June 15, 2019

Profil Negara Timor Leste

Profil Negara Timor Leste – Timor Leste adalah sebuah negara yang terletak di bagian timur Pulau Timor, benua Asia bagian Tenggara (Asia Tengara). Pulau Timor yang berada di sebelah utara benua Australia ini dimiliki oleh dua negara yaitu Republik Indonesia dan Republik Demokratik Timor Leste. Sebelum merdeka, Timor Leste merupakan salah satu Provinsi di Republik Indonesia dengan nama Provinsi Timor Timur. Timor Leste secara resmi merdeka dari Indonesia pada tanggal 20 Mei 2002 dan menetapkan Kota Dili sebagai Ibukotanya.

Di lihat dari Sejarah Negara Timor Leste dan hubungannya dengan Indonesia, Negara ini sebelumnya merupakan wilayah jajahan Portugis pada abab ke 16 hingga bergabung dengan Indonesia sebagai salah satu provinsi di Indonesia pada tahun 1976. Pada tahun 1999, Presiden Republik Indonesia yang menjabat saat itu yaitu B.J. Habibie memberikan izin referendum pemisahan diri kepada Timor Timur yang akhirnya menghasilkan keputusan untuk berpisah dari Indonesia dan membentuk negara sendiri. Pada tanggal 20 Mei 2002, Negara Timor Leste secara resmi terbentuk. Beberapa bulan kemudian yaitu pada tanggal 27 September 2002, Timor Leste diterima sebagai anggota PBB.
Baca juga : Negara-negara Anggota PBB.

Secara Astronomis, Timor Leste berada di antara 8°LS -10°LS dan 124°BT – 127°30’BT. Timor Leste  berbatasan darat dengan Indonesia di sebelah baratnya. Sedangkan sebelah utara adalah laut Wetar, sebelah timur dan selatannya adalah laut Timor. Wilayah Timor Leste juga meliputi Pulau Kambing atau Autoro, Jaco dan Enklave Oecussi-Ambeno di Timor Barat.
Catatan : Enklave disebut juga daerah kantong yaitu bagian dari suatu negara yang dikelilingi oleh negara lain. Pada Timor Leste, Enklave Oecussi-Ambeno ini dikelilingi oleh wilayah Republik Indonesia yaitu provinsi Nusa Tenggara Timur di Pulau Timor. 

Timor Leste memiliki luas wilayah sebesar 14.874km2 dengan jumlah penduduk sebanyak1.321.929 jiwa (2018). Mayoritas penduduk Timor Leste adalah etnik Austronesian (Malayo-Polynesian) dan beragama Katolik Roma (sekitar 96,9%).  Bahasa Resmi Timor Leste adalah bahasa Tetum dan Portugis. Pertumbuhan penduduk Timor Leste adalah 2,32% (2018)

Sistem pemerintahan Timor Leste adalah Republik semi-Presidensil. Dikatakan semi-presidensil karena kepala negaranya adalah seorang Presiden yang dipilih oleh rakyat setiap 5 tahun. Namun Presiden Timor Leste tidak memiliki kekuasaan penuh terhadap pemerintahan. Meskipun fungsinya hanya seremonial, Presiden Timor Leste  ini juga memilki Hak Veto terhadap undang-undang dan juga sebagai Pemimpin Tertinggi Militer. Di Pemerintahaan, Timor Leste dipimpin oleh seorang Perdana Menteri sebagai Kepala Pemerintahannya yang dipilih dari pemilihan multi partai dan diangkat atau ditunjuk dari partai mayoritas sebuah koalisi mayoritas.

Di bidang Perekonomian, Timor-Leste telah menghadapi tantangan besar dalam membangun kembali infrastrukturnya, memperkuat administrasi sipil, dan menghasilkan lapangan kerja bagi kaum muda yang memasuki angkatan kerja sejak kemerdekaannya. Pengembangan sumber daya minyak dan gas lepas pantai telah banyak menambah pendapatan pemerintah Timor Leste. Akan tetapi, industri yang intensif teknologi ini tidak menghasilkan pekerjaan yang banyak karena tidak ada fasilitas produksi di Timor-Leste. Gas saat ini disalurkan ke Australia untuk diproses, tetapi Timor-Leste telah menyatakan minatnya untuk mengembangkan kemampuan pemrosesan dalam negeri. Pada tahun 2017, Pertumbuhan ekonomi Timor Leste yang dilihat dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) mengalami penurunan hingga -4,6% yaitu menjadi US$ 7,426 miliar (PDB tahun 2016 adalah US$7,784 miliar). Sedangkan Pedapatan Perkapita Timor Leste adalah sebesar US$6.000,- pada tahun 2017.

Di hubungan luar negari, Timor Leste adalah anggota PBB dan lembaga-lembaga yang berada dibawah PBB seperti UNESCO, ICAO, FAO, ILO, WHO dan ITU.

Profil Negara Timor Leste (Timor Timur)

Profil Negara Timor Leste

Berikut ini adalah Profil Negara Timor Leste :

  • Nama Lengkap : Republik Demokratik Timor Leste (Democratic Republic of Timor-Leste)
  • Nama Lokal : Republika Demokratika Timor Lorosa’e (bahasa Tetum)
  • Bentuk Pemerintahan : Republik semi-Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Francisco GUTERRES (sejak 20 Mei 2017)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Taur Matan RUAK (sejak 22 Juni 2018)
  • Ibukota : Dili
  • Luas Wilayah : 14.874km2
  • Jumlah Penduduk : 1.321.929 jiwa (2018)
  • Pertumbuhan Penduduk : 2,39% (2016)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Tetum dan Bahasa Portugis
  • Agama : Katolik Roma 96,9%,
  • Suku Bangsa : Austronesian (Malayo-Polynesian) dan Papua
  • Mata Uang : Dolar Amerika Serikat (USD)
  • Hari Kemerdekaan : 20 Mei 2002 (dari Indonesia)
  • Hari Nasional : 20 Mei 2002 (Hari Kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “Patria” (Fatherland)
  • Kode Domain Internet : .tl
  • Kode Telepon : 670
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$ 7,426 miliar (2017)
  • Pendapatan Per Kapita : US$ 6.000,- (2017)
  • Pertumbuhan Ekonomi : -4,6%
  • Lokasi : Benua Asia (Asia Tenggara)

Lambang Negara Timor Leste dan Bendera Timor Leste

Lambang Negara Timor Leste dan Bendera Timor Leste

Pembagian Wilayah Administratif Timor Leste

Secara administratif, Timor Leste terbagi atas 13 Distrik. Berikut ini adalah daftar 13 distrik di Timor Leste :

No. Nama Distrik Ibukota
1 Aileu Aileu
2 Ainaro Ainaro
3 Baucau Baucau
4 Bobonaro Bobonaro
5 Cova-Lima Suai
6 Dili Dili
7 Ermera Ermera
8 Lautem Lospalos
9 Liquica Liquica
10 Manatuto Manatuto
11 Manufahi Same
12 Oecussi-Ambeno Pante Makasar
13 Viqueque Cabira-Oan

 

Sumber referensi : Data-data pada Profil Negara Timor Leste ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*