Profil Negara Tajikistan

Profil Negara Tajikistan – Tajikistan adalah sebuah negara terkurung daratan yang terletak di benua Asia bagian Tengah. Negara yang secara astronomisnya terletak diantara 36°-41° LU dan 67°-75°BT ini berbatasan dengan China (Tiongkok) di sebelah timur, Uzbekistan di sebelah barat, Afganistan di sebelah selatan dan berbatasan dengan Kirgizstan di utara. Sekitar 50% wilayah Tajikistan adalah daratan yang berketinggian diatas 3000 meter diatas permukaan laut. Ibukota Tajikistan adalah kota Dushanbe.

Kekaisaran Rusia mulai menguasai wilayah Asia Tengah (termasuk daerah hunian oleh etnis Tajik) pada tahun akhir abab ke-19. Namun pengaruh kekaisaran Rusia atas Asia Tengah ini melemah setelah revolusi 1917. Pada saat itu, kelompok gerilyawan pribumi atau disebut juga gerakan Basmachi dengan sengit memperebutkan wilayahnya dari kendali Bolshevik (sebuah Fraksi pecahan dari Partai Sosial Demokrat Rusia). Wilayah Tajikistan pertama kali dibentuk oleh Uzbekistan pada tahun 1924. Namun pada tahun 1929, Uni Soviet menetapkan Tajikistan sebagai sebuah republik yang terpisah dari Uzbekistan dengan sebutan Republik Sosialis Soviet Tajikistan. Tajikistan memperoleh kedaulatannya yang utuh pada 9 September 1991 setelah pembubaran Uni Soviet.

Luas wilayah Negara Tajikistan adalah sebesar 144.100km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 8.604.882 jiwa. Mayoritas penduduknya adalah etnis Tajik yaitu sebanyak 84,3% dan etnis Uzbek sebanyak 13,8% dari total keseluruhan penduduk Tajikistan. Sekitar 98% penduduk Tajikistan adalah pemeluk agama Islam. Bahasa resmi Tajikistan adalah bahasa Tajik.

Di bidang Politik, Tajikistan menganut  sistem pemerintahan Republik Presidensil yang kepala negaranya adalah seorang Presiden yang dipilih langsung dengan suara mayoritas untuk masa jabatan 7 tahun dan dapat menjabat hingga dua periode. Namun khusus untuk Presiden yang menjabat saat ini yaitu Presiden Emomali RAHMON yang disebut sebagai “Pemimpin Bangsa” dapat dipilih kembali untuk periode yang tidak terbatas. Pemilihan Presiden terakhir adalah pada tahun 2013 yang selanjutnya akan diadakan kembali pada tahun 2020. Presiden Tajikistan juga menjabat sebagai Ketua Majelis Tertinggi Tajikistan. Tajikistan juga memiliki jabatan Perdana Menteri yang bertugas sebagai Kepala Pemerintahan. Namun Perdana Menteri Tajikistan dipilih dan ditunjuk langsung oleh Presiden.

Di bidang perekonomiannya, Tajikistan merupakan salah satu negara pegunungan yang miskin dengan ekonominya didominasi oleh ekstraksi mineral, pemrosesan logam, pertanian dan ketergantungan pada pengiriman uang dari warga yang bekerja di luar negeri. Sumber daya mineral yang dimiliki Tajikistan diantaranya seperti perak, emas, uranium, antimon, tungsten dan batubara. Namun kerusakan infrastruktur yang diakibatkan oleh perang saudara di tahun 1992 – 1997 menyebabkan penurunan tajam dalam produksi industri dan pertanian.

Kapas merupakan komoditas pertanian utamanya. Namun hanya sekitar 7% lahan saja yang dapat ditanami Kapas ini. Negara Pecahan Uni Soviet ini mengimpor sekitar 70% makanannya dari luar negeri. Pendapatan Domestik Bruto atau PDB Tajikistan adalah sebesar US$28,43 miliar dengan Pendapatan Per Kapita sebesar US$3.200,-. Pertumbuhan Ekonomi Tajikistan pada tahun 2017 adalah sebesar 7,1%.

Di bidang luar negeri, Tajikistan bergabung menjadi anggota PBB pada 02 Maret 1992. Tajikistan juga merupakan negara anggota lembaga-lembaga internasional yang berada di bawah PBB seperti FAO, IAEA, ICAO, IFAD, ILO, IMF, ITU, UNCTAD, UNESCO, UNIDO, UNWTO, UPU, WHO, WIPO, WMO dan WTO. Selain itu, Tajikistan juga adalah negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (CIS), Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) dan Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW).
Baca juga : Negara-negara Anggota PBB.

Profil Negara Tajikistan

Profil Negara Tajikistan

Berikut ini adalah Profil Negara Tajikistan.

  • Nama Lengkap : Republik Tajikistan (Republic of Tajikistan)
  • Nama Lokal : Jumhurii Tojikiston
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Emomali RAHMON (sejak 6 November 1994)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Qohir RASULZODA (sejak 23 November 2013)
  • Ibukota : Dushanbe
  • Luas Wilayah : 144.100 km2
  • Jumlah Penduduk : 8.604.882 jiwa (2018)
  • Pertumbuhan Penduduk : 1,58% (2018)
  • Angka Kelahiran : 22,8 bayi per 1000 penduduk
  • Bahasa Resmi : Bahasa Tajik
  • Etnis : Tajik 84.3% (termasuk Pamiri dan Yagnobi), Uzbek 13.8% dan etnis lainnya 2%
  • Agama : Islam 98% (Sunni 95% dan Shia 3%), agama lainnya 2% (estimasi 2014)
  • Hari Kemerdekaan : 9 September 1991 (dari Uni Soviet)
  • Hari Nasional : 9 September 1991 (hari kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “Surudi milli” (National Anthem)
  • Kode Domain Internet : .tj
  • Kode Telepon : 992
  • Mata Uang : Somoni Tajikistan (TJS)
  • Pendapatan Per Kapita : US$3.200,- (2017)
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$28,43 miliar (2017)
  • Lokasi : Benua Asia (Asia Tengah)

Lambang Negara Tajikistan dan Bendera Tajikistan

Lambang Negara Tajikistan dan Bendera Tajikistan

Pembagian Wilayah Administrasi Tajikistan

Secara administratif, Republik Tajikistan terdari 2 Provinsi, 1 Provinsi Otonomi dan 1 Daerah Khusus Ibukota Negara. Berikut ini adalah daftar pembagian wilayah administrasi Republik Tajikistan beserta ibukotanya.

No. Provinsi Ibukota
1 Sughd Khujand
2 Khatlon Qurghonteppa
3 Gorno-Badakhshan (Provinsi Otonomi) Khorugh
4 Dushanbe (Ibukota Negara) Dushanbe

 

Sumber referensi : Data-data di Profil Negara Tajikistan ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*