_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/11/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-albania/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-albania/negara-albania/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
November 14, 2018

Profil Negara Norwegia (Norway)

Profil Negara Norwegia (Norway) – Norwegia adalah sebuah negara kerajaan yang terletak di bagian utara benua Eropa, tepatnya di semenanjung Skandinavia Eropa. Negara yang secara astronomisnya berada diantara  57°-81°LU dan 4°-32° BT ini berbatasan darat dengan Swedia, Finlandia dan Rusia disebelah timurnya. Sedangkan disebelah utara Norwegia adalah Laut Barents dan di sebelah baratnya adalah laut Norwegia. Di selatan Norwegia adalah Kepulauan  Skagerrak. Titik tertinggi Norwegia adalah Galdhøpiggen dengan ketinggian sekitar 2.469 meter dari permukaan laut.

Dalam sejarahnya, Norwegia pernah bersatu dengan Kerajaan Denmark selama 4 abad yaitu dari tahun 1397 hingga tahun 1814. Namun setelah penyerangan Kerajaan Inggris Raya ke Denmark-Norwegia pada pertempuran Kopenhagen yang menyebabkan kekalahan Kerajaan Denmark. Dengan terpaksa, Kerajaan Denmark menyerahkan Norwegia ke Kerajaan Sweedia pada tahun 1814. Norwegia kemudian mengambil kesempatan ini untuk mendeklarasikan kemerdekaannya dengan mengadopsi sebuah konstitusi berdasarkan model Amerika-Perancis serta memilih Putera Mahkota Denmark dan Norwegia yaitu  Christian Frederick sebagai Rajanya pada tanggal 17 Mei 1814. Tanggal tersebut kemudian diperingati sebagai Hari Konstitusi Norwegia.

Sweedia yang tidak menyetujui pendeklarasian tersebut kemudian melakukan penyerangan terhadap Norwegia dan memasukan Norwegia sebagai bagian dari Kerajaan Swedia namun tetap mengizinkan Norwegian menggunakan Konstitusinya. Seiring dengan semakin meningkatnya nasionalisme rakyatnya pada abad ke-19, Norwegia kemudian menyelenggarakan referendum yang menyatakan kemerdekaannya dan resmi berpisah dengan Kerajaan Swedia pada tahun 1905. 7 Juni 1905 kemudian diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Norwegia yaitu hari berpisahnya dengan Kerajaan Swedia.

Pada perang dunia I dan perang dunia II, Norwegia mengambil keputusan untuk menjadi negara netral dalam peperangan. Namun keputusan tersebut membuat Norwegia mengalami kerugian besar dan diduduki oleh Nazi Jerman selama 5 tahun (1940-1945). Pada tahun 1949, Norwegia meninggalkan politik luar negeri netralnya dan memilih bergabung dengan NATO.
Baca juga : Negara-negara Anggota NATO.

Luas wilayah Norwegia adalah sebesar 323.802 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 5.320.045 jiwa. Sekitar 83,2% penduduk Norwegia adalah etnis Norwegia yang beragama Kristen Protestan dengan mayoritas mereka merupakan anggota dari Gereja Lutheran Norwegia (71,5%) dan Roma Katolik (2,8%). Bahasa resmi yang digunakan oleh Norwegia adalah Bokmal Norwegian dan Nynorsk Norwegian.

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Norwegia adalah sistem pemerintahan Konstitusi Monarki Parlementer yaitu sistem pemerintahan yang kepala negaranya adalah seorang Raja dan kepala pemerintahannya adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri Norwegia biasanya adalah pemimpin dari Partai Mayoritas atau Koalisi Mayoritas.

Di bidang perekonomian, Kerajaan Norwegia merupakan negara maju yang memiliki ekonomi yang stabil dengan sektor swasta yang dinamis. Negara ini kaya akan sumber daya alam seperti minyak dan gas alam, pembangkit listrik tenaga air, ikan, hutan dan mineral. Norwegia merupakan negara pengekspor makanan laut terbesar kedua di dunia setelah China. Pendapatan Domestik Bruto atau PDB Norwegia adalah sebesar US$ 364,5 miliar dengan pendapat perkapita sebesar US$ 69.400,-.

