_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/07/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-negara-peserta-asian-games-2018-di-indonesia/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-negara-peserta-asian-games-2018-di-indonesia/daftar-negara-peserta-asian-games-2018-di-indonesia/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
July 20, 2018

Profil Negara Uruguay

Profil Negara Uruguay – Uruguay adalah sebuah negara yang terletak di bagian selatan benua Amerika Selatan. Negara yang secara astronomis berada diantara 50°BT – 60°BT dan 30°LS  – 40°LS ini berbatasan dengan Brasil di sebelah utaranya dan berbatasan dengan Argentina disebelah baratnya. Sedangkan disebelah selatan Uruguay adalah Samudera Atlantik. Ibukota Uruguay adalah kota Montevideo.

Kota Montevideo, yaitu kota yang dijadikan sebagai ibukota Uruguay ini pada tahun 1726 merupakan benteng militer Spanyol yang kemudian berkembang menjadi pelabuhan komersil yang penting bagi kawasan Amerika Selatan. Uruguay melepaskan diri dari Spanyol pada tahun 1811 namun dicaplok oleh Brasil pada tahun 1821. Empat tahun kemudian, Uruguay memperoleh kemerdekaannya dari Brasil pada tanggal 25 Agustus 1825 dan diakui secara penuh pada tahun 1828. Tanggal 25 Agustus 1825 kemudian diperingati sebagai hari kemerdekaan Uruguay.

Negara yang bernama lengkap Oriental Republic of Uruguay atau Republik Timur Uruguay ini memiliki luas wilayah sebesar 176.215km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 3.360.148 jiwa (estimasi Juli 2017). Mayoritas penduduk Uruguay adalah etnis kulit putih (88%), Mestizo (8%) dan kulit hitam (4%). Sebagian besar penduduknya adalah beragama Katolik Roma (47,1%). Bahasa resmi Uruguay adalah bahasa Spanyol.

Sistem Pemerintahan yang dianut oleh Uruguay adalah sistem pemerintahan Republik Presidensil yang kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah Presiden. Presiden dan Wakil Presiden Uruguay dipilih secara langsung oleh rakyatnya untuk masa jabatan 5 tahun. Presiden Uruguay saat ini adalah Presiden Tabare VAZQUEZ yang menjabat sejak 1 Maret 2015.

Di bidang perekonomian, Uruguay merupakan negara yang memiliki ekonomi pasar bebas dengan tenaga kerja yang terdidik, berorientasi ekspor di sektor pertanian dan memiliki tingkat pengeluaran sosial yang tinggi.  Komoditas Pertanian yang penting bagi perekonomian Uruguay adalah daging sapi, kedelai, beras, gandum, produk susu, ikan, kayu, tembakau dan anggur. Sedangkan industri-industri yang merupakan tulang punggung perekonomian Uruguay ini diantaranya seperti pengolahan makanan, mesin listrik, alat transportasi, produk minyak bumi, tekstil, minuman dan bahas kimia lainnya. Pendapatan Domestik Bruto atau PDB Uruguay adalah sebesar US$78,41 miliar dengan Pendapat Per Kapita sebesar US$22.400,-.

Di hubungan Luar Negeri, Uruguay adalah negara berdaulat bergabung menjadi negara anggota PBB sejak 18 Desember 1945. Uruguay juga merupakan negara anggota lembaga-lembaga Internasional yang berada dibawah PBB seperti FAO, IAEA, ICAO, IFAD, ILO, IMF, IMO, ITU, UNESCO, UNIDO, UPU, WHO, WIPO, WMO dan WTO. Selain itu, Uruguay juga merupakan negara anggota dari beberapa organisasi Internasional seperti CELAC (Komunitas Amerika Latin dan Negara-negara Karibia), IADB (Inter-American Development Bank), Mercosur, OPCW dan Union Latina.
Baca juga : Negara-negara di Benua Amerika Selatan.

Profil Negara Uruguay

Profil Negara Uruguay

Berikut ini adalah profil negara Uruguay.

  • Nama Lengkap : Republik Timur Uruguay (Oriental Republic of Uruguay)
  • Nama Lokal : Republica Oriental del Uruguay
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Tabare VAZQUEZ (1 Maret 2015)
  • Kepala Pemerintahan : Presiden Tabare VAZQUEZ (1 Maret 2015)
  • Ibukota : Montevideo
  • Luas Wilayah : 176.215km2
  • Jumlah Penduduk : 3.360.148 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 0,27% (2017)
  • Suku Bangsa : adalah etnis kulit putih (88%), Mestizo (8%) dan kulit hitam (4%)
  • Agama : Katolik Roma (47,1%), Kristen non-Katolik (11,1%), Non-denominational (23,2%), Yahudi (0,3%), Atheis atau Agnostic (17,2%), agama lainnya (1,1%)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Spanyol
  • Mata Uang : Peso Uruguay (UYU)
  • Hari Kemerdekaan : 25 Agustus 1825 (dari Brasil)
  • Hari Nasional : 25 Agustus 1825 (Hari Kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “Himno Nacional” (National Anthem of Uruguay)
  • Kode Domain Internet : .uy
  • Kode Telepon : 598
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$78,41 miliar (2017)
  • Pendapatan Per Kapita : US$22.400,- (2017)
  • Lokasi : Benua Amerika Selatan

Lambang Negara dan Bendera Negara Uruguay

lambang dan Bendera Uruguay

Pembagian Wilayah Administrasi Uruguay

Secara administratif, Republik Oriental Uruguay terbagi atas 19 daerah yang disebut dengan Departemen. Berikut ini adalah daftar 19 Departemen di Uruguay beserta Ibukotanya.

No. Departemen Ibukota
1 Artigas Artigas
2 Canelones Canelones
3 Cerro Largo Melo
4 Colonia Colonia del Sacramento
5 Durazno Durazno
6 Flores Trinidad
7 Florida Florida
8 Lavalleja Minas
9 Maldonado Maldonado
10 Montevideo Montevideo
11 Paysandú Paysandú
12 Río Negro Fray Bentos
13 Rivera Rivera
14 Rocha Rocha
15 Salto Salto
16 San José San José de Mayo
17 Soriano Mercedes
18 Tacuarembó Tacuarembó
19 Treinta y Tres Treinta y Tres

 

Sumber referensi : Data-data di Profil Negara Uruguay ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*