213 jiwa. Pertumbuhan penduduk Nikaragua adalah 0,97%. Mayoritas penduduk Nikaragua adalah etnis Mestizo yaitu etnis campuran Amerika Indian dengan etnis kulit putih yang berjumlah sekitar 69%. Sebagian besar populasi Nikaragua memeluk agama Katolik Roma 50% dan Evangelical 33,2%. Bahasa resmi Nikaragua adalah bahasa Spanyol.
Baca juga : Profil Negara Spanyol.

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Nikaragua adalah sistem pemerintahan Republik Presidensil yang kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah Presiden. Presiden Nikaragua dipilih secara langsung untuk masa jabatan 5 tahun dan dapat dipilih kembali (tidak ada batas periode jabatan). Nikaragua juga merupakan negara multipartai yang terdiri dari sekitar 5 partai utama. Parlemen Nikaragua atau Majelis Nasionalnya terdiri dari 92 kursi yang menjabat selama 5 tahun.

Di bidang perekonomian, Nikaragua merupakan negara termiskin di sub region Amerika Tengah dengan memiliki tingkat pengangguran dan kemiskinan yang tinggi. Pertumbuhan PDB yang mencapai 4,9% pada tahun 2017 tidak cukup untuk membuat perbedaan yang signifikan pada rakyat Nikaragua. Tekstil dan produk pertanian menyumbang sekitar 50% dari ekspor Nikaragua. 3 komoditas utama ekspor Nikaragua adalah daging sapi, kopi dan emas. Pendapatan Domestik Bruto atau PDB Nikaragua adalah US$36,4 miliar dengan Pendapatan perkapita sebesar US$5.900,- pada tahun 2017.

Di hubungan luar negeri, Nikaragua bergabung menjadi anggota PBB pada 24 Oktober 1945. NIkaragua juga merupakan negara anggota lembaga-lembaga internasional yang berada dibawa PBB seperti FAO, IAEA, IMF, WHO, ILO,IMO, UPU, UNWTO, UNIDO, WIPO, ICAO, ITU, UNESCO dan IFAD. Selain PBB, Nikaragua juga bergabung dengan organisasi regional seperi Uni Latina, Petrocaribe dan BCIE (Bank Amerika Tengah untuk Integrasi Ekonomi).
Baca juga : Daftar Negara Anggota PBB.

Profil Negara Nikaragua (Nicaragua)

Profil Negara Nikaragua (Nicaragua)

Berikut dibawah ini adalah Profil Negara Nikaragua

  • Nama Lengkap : Republik Nikaragua (Republic of Nicaragua)
  • Nama Lokal: Republica de Nicaragua
  • Bentuk Pemerintahan : semi Republik Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Jose Daniel ORTEGA Saavedra (sejak 10 Januari 2007)
  • Kepala Pemerintahan : Presiden Jose Daniel ORTEGA Saavedra (sejak 10 Januari 2007)
  • Ibukota : Managua
  • Luas Wilayah : 130.370 km2
  • Jumlah Penduduk : 6.085.213 jiwa (2018)
  • Pertumbuhan Penduduk : 0,97% (2018)
  • Angka Kelahiran :17,5 bayi per 1000 penduduk
  • Bahasa Resmi : Bahasa Spanyol
  • Agama :Katolik Roma 50%, Evagelical 33,2%, Agama lainnya 2,9%, tidak diketahui 13,2%, tidak beragama 0,7% (data 2017)
  • Mata Uang : Cordoba (NIO)
  • Hari Kemerdekaan: 15 September 1821 (dari Spanyol)
  • Hari Nasional : 15 September 1821 (hari kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “Salve a ti, Nicaragua” (Hail to Thee, Nicaragua)
  • Kode Domain Internet : .ni
  • Kode Telepon : 505
  • Pendapatan Per Kapita : US$5.900,- (2017)
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$36,4 miliar
  • Lokasi :Benua Amerika Utara (Sub Region Amerika Tengah)

Bendera dan Lambang Negara Nikaragua

Lambang Nikaragua dan Bendera Nikaragua

Pembagian Wilayah Administrasi Nikaragua

Secara administratif, Nikaragua terbagi atas 15 Departemen dan 2 daerah otonomi. Berikut ini adalah 15 Departemen dan 2 Daerah Otonomi di Nikaragua beserta ibukotanya.

Daftar 15 Departemen di Nikaragua

No. Departemen Ibukota
1 Boaco Boaco
2 Carazo Jinotepe
3 Chinandega Chinandega
4 Chontales Juigalpa
5 Estelí Estelí
6 Granada Granada
7 Jinotega Jinotega
8 León León
9 Madriz Somoto
10 Managua Managua
11 Masaya Masaya
12 Matagalpa Matagalpa
13 Nueva Segovia Ocotal
14 Rivas Rivas
15 Río San Juan San Carlos

 

Daftar 2 Daerah Otonomi di Nikaragua

No. Daerah Otonomi Ibukota
1 Atlántico Norte North Caribbean Coast Bilwi
2 Atlántico Sur South Caribbean Coast Bluefields

 

Sumber referensi : Data-data di Profil Negara Nikaragua dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*