_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/09/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-amerika-serikat-united-states-amerika/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-amerika-serikat-united-states-amerika/lambang-negara-amerika-serikat-dan-bendera-amerika-serikat/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
September 25, 2018

Profil Negara Oman

Profil Negara Oman – Oman adalah sebuah negara yang terletak di Benua Asia, tepatnya di pesisir tenggara Jazirah Arab Asia Barat Daya atau lebih terkenal disebut dengan kawasan Timur Tengah. Negara yang secara astronomisnya berada diantara  16°-28°LU dan 52°-60°BT ini berbatasan dengan Arab Saudi di sebelah Barat, Yaman disebelah barat daya dan Uni Emirat Arab di sebelah barat lautnya. Sedangkan disebelah tenggara adalah Laut Arab dan disebelah timur lautnya adalah Teluk Oman.

Pada akhir abad ke-17, Oman merupakan sebuah kesultanan kuat yang bersaing dengan Portugal dan Inggris untuk pengaruh di Teluk Persia dan Samudera Hindia. Pada puncaknya yaitu abad ke-19, Kesultanan Oman memiliki pengaruh yang luas dan kendali terhadap dari selat Hormuz hingga ke Iran dan Pakistan bahkan hingga ke kepulauan Zanzibar (Kepulauan di sebelah timur pesisir Afrika). Namun kekuatan Kesultanan Oman tersebut menurun pada abad ke-20 dan menjadikannya sebagai salah satu kesultanan yang dipengaruh oleh Britania Raya (Inggris Raya). Meskipun demikian, Kesultan Oman tidak pernah menjadi negara protektorat atau koloni Britania Raya.

Sistem Pemerintahan yang dianut oleh Oman adalah sistem pemerintahan Monarki Absolut yaitu sistem pemerintahan yang kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah seorang Sultan atau Raja. Sultan Oman saat ini adalah Sultan QABOOS bin Said Al-Said yang berkuasa sejak tahun 1970. Sultan QABOOS bin Said Al-Said merupakan penguasa saat ini yang paling lama menjabat di Timur Tengah. Ibukota Oman adalah kota Muscat.

Luas wilayah Oman adalah sebesar 309.500 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 4.613.241 jiwa. Mayoritas penduduk Oman adalah etnis Arab yang beragama Islam. Bahasa resmi Kesultanan Oman adalah bahasa Arab. Pertumbuhan penduduk Oman adalah sebesar 2.03%.

Di bidang Perekonomian, Oman sangat tergantung pada sumber daya minyak dan gas yang menyumbangkan sekitar 68% hingga 85% (tergantung fluktuasi harga komoditas minyak dan gas) dari pendapatan pemerintah. Pada tahun 2016, harga minyak global yang rendah menyebabkan defisit anggaran Oman menjadi US$13,8 miliar atau sekitar 20% dari PDB Oman. Defisit tersebut diperkirakan akan berkurang menjadi 12% dari PDB pada tahun 2017 setelah Oman mengurangi subsidi pemerintah. Sejak Januari 2018, Oman memiliki aset luar negeri yang cukup untuk mendukung nilai tukar mata uangnya yang tetap. Dengan demikian, Oman dapat menutupi defisitnya.

Saat ini Oman sedang mengejar rencana pembangunan yang berfokus pada diversifikasi, industrialisasi, dan privatisasi dengan tujuan untuk mengurangi kontribusi sektor minyak terhadap PDB. Komponen kunci dari strategi diversifikasi pemerintah Oman ini adalah pariwisata, pengiriman dan logistik, pertambangan, manufaktur, dan budidaya. Pada tahun 2017, Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Oman adalah sebesar US$186,6 miliar dengan Pendapatan Perkapitas sebesar US$45.200,-.

Di hubungan luar negeri, Oman adalah negara anggota PBB dan lembaga-lembaga Internasional lainnya yang berada di bawah PBB. Oman juga merupakan negara anggota Liga Arab, Dewan Kerjasama untuk Negara Arab di Teluk dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI).
Baca juga : Negara Anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Profil Negara Oman

Profil Negara Oman

Berikut ini adalah Profil Negara Oman.

  • Nama Lengkap : Kesultanan Oman (Sultanate of Oman)
  • Nama Lokal : Saltanat Uman
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Absolut
  • Kepala Negara : Sultan QABOOS bin Said Al-Said (Sultan sejak 23 July 1970 dan Perdana Menteri sejak 23 Juli 1972)
  • Kepala Pemerintahan : Sultan QABOOS bin Said Al-Said (Sultan sejak 23 July 1970 dan Perdana Menteri sejak 23 Juli 1972)
  • Ibukota : Muscat
  • Luas Wilayah : 309.500 km2
  • Jumlah Penduduk : 4.613.241 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 2.03% (2017)
  • Suku Bangsa : Arab, Baluchi, Asia Selatan (India, Pakistan, Sri Lanka, Bangladesh) dan etnis Africa
  • Agama : Islam 85.9%, Kristen 6.5%, Hindu 5.5%, Buddha 0.8%, Yahudi <0.1%,  agama lainnya 1% (estimasi di tahun 2010)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Arab
  • Mata Uang : Rial Oman (OMR)
  • Hari Kemerdekaan : 1650 (pengusiran orang-orang Portugal)
  • Hari Nasional : 18 November 1940 (Hari Ulang Tahun Sultan QABOOS bin Said Al-Said)
  • Lagu Kebangsaan : “Nashid as-Salaam as-Sultani” (The Sultan’s Anthem)
  • Kode Domain Internet : .om
  • Kode Telepon : 968
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$186,6 miliar (2017)
  • Pendapatan Per Kapita : US$45.200,- (2017)
  • Lokasi : Benua Asia (Asia Barat Daya / kawasan Timur Tengah)

Lambang Negara dan Bendera Negara Oman

Lambang dan Bendera Oman

 

Pembagian Wilayah Administrasi Oman

Secara administratif, Oman terbagi atas 11 kegubernuran sejak 28 Oktober 2011. Berikut ini adalah 11 Kegubernuran Oman beserta kota utamanya.

No. Kegubernuran Ibukota
1 Ad Dakhiliyah Nizwa
2 Ad Dhahirah Ibri
3 Al Batinah North Sohar
4 Al Batinah South Rustaq
5 Al Buraymi Al Buraymi
6 Al Wusta Haima (Hayma)
7 Ash Sharqiyah North Ibra
8 Ash Sharqiyah South Sur
9 Dhofar Salalah
10 Muscat Masqat
11 Musandam Khasab

 

Sumber referensi : Data Profil Negara Oman ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*