_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/06/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-tunisia/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-tunisia/lambang-negara-tunisia-dan-bendera-negara-tunisia/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
June 20, 2018

Profil Negara Somalia

Profil Negara Somalia – Somalia adalah sebuah negara yang terletak di benua Afrika, tepatnya di Afrika Timur. Kawasan dimana tempat Somalia berada ini sering disebut dengan tanduk Afrika yaitu sebuah semenanjung yang yang menonjol ke Laut Arabia dan terletak di sepanjang bagian selatan Teluk Aden. Somalia yang secara astronomisnya berada diantara  12°LU-39°LS dan 41°BT-51°BT berbatasan darat dengan Etiopia di sebelah Barat, Kenya di barat daya dan Djibouti di barat laut. Sedangkan di utaranya adalah Teluk Aden dan di sebelah timurnya adalah Samudera Hindia.

Luas wilayah Somalia adalah sebesar 637,657 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 11.031.386 jiwa. Etnis Somali adalah etnis mayoritas di negara yang secara resmi mengakui agama Islam sebagai agama resminya ini. Bahasa resmi Somalia adalah bahasa Somali. Karena Somalia juga merupakan negara bekas jajahan Italia dan Inggris Raya, maka ada sebagian rakyat Somalia juga bisa berbahasa Inggris dan Italia.

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Somalia adalah sistem pemerintahan Republik Parlementer Federal yaitu sistem pemerintahan yang kepala negaranya adalah Presiden yang dipilih oleh Parlemen Federal dengan masa jabatan 4 tahun. Sedangkan Perdana Menteri ditunjuk oleh Presiden. Sebelum terbentuk menjadi negara yang berdaulat pada tahun 1960, Somalia dibagi menjadi dua wilayah yaitu Somaliland Inggris dan Somaliland Italia. Pada tanggal 1 Juli 1960, kedua Somaliland tersebut kemudian bergabung menjadi satu negara dengan nama Republik Somalia. Tanggal 1 Juli 1960 kemudian diperingati sebagai hari kemerdekaan Somalia. Sebagai Negara Federal, Somalia terbagi atas 18 negara bagian yang dinamakan dengan Gobolka atau region (daerah). Ibukota Somalia adalah Mogadishu.

Di bidang perekonomian, Somalia memiliki Pendapatan Domestik Bruto (PDB) sebesar US$16,77 miliar. Tulang punggung perekonomian Somolia adalah Sektor Pertanian yang menyumbang sekitar 60,2% dari total keseluruhan Pendapatan Domestik Brutonya. Sekitar 71% rakyat bekerja di sektor Pertanian atau Agrikultur ini. Komoditas-komoditas agrikultur yang penting bagi perekonomian Somalia diantaranya adalah Pisang, Sorgum, Jagung, Kelapa, beras, tebu,  mangga, biji wijen, kacang-kacangan serta peternakan seperti sapi, kambing dan ikan.

Di hubungan luar negeri, Republik Somalia bergabung menjadi anggota PBB pada 20 Setember 1960. Somalia juga merupakan anggota dari lembaga-lembaga internasional yang berada dibawah PBB. Selain itu, Somalia juga bergabung menjadi negara anggota ACP (African, Caribbean and Pacific Group of States), AMF (Arab Monetary Fund), AFESD (Arab Fund for Economic and Social Development), Uni Afrika (African Union) dan organisasi-organisasi Internasional lainnya.
Baca juga : Negara-negara Anggota PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Profil Negara Somalia

Profil Negara Somalia

Berikut ini adalah Profil Negara Somalia.

  • Nama Lengkap : Republik Federal Somalia (Federal Republic of Somalia)
  • Nama Lokal : Jamhuuriyadda Federaalkaa Soomaaliya
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Federal Parlementer
  • Kepala Negara : Presiden Mohamed ABDULLAHI Mohamed “Farmaajo” (sejak 8 Februari 2017)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri  Hassan Ali KHAYRE (sejak 1 Maret 2017)
  • Ibukota : Mogadishu
  • Luas Wilayah : 637,657 km2
  • Jumlah Penduduk : 11.031.386 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 2% (2017)
  • Angka Kelahiran : 39,6 bayi per 1000 penduduk (2017)
  • Suku Bangsa/Etnis : Somalia 85%, etnis bantu dan etnis lainnya 15% (termasuk 30.000 etnis Arab)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Somali
  • Agama : Islam (Sunni)
  • Mata Uang : Shilling Somalia (SOS)
  • Hari Nasional : 1 Juli 1960
  • Lagu Kebangsaan : “Qolobaa Calankeed” (Every Nation Has its own Flag)
  • Kode Domain Internet : .so
  • Kode Telepon : 252
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$16,77 miliar
  • Lokasi : Benua Afrika (Afrika Timur)

 

Pembagian Wilayah Administrasi di Somalia

Republik Federal Somalia terdiri dari 18 negara bagian yang disebut dengan Gobolka atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Region (daerah). Berikut ini adalah 18 Gobolka atau 18 Region di Somalia beserta Ibukotanya.

No. Nama Provinsi Ibukota
1 Awdal Baki
2 Bakool Oddur
3 Banaadir Mogadishu
4 Bari Bender Cassim
5 Bay Baidoa
6 Galguduud Dusa Mareb
7 Gedo Garbahaarey
8 Hiiraan Beledweyne
9 Jubbada Dhexe Bu’aale
10 Jubbada Hoose Kismaayo
11 Mudug Galcaio
12 Nugaal Garoowe
13 Sanaag Erigavo
14 Shabeellaha Dhexe Giohar
15 Shabeellaha Hoose Merca
16 Sool Laascaanood
17 Togdheer Burao
18  Woqooyi Galbeed Hargeysa

Sumber referensi : Data-data di Profil Negara Somalia ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*