_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/05/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-bahrain/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-bahrain/negara-bahrain/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
May 22, 2018

Profil Negara Polandia (Poland)

Profil Negara Polandia (Poland) – Polandia adalah sebuah negara yang terletak di benua Eropa, tepatnya di Benua Eropa bagian Tengah. Polandia yang secara astronomis berada di antara 49°-55°LU dan 14°-25°BT ini berbatasan dengan Jerman disebelah barat, Ceko dan Slowakia di sebelah selatan, Rusia dan Lituania disebelah timur serta Belarus dan Ukraina di sebelah barat. Ibukota Polandia adalah Warsaw.

Dalam sejarahnya, Polandia pernah diinvasi oleh Jerman pada 1 September 1939 dan juga invasi Uni Soviet pada 17 September 1939. Invasi kedua negara tersebut mengakibatkan Polandia terbagi menjadi dua zona yang satunya dikuasai oleh Nazi Jerman dan yang satunya lagi dikuasai oleh Republik Sosialis Soviet. Setelah Perang Dunia kedua, Republik Rakyat Polandia didirikan sebagai negara satelit dibawah pengaruh Uni Soviet. Namun pada tahun 1989, melalui gerakan solidaritas rakyatnya, Polandia merubah sistem pemerintahannya menjadi negara republik yang demokratis.

Saat ini, Polandia merupakan negara yang menganut sistem pemerintahan Republik Parlementer yaitu sistem pemerintahan yang kepala negaranya adalah Presiden dan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Presiden Polandia dipilih melalui pemilihan langsung Presiden dengan masa jabatan 5 tahun (dapat dipilih kembali hingga 2 periode) sedangkan Perdana Menteri Polandia ditunjuk oleh Presiden atas persetujuan dari Sejm yaitu Majelis Rendah Parlemen Polandia. Biasanya, Perdana Menteri Polandia adalah pemimpin koalisi terbesar di Majelis Rendah Parlemen Polandia atau Sejm.

Polandia memiliki luas wilayah sebesar 312.685km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 38.476.269 jiwa. Mayoritas penduduknya adalah beretnis Polandia yang disebut dengan Polish. Sekitar 87,2% penduduk Polandia adalah pemeluk agama Katolik. Bahasa resmi Polandia adalah bahasa Polandia (Polish). Pada tahun 2017, Jumlah Penduduk negara yang memiliki bendera berwarna putih merah ini mengalami penurunan yaitu sekitar -0,13%.

Polandia merupakan negara dengan ekonomi terbesar keenam di Uni Eropa dan merupakan satu-satunya negara Uni Eropa yang berhasil menghindari resesi yang terjadi pada perlambatan ekonomi tahun 2008 hingga 2009. Polandia memiliki kinerja ekonomi yang sangat baik pada tahun 2014 hingga 2017. Hampir setiap tahun pertumbuhan ekonominya melebihi 3%. Pendapatan Domestik Bruto Polandia adalah sebesar US$ 1,111 triliun pada tahun 2017 dengan Pendapatan Perkapita sebesar US$29.300,-. Industri-industri yang menjadi tulang punggung perekonomian Polandia adalah industri permesinan, besi dan baja, pertambangan batu bara, industri kimia, perkapalan, kaca, tekstil, pengolahan makanan dan minuman.

Di hubungan luar negeri, Republik Polandia merupakan negara anggota PBB dan juga negara anggota beberapa lembaga internasional yang berada dibawah PBB. Polandia masuk sebagai anggota NATO pada tahun 1999 dan bergabung ke Uni Eropa pada tahun 2004. Polandia juga merupakan negara anggota OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) dan OPCW (Organisation for the Prohibition of Chemical Weapons).
Baca juga : Negara-negara Anggota NATO.

Profil Negara Polandia (Poland)

Profil Negara Polandia (Poland)

Berikut ini adalah beberapa data Profil Negara Polandia (Poland).

  • Nama Lengkap : Republik Polandia (Republic of Poland)
  • Nama Lokal : Rzeczpospolita Polska
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Parlementer
  • Kepala Negara : Presiden Andrzej DUDA (sejak 6 Agustus 2015)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Mateusz MORAWIECKI (sejak 11 Desember 2017)
  • Ibukota : Warsaw
  • Luas Wilayah : 312.685km2
  • Jumlah Penduduk : 38.476.269 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : -0,13% (2017)
  • Suku Bangsa : Polandia 96,9%, Silesia 1,1%, Jerman 0,2%, Ukraina 0,1%, etnis lainnya 1,7%
  • Agama : Katolik 87,2%, Ortodok 1,3%, Protestan 0,4%, agama lainnya 0,4%, tidak beragama 10,8%
  • Bahasa Resmi : Bahasa Polandia
  • Mata Uang : Zloty Polandia (PLN)
  • Hari Kemerdekaan : 11 November 1918 (Hari Proklamasi Republik); 1 Juli 1569 (Hari Pembentukan Persemakmuran Polandia – Lituania)
  • Hari Nasional : 3 Mei 1791 (Hari Konstitusi)
  • Lagu Kebangsaan : “Mazurek Dabrowskiego” (Dabrowski’s Mazurka)
  • Kode Domain Internet : .pl
  • Kode Telepon : 48
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$ 1,111 triliun (2017)
  • Pendapatan Per Kapita : US$29.300,- (2017)
  • Lokasi : Benua Eropa

Lambang Negara dan Bendera Negara Polandia

Lambang Negara Polandia dan Bendera Negara Polandia

Pembagian Wilayah Administrasi Polandia

Secara Administratif, Republik Polandia terbagi atas 16 Provinsi. Berikut ini adalah 16 Provinsi di Republik Polandia beserta Ibukotanya.

No.

Nama Provinsi

Ibukota

1 Greater Poland Poznań
2 Kuyavian-Pomeranian Bydgoszcz / Toruń
3 Lesser Poland Kraków
4 Łódź Łódź
5 Lower Silesian Wrocław
6 Lublin Lublin
7 Lubusz Gorzów Wielkopolski / Zielona Góra
8 Masovian Warsaw
9 Opole Opole
10 Podlaskie Białystok
11 Pomeranian Gdańsk
12 Silesian Katowice
13 Subcarpathian Rzeszów
14 Świętokrzyskie (Holy Cross) Kielce
15 Warmian-Masurian Olsztyn
16 West Pomeranian Szczecin

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Polandia ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*