_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/07/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-negara-peserta-asian-games-2018-di-indonesia/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-negara-peserta-asian-games-2018-di-indonesia/daftar-negara-peserta-asian-games-2018-di-indonesia/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
July 20, 2018

Profil Negara Swedia (Sweeden)

Profil Negara Swedia (Sweeden) – Swedia (Sweeden) adalah sebuah negara yang terletak di Benua Eropa bagian Utara. Swedia yang secara astronomis berada diantara  55°-70° LU dan 11°-25°BT ini berbatasan dengan Norwegia disebelah barat dan Finlandia disebelah timur lautnya. Disebelah timur Swedia adalah  Laut Baltik dan Teluk Bothnia sedangkan di sebelah  barat daya adalah Selat Skagerrak dan Selat Kattegat. Swedia merupakan negara yang terletak di lingkaran Arktik namun beriklim sedang.

Di Perang Dunia Pertama dan Perang Dunia Kedua, Swedia mengadopsi kebijakan luar negerinya sebagai negara netral. Namun Swedia turut ikut mengambil bagian dalam usaha kemanusiaan yaitu menerima pengungsi-pengungsi dari negara-negara Eropa lainnya yang diduduki oleh Jerman.

Swedia memiliki luas wilayah sebesar 450.295 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 9.960.487 jiwa (estimasi Juli 2017). Swedia merupakan negara yang memiliki luas wiilayah terbesar ketiga di Kawasan Uni Eropa. Sekitar 63% dari penduduk Swedia adalah pemeluk agama Kristen Gereja Lutheran. Bahasa resmi Swedia adalah Bahasa Swedia.

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Swedia adalah sistem pemerintahan Monarki Konstitusional Parlementer yaitu sistem pemerintahan yang kepala negaranya adalah seorang Raja sedangkan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Perdana Menteri Swedia biasanya adalah pemimpin partai politik terbesar atau pemimpin koalisi terbesar di parlemen. Anggota Dewan yang duduk di Parlementer Swedia dipilih melalui pemilihan nasional setiap 4 tahun sekali. Ibukota Swedia adalah Stockholm.

Di bidang perekonomian, Swedia merupakan negara maju yang memiliki Pendapatan Perkapita yang tinggi yaitu sekitar US$51.300,-, sedangkan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) adalah sebesar US$521,7 miliar. Industri-industri yang menjadi tulang punggung perekonomian Swedia diantaranya adalah Industri Besi dan Baja, Peralatan Presisi (radio, telepon dan persenjataan), produk kertas, pengolahan makanan dan kendaraan bermotor. IKEA, Electrolux, SKF, Volvo dan Ericsson merupakan merek-merek terkenal yang berasal dari Swedia.

Di hubungan luar negeri, Swedia adalah negara anggota PBB dan lembaga-lembaga internasional yang dibawah PBB. Swedia masuk sebagai anggota Uni Eropa pada 1 Januari 1995 namun Swedia tidak menggunakan Euro sebagai Mata Uangnya. Swedia juga merupakan negara anggota OECD dan Dewan Nordik.
Baca juga : Negara-negara Anggota Uni Eropa (European Union).

Profil Negara Swedia

Profil Negara Swedia (Sweeden)

Berikut ini adalah Profil Negara Swedia.

  • Nama Lengkap : Kerajaan Swedia (Kingdom of Sweden)
  • Nama Lokal : Konungariket Sverige
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional Parlementer
  • Kepala Negara : Raja CARL XVI GUSTAF (sejak 19 September 1973)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Stefan LOFVEN (sejak 3 Oktober 2014)
  • Ibukota : Stockholm
  • Luas Wilayah : 450.295 km2
  • Jumlah Penduduk : 9.960.487 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 0,81% (2017)
  • Suku Bangsa : Populasi aslinya adalah suku Finlandia dan suku Sami, imigran dari Finlandia, Suriah, Irak, Polandia dan Iran.
  • Agama : Kristen Gereja Lutheran 63%
  • Bahasa Resmi : Swedia
  • Mata Uang : Kronor Swedia (SEK)
  • Hari Kemerdekaan : 6 Juni 1523 (Terpilihnya Gustav VASA sebagai Raja Swedia; hari berakhirnya Uni Kalmar yang meliputi Denmark, Norwegia dan Swedia)
  • Hari Nasional : 6 Juni
  • Lagu Kebangsaan : “Du Gamla, Du Fria” (Thou Ancient, Thou Free)
  • Kode Domain Internet : .se
  • Kode Telepon : 46
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$521,7 miliar (2017)
  • Pendapatan Per Kapita : US$51.300,-(2017)

 

Lambang Negara dan Bendera Negara Swedia

Lambang Negara Swedia dan Bendera Negara Swedia

Pembagian Wilayah Administrasi Swedia

Secara Administratif, Kerajaan Swedia terbagi atas 21 County yang masing-masing County dipimpin oleh seorang Gubernur. Berikut ini adalah 21 County di Kerajaan Swedia beserta Ibukotanya.

No. Nama Provinsi Ibukota
1 Stockholm Stockholm
2 Uppsala Uppsala
3 Södermanland Nyköping
4 Östergötland Linköping
5 Jönköping Jönköping
6 Kronoberg Växjö
7 Kalmar Kalmar
8 Gotland Visby
9 Blekinge Karlskrona
10 Skåne Malmö
11 Halland Halmstad
12 Västra Götaland Gothenburg
13 Värmland Karlstad
14 Örebro Örebro
15 Västmanland Västerås
16 Dalarna Falun
17 Gävleborg Gävle
18 Västernorrland Härnösand
19 Jämtland Östersund
20 Västerbotten Umeå
21 Norrbotten Luleå

 

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Swedia ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*