_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/09/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-amerika-serikat-united-states-amerika/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-amerika-serikat-united-states-amerika/lambang-negara-amerika-serikat-dan-bendera-amerika-serikat/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
September 25, 2018

Profil Negara Tunisia

Profil Negara Tunisia – Tunisia adalah sebuah negara yang terletak di bagian utara benua Afrika. Negara yang secara astronomis berada di antara 30°-38°LU dan 7°-12°BT ini berbatasan dengan Aljazair di sebelah barat dan Libya di sebelah tenggara, sedangkan di utara dan timurnya adalah Laut Mediterania. Nama Tunisia ini pada dasarnya berasal dari sebuah kota yang saat ini dijadikan ibukotanya, yaitu kota Tunis yang terletak di pantai timur laut Tunisia.

Dalam sejarahnya, Tunisia yang pada zaman kuno dihuni oleh suku Berber ini dikuasai oleh Kerajaan Romawi pada tahun 149 SM dan memperkenalkan agama Kristen serta seni arsitekturnya. Namun pada abab pertama Hijriah,  orang Arab menakluk negara ini dan diikuti oleh penaklukan oleh Kekaisaran Muslim terbesar yaitu Kekaisaran Ottoman pada tahun 1534 hingga tahun 1881 (sekitar tiga ratus tahun lebih). Setelah jatuhnya Kekaisaran Ottoman, Tunisia dikuasai oleh Perancis hingga memperoleh kemerdekaan sebagai negara yang berdaulat pada tahun 1956. Tanggal 20 Maret 1956 diperingati sebagai hari kemerdekaannya.

Luas wilayah Tunisia adalah sebesar 163.610 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 11.403.800 jiwa berdasarkan estimasi tahun 2017. 40% dari wilayahnya merupakan gurun sahara dan sisanya adalah tanah subur yang dapat ditanami berbagai komoditas pertanian. Mayoritas penduduk di Tunisia adalah etnis Arab (98%) dan beragama Islam (99.1%). Bahasa resmi Tunisia adalah bahasa Arab namun bahasa Perancis juga dijadikan sebagai bahasa komersil.

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Tunisia adalah sistem pemerintahan Republik Parlementer yang kepala negaranya adalah seorang Presiden sedangkan kepala pemerintahannya adalah seorang Perdana Menteri. Presiden Tunisia dipilih secara langsung oleh rakyatnya untuk masa jabatan 5 tahun sedangkan Perdana Menteri dipilih oleh parlemen yang pada umumnya adalah pemimpin partai atau koalisi mayoritas. Parlemen Tunisia yang disebut dengan  unicameral Assembly of the Representatives of the People atau Majlis Nuwwab ash-Sha’b ini terdiri dari 217 kursi dengan masa jabatan 5 tahun.

Di bidang Perekonomian, Kebijakan ekonomi Tunisia adalah fokus pada memperkuat ekspor, investasi asing dan pariwisata. Komoditas ekspor utamanya adalah pakaian jadi, tekstil, produk minyak, produk makanan, bahan kimia dan fosfat. Tujuan ekspor utama Tunisia adalah Uni Eropa. Di sektor pertanian, Tunisia juga menghasilkan produk-produk pertanian seperti Zaitun, biji-bijian, tomat, jeruk, bit gula, kurma, almond, produk-produk susu dan daging sapi. Tunisia mengalami pertumbuhan ekonomi sekitar 2,3% pada tahun 2017 dengan Pendapatan Domestik Bruto sebesar US$135,9 miliar dan Pendapat Perkapita sebesar US$12.000,-.

Di hubungan luar negeri, Republik Tunisia adalah negara anggota Liga Arab, Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Uni Afrika dan seperti negara-negara berdaulat lainnya, Tunisia juga merupakan negara anggota PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) besert lembaga-lembaga internasional yang berada dibawah PBB.

Profil Negara Tunisia

Profil Negara Tunisia

Berikut ini adalah Profil Negara Tunisia.

  • Nama Lengkap : Republik Tunisia (Republic of Tunisia)
  • Nama Lokal : Al Jumhuriyah at Tunisiyah
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Parlementer
  • Kepala Negara : Presiden Beji CAID ESSEBSI (sejak 31 Desember 2014)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Youssef CHAHED (sejak 27 Agustus 2016)
  • Ibukota : Tunis
  • Luas Wilayah : 163.610 km2
  • Jumlah Penduduk : 11.403.800 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 0,23% (2017)
  • Suku Bangsa : Etnis Arab (98%), Etnis Eropa (1%) dan Etnis Yahudi dan etnis lainnya (1%)
  • Agama : Islam (99,1%), agama lainnya (1%)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Arab
  • Mata Uang : Dinar Tunisia (TND)
  • Hari Kemerdekaan : 20 Maret 1956 (dari Perancis)
  • Hari Nasional : 20 Maret 1956 (Hari Kemerdekaan); 14 Januari 2011 (Hari Revolusi)
  • Lagu Kebangsaan : “Humat Al Hima” (Defenders of the Homeland)
  • Kode Domain Internet : .tn
  • Kode Telepon : 216
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$135,9 miliar (2017)
  • Pendapatan Per Kapita : US$12.000,- (2017)
  • Lokasi : Benua Afrika (Afrika Utara)

Lambang Negara dan Bendera Negara Tunisia

Lambang Negara Tunisia dan Bendera Negara Tunisia

Pembagian Wilayah Administrasi Tunisia

Secara administratif, Republik Tunisia terbagi atas 24 Kegubernuran (Governorate). Berikut ini adalah daftar 24 Kegubernuran di Republik Tunisia.

No. Kegubernuran (Governorate)
1 Ariana
2 Béja
3 Ben Arous
4 Bizerte
5 Gabès
6 Gafsa
7 Jendouba
8 Kairouan
9 Kasserine
10 Kebili
11 Kef
12 Mahdia
13 Manouba
14 Medenine
15 Monastir
16 Nabeul
17 Sfax
18 Sidi Bouzid
19 Siliana
20 Sousse
21 Tataouine
22 Tozeur
23 Tunis
24 Zaghouan

Baca juga : Negara-negara di Benua Afrika beserta Ibukotanya.

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Tunisia ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*