_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/10/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-bawang-bombay-manfaat-bawang-bombay-bagi-kesehatan/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-bawang-bombay-manfaat-bawang-bombay-bagi-kesehatan/bawang-bombay/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
October 22, 2018

Profil Negara Uzbekistan

Profil Negara Uzbekistan – Uzbekistan adalah sebuah negara antar benua (inter-continental) yang terletak di antara benua Eropa bagian Timur dan  benua Asia bagian Tengah. Namun Negara yang terkurung daratan ini pada umumnya dimasukan sebagai Negara Asia yakni benua Asia bagian Tengah (Asia Tengah). Uzbekistan yang secara astronomis berada diantara 37°- 46 °LU dan 56° – 74° BT ini berbatasan dengan Afganistan dan Turkmenistan di sebelah selatannya, serta berbatasan dengan Kirgizstan dan Tajikistan di sebelah timurnya. Sedangkan di sebelah barat dan utara, Uzbekistan berbatasan dengan Negara Kazakhstan.

Dalam sejarahnya, Uzbekistan pernah menjadi bagian dari Federasi Uni Soviet dengan menggunakan nama Republik Sosialis Soviet Uzbekistan pada 27 Oktober 1924. Selama Perang Dunia Ke-2 (1941-1945), sebanyak 1,4 juta lebih orang Uzbekistan bertempur sebagai tentara merah dalam melawan Nazi. Sekitar 263 ribu tentara Uzbek tewas dan 32 ribu orang hilang dalam medan perang Front Timur tersebut.

Pada 1 September 1991, Uzbekistan mendeklarasikan kemerdekaannya dan melepaskan diri dari pemerintahan Uni Soviet. Beberapa bulan kemudian yaitu pada 26 Desember 1991, Negara Uni Soviet dengan resmi dinyatakan bubar. Tanggal 1 September 1991 kemudian diperingati sebagai hari Kemerdekaan Uzbekistan dari pemerintahan Uni Soviet.
Baca juga : Negara-negara Pecahan Uni Soviet.

Setelah merdeka, Uzbekistan menggantikan nama negaranya menjadi Republik Uzbekistan yaitu Negara dengan sistem pemerintahan Republik Presidensil. Presiden Uzbekistan yang memiliki otoritas tertinggi dipilih secara langsung dalam pemilihan Presiden untuk masa jabatan 5 tahun. Dalam system pemerintahan Uzbekistan, terdapat Perdana Menteri yang menjabat sebagai kepala pemerintahan. Namun Perdana Menteri Uzbekistan ini dipilih oleh Presiden termasuk menteri-menterinya. Presiden juga memiliki wewenang penuh dalam menunjuk kepala daerah seperti memilih dan menggantikan gubernur provinsinya.

Republik Uzbekistan memiliki luas wilayah sebesar 447.400 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 29.748.859 jiwa. Mayoritas penduduk Uzbekistan adalah etnis Uzbek (80%) yang beragama Islam. Pada tahun 2017, Pertumbuhan penduduknya adalah sekitar 0,93%. Bahasa resmi Uzbekistan adalah bahasa Uzbek.

Di bidang Perekonomian, Uzbekistan mengadopsi sistem perekonomian gaya soviet dengan subsidi dan pengendalian ketat terhadap produksi, harga dan akses mata uang asing sejak kemerdekaanya pada September 1991. Meskipun telah melakukan berbagai upaya diversifikasi tanaman di sektor pertanian, sebagian besar pertanian Uzbekistan masih tetap berpusat pada komoditas Kapas. Uzbekistan merupakan negara penghasil kapas terbesar ke-7 di dunia dan juga merupakan negara pengekspor kapas terbesar ke-5 di dunia ini. Dorongan utama perekonomian Uzbekistan adalah investasi yang dipimpin oleh negara, kapas, emas dan ekspor gas alam. Sektor-sektor tersebut memberikan bagian yang sangat signifikan terhadap pendapatan devisa negara Uzbekistan.

Pada bulan September 2017, pemerintah Uzbekistan melakukan devaluasi nilai mata uang resmi hingga hampir 50% dan mengumumkan pelonggaran pembatasan nilai mata uang dengan tujuan untuk menghilangkan pasar gelap mata uang, meningkatkan akses mata uang dan untuk meningkatkan investasi. Pendapatan Domestik Bruto atau PDB Uzbekistan adalah sebesar US$222,6 miliar dengan Pendapatan Perkapita sebesar US$6.900,-.

Di hubungan luar negeri, selain sebagai negara anggota PBB dan juga lembaga-lembaga internasional yang berada dibawah PBB, Uzbekistan juga merupakan negara anggota CICA (Conference on Interaction and Confidence-Building Measures in Asia), ADB (Asian Development Bank), EAPC (Euro-Atlantic Partnership Council), EBRD (European Bank for Reconstruction and Development), ECO (Economic Cooperation Organization) dan OSCE (Organization for Security and Co-operation in Europe).

Profil Negara Uzbekistan

Berikut ini adalah Profil Negara Uzbekistan.

  • Nama Lengkap : Republik Uzbekistan (Republic of Uzbekistan)
  • Nama Lokal : O’zbekiston Respublikasi
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Shavkat MIRZIYOYEV (sebagai Presiden Interim sejak 8 September 2016; secara resmi dipilih sebagai Presiden sejak  4 December 2016 untuk menggantikan mantan Presiden Islom KARIMOV yang meninggal pada 2 September 2016)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Abdulla ARIPOