_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/11/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-albania/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-albania/negara-albania/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
November 14, 2018

Profil Negara Palau

Profil Negara Palau – Palau adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di bagian barat samudera pasifik, sebuah kawasan yang biasanya digolongkan sebagai kawasan benua Oseania. Negara yang memiliki sekitar 340 pulau ini berbatasan laut dengan Indonesia, Filipina dan Federasi Mikronesia. Pulau-pulau yang paling padat penduduknya adalah pulau Angaur, Babeldaob, Koror dan Peleliu. Sekitar dua pertiga penduduknya tinggal di pulau Koror. Ibukota Palau, yaitu kota Ngerulmud terletak di pulau Babeldaob.

Pada Perang Dunia II, Amerika Serikat merebut kepulauan Palau dari Jepang pada tahun 1944 setelah terjadi perang Peleliu yang menewaskan puluhan ribu orang (sekitar 2.000 orang Amerika Serikat dan 10.000 orang Jepang). Pada tahun 1945-1946, Amerika Serikat kembali mengambil kendali terhadap Filipina dan mengelola kepulauan Palau melalui Ibukotanya Filipina yaitu kota Manila. Setelah Filipina mendapatkan kemerdekaan pada 4 Juli 1946, pengendalian Palau ini kemudian dipindahkan ke Guam. Palau mendapatkan kemerdekaan pada 1 Oktober 1994 setelah tiga dekade berada dibawah Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik PBB yang diperintah Amerika Serikat. Tanggal 1 Oktober 1994 kemudian diperingati sebagai hari Kemerdekaan Palau.

Luas wilayah Palau adalah sebesar 459 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 21,431 jiwa (estimasi Juli 2017). Jumlah penduduk ini menjadikannya sebagai Negara yang memiliki penduduk paling sedikit di dunia. Mayoritas penduduk Palau adalah etnis Palau (etnis mikronesia dari campuran Melayu dan Melanesia). Sebagian besar penduduk Palau menganut agama Katolik Roma (45,3%) dan Protestan (34,9%). Terdapat dua bahasa resmi di Palau yaitu bahasa Palau dan bahasa Inggris.

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Palau adalah sistem pemerintahan Republik Presidensial dalam asosiasi bebas dengan Amerika Serikat. Presiden Palau yang berfungsi sebagai kepala Negara dan kepala pemerintah ini dipilih secara langsung oleh rakyatnya untuk masa jabatan 5 tahun. Palau tidak memiliki militer yang independen dan sangat tergantung pada militer Amerika Serikat dalam hal pertahanan. Dalam perjanjiannya dengan Amerika Serikat, militer Amerika Serikat diberikan kebebasan akses ke pulau-pulau milik Republik Palau selama 50 tahun.
Baca juga : Profil Negara Amerika Serikat.

Di bidang perekonomian, Republik Palau sangat tergantung pada pariwisata, pertanian dan perikanan. Pemerintah merupakan pemberi pekerjaan utama terutama pada angkatan kerja yang mengandalkan bantuan keuangan dari Amerika Serikat dibawah kerjasama Compact of Free Association (Compact). Amerika Serikat menyediakan bantuan dana sebesar US$700 juta untuk 15 tahun pertama setelah dimulainya kerjasama Compact of Free Association (Compact) pada 1 Oktober 1994 dengan imbalan akses tidak terbatas ke wilayah dan saluran air untuk tujuan strategis. Pendapatan Domestik Bruto atau PDB Palau adalah sebesar US$291 juta pada tahun 2017 dengan pendapatan perkapita sebesar US$16.200,-.

Di hubungan luar negeri, Republik Palau bergabung dengan PBB pada 15 Desember 1994, Palau juga merupakan Negara anggota lembaga-lembaga Internasional yang berada PBB seperti WHO, FAO, ICAO, ILO, IMO, UNAMID, UNCTAD dan UNESCO. Selain itu, Palau juga merupakan Negara anggota AOSIS (Alliance of Small Island States), OPCW (Organisation for the Prohibition of Chemical Weapons) dan ACP (African, Caribbean and Pacific Group of States).

Profil Negara Palau

Profil Negara Palau

Berikut ini adalah profil Negara Palau.

  • Nama Lengkap : Republik Palau (Republic of Palau)
  • Nama Lokal : Beluu er a Belau
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil dalam Asosiasi bebas Amerika Serikat
  • Kepala Negara : President Tommy REMENGESAU (sejak 17 Januari 2013)
  • Kepala Pemerintahan : President Tommy REMENGESAU (sejak 17 Januari 2013)
  • Ibukota : Ngerulmud
  • Luas Wilayah : 459 km2
  • Jumlah Penduduk : 21,431 jiwa (2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 0,39% (2017)
  • Suku Bangsa : Etnis Palau (etnis mikronesia dari campuran Melayu dan Melanesia) 73%, Carolinian 2%, Asia 21,7%, Kaukasoid 1,2%, etnis lainnya 2,1%
  • Agama : Katolik Roma 45,3%, Protestan 34,9%, Modekngei 5.7%, Islam 3%, Mormon 1,5%  dan agama lainnya 9,7% (estimasi  2015)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Palau, Bahasa Inggris
  • Mata Uang : Dolar Amerika Serikat (USD)
  • Hari Kemerdekaan : 1 October 1994 (dari Amerika Serikat, Perwalian PBB)
  • Hari Nasional : 9 Juli 1981 (Hari Konstitusi)
  • Lagu Kebangsaan : “Belau rekid” (Our Palau)
  •  Kode Domain Internet : .pw
  • Kode Telepon : 680
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$291 juta (2017)
  • Pendapatan Per Kapita : US$16.200,- (2017)
  • Lokasi : Benua Oseania (Samudera Pasifik)

Lambang Negara dan Bendera Negara Republik Palau

Lambang dan Bendera Republik Palau

 

Pembagian Wilayah Administrasi Republik Palau

Secara Administratif, Republik Palau terbagi atas 16 Negara Bagian yang disebut dengan State. Berikut ini adalh 16 State di Republik Palau.

No. State
1 Aimeliik
2 Airai
3 Angaur
4 Hatohobei
5 Kayangel
6 Koror
7 Melekeok
8 Ngaraard
9 Ngarchelong
10 Ngardmau
11 Ngaremlengui
12 Ngatpang
13 Ngchesar
14 Ngiwal
15 Peleliu
16 Sonsorol

 

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Palau ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*