_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/04/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-islandia-iceland/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-islandia-iceland/negara-islandia/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
April 26, 2018

Profil Negara Suriah (Syria)

Profil Negara Suriah (Syria)

Profil Negara Suriah (Syria) – Suriah adalah sebuah negara yang terletak di Benua Asia, tepatnya di Asia Barat yang biasanya disebut dengan kawasan Timur Tengah. Negara yang memiliki nama lengkap Republik Arab Suriah (Syrian Arab Republic) ini secara astronomisnya terletak di  32°-38°LU dan 35°-43°BT. Secara geografis, Suriah berbatasan dengan Turki disebelah utaranya, berbatasan dengan Yordanis disebelah selatan dan berbatasan dengan Irak disebelah timurnya. Sedangkan disebelah barat Suriah adalah Laut Tengah. Ibukota Suriah adalah Damaskus.

Setelah Perang Dunia I, sebagian wilayah Suriah dikuasai oleh Perancis sebagai mandat atas runtuhnya Kesultanan Utsmaniyah (Ottoman Empire).  Suriah memperoleh kemerdekaan sebagai negara Republik yang berdaulat pada tahun 1946. Tanggal 17 April 1946 yaitu tanggal dimana tentara Perancis meninggalkan Suriah ini diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Suriah. Dalam sejarahnya, yaitu pada Februari 1958, Suriah bergabung dengan Mesir menjadi satu negara yang disebut dengan Republik Arab Bersatu (United Arab Republic). Namun penggabungan tersebut tidak berlangsung dengan lama, Suriah kemudian berpisah dengan Mesir menjadi Negara Republik Arab Suriah pada September 1961.

Suriah merupakan negara yang menganut sistem pemerintahan Republik Presidensil. Namun Republik Presidensil Suriah ini memiliki jabatan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan yang ditunjuk langsung oleh Presiden. Sistem pemerintahan ini juga berbeda dengan Republik Parlementer yang Perdana Menterinya merupakan pemimpin partai atau koalisi terbesar. Sedangkan Presiden Suriah dipilih langsung pada Pemilihan Presiden yang diselenggarakan setiap 7 tahun sekali.

Luas wilayah Suriah adalah sebesar 185.180 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 18.028.549 jiwa (estimasi Juli 2017). Mayoritas penduduk Suriah adalah etnis Arab yang memeluk agama Islam. Bahasa resmi Suriah adalah bahasa Arab.

Perekonomian Suriah makin memburuk di tengah konflik yang sedang berlangsung sejak tahun 2011. Menurun lebih dari 70% dari tahun 2010 hingga tahun 2017.Penurunan tersebut dikarenakan adanya dampak sanksi Internasional, kerusakan infrastruktur, berkurangnya produksi dan konsumsi dalam negeri, berkurangnya subsidi dan tingginya tingkat inflasi. Tingkat pengangguran Suriah juga sangat tinggi yaitu mencapai 50%.

Data terakhir yang dapat dikutip dari CIA world Factbook adalah data PDB dan pendapatan per kapita pada tahun 2015. Pendapatan Domestik Bruto atau PDB Suriah pada tahun 2015 adalah sebesar US$50,28 miliar, sedangkan Pendapatan Perkapitanya adalah sebesar US$2.900,-. Industri-industri penting bagi perekonomian Suriah diantaranya seperti Perminyakan, tekstil, pengolahan makanan, tembakau, semen dan perakitan otomotif.

Di hubungan luar negeri, Suriah adalah negara anggota PBB dan juga lembaga-lembaga internasional yang berada di bawah PBB seperti UNESCO, IMF, ILO, IMO, ICAO, ITU, FAO, WIPO, WHO, WMO, UNIDO dan UNWTO. Republik Arab Suriah juga merupakan anggota dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan Arab Monetary Fund (AMF).
Baca juga : Negara-negara Anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Profil Negara Suriah (Syria)

Profil Negara Suriah

Berikut ini adalah Profil Negara Suriah (Syria) :

  • Nama Lengkap : Republik Arab Suriah (Syrian Arab Republic)
  • Nama Lokal : Al Jumhuriyah al Arabiyah as Suriyah
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Bashar al-ASAD (sejak 17 Juli 2000)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Imad Muhammad Dib KHAMIS (sejak 22 Juni 2016)
  • Ibukota : Damaskus
  • Luas Wilayah : 185.180 km2
  • Jumlah Penduduk : 18.028.549 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Angka Kelahiran : 21,2 bayi per 1000 penduduk (2017)
  • Suku Bangsa/Etnis : etnis Arab 90.3%, etnis Kurdish, Armenian dan etnis lainnya 9.7%
  • Bahasa Resmi : Bahasa Arab
  • Agama : Islam 87%, Kristen 10%, Druse 3%
  • Mata Uang : Pound Suriah (SYP)
  • Hari Kemerdekaan : 17 April 1946 (dari Perancis)
  • Hari Nasional : 17 April 1946 (Hari Kemerdekaan), disebut juga dengan Hari Evakuasi (Evacuation Day) yaitu hari terakhir penarikan tentara Perancis dari tanah Suriah.
  • Lagu Kebangsaan : “Humat ad-Diyar” (Guardians of the Homeland)
  • Kode Domain Internet : .sy
  • Kode Telepon : 963
  • Pendapatan Per Kapita : US$2.900,-
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$50,28 miliar
  • Lokasi : Benua Asia (Timur Tengah, Asia Barat)

Lambang Negara dan Bendera Suriah

Lambang Negara dan Bendera Suriah

Pembagian Wilayah Administrasi Suriah

Secara Administratif, Republik Arab Suriah terdiri dari 14 Provinsi. Berikut ini adalah daftar 14 Provinsi di Suriah beserta Ibukotanya.

No.

Nama Region

Ibukota

1 Latakia Latakia
2 Idlib Idlib
3 Aleppo Aleppo
4 Raqqa Raqqa
5 Al-Hasakah Al-Hasakah
6 Tartus Tartus
7 Hama Hama
8 Deir ez-Zor Deir ez-Zor
9 Homs Homs
10 Damascus Damascus
11 Rif Dimashq
12 Quneitra Quneitra
13 Daraa Daraa
14 Al-Suwayda Al-Suwayda

 

Sumber referensi : Data Profil Negara Suriah (Syria) ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*