Di hubungan luar negeri, meskipun terletak di benua Eropa, saat ini Norwegia bukanlah negara anggota Uni Eropa. Norwegia keluar dari Uni Eropa melalui referendum pada bulan November 1994. Namun seperti negara-negara berdaulat lainnya, Norwegia adalah negara anggota PBB dan lembaga-lembaga internasional yang berada dibawaah PBB. Norwegia juga merupakan negara anggota OECD, NATO, OPCW (Organisasi Pelarangan Senjata Kimia), OSCE (Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa) dan EEA (Wilayah Ekonomi Eropa).

Profil Negara Norwegia (Norway)

Profil Negara Norwegia (Norway)

Berikut ini adalah Profil Negara Norwegia atau lebih lengkap disebut dengan Kerajaan Norwegia.

  • Nama Lengkap : Kerajaan Norwegia (Kingdom of Norway)
  • Nama Lokal : Kongeriket Norge
  • Bentuk Pemerintahan : Konstitusi Monarki Parlementer
  • Kepala Negara : Raja HARALD V (sejak 17 Januari 1991)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Erna SOLBERG (sejak 16 Oktober 2013)
  • Ibukota : Oslo
  • Luas Wilayah : 323.802 km2
  • Jumlah Penduduk : 5.320.045 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 1,01% (2017)
  • Angka Kelahiran : 12,2 bayi per 1000 penduduk (2017)
  • Suku Bangsa/Etnis : Etnis Norwegia 83.2% (termasuk sekitar 60.000 suku Sami), etnis Eropa lainnya 8.3%, etnis lainnya 8.5% (estimasi 2017)
  • Bahasa Resmi : Bokmal Norwegian dan Nynorsk Norwegian
  • Agama : Gereja Norwegia (Evangelical Lutheran)  71.5%, Katolik Roma 2.8%, agama Kristen lainnya 3.9%, Islam 2.8%, agama lainnya 2% (estimasi 2016)
  • Mata Uang : Krone Norwegia (NOK)
  • Hari Kemerdekaan : 7 Juni 1905 (berpisah dengan Kerajaan Swedia)
  • Hari Nasional : 17 Mei 1814 (Hari Konstitusi)
  • Lagu Kebangsaan : “Ja, vi elsker dette landet” (Yes, We Love This Country)
  • Kode Domain Internet : .no
  • Kode Telepon : 47
  • Pendapatan Per Kapita : US$ 69.400,- (2017)
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$ 364,5 miliar (2017)
  • Lokasi : Benua Eropa

Lambang Negara dan Bendera Kerajaan Norwegia

Lambang Negara dan Bendera Kerajaan Norwegia

Pembagian Wilayah Administrasi Norwegia (Norway)

Secara administratif, Kerajaan Norwegia terbagi atas 19 County (Fylker). Berikut ini adalah 19 County atau Fylker di Kerajaan Norwegia beserta Ibukotanya.

No. Nama Region Ibukota
1 Østfold Sarpsborg
2 Akershus Oslo
3 Oslo City of Oslo
4 Hedmark Hamar
5 Oppland Lillehammer
6 Buskerud Drammen
7 Vestfold Tønsberg
8 Telemark Skien
9 Aust-Agder Arendal
10 Vest-Agder Kristiansand
11 Rogaland Stavanger
12 Hordaland Bergen
13 Sogn og Fjordane Leikanger
14 Møre og Romsdal Molde
15 Sør-Trøndelag Trondheim
16 Nord-Trøndelag Steinkjer
17 Nordland Bodø
18 Troms Tromsø
19 Finnmark Vadsø

 

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Norwegia (Norway) ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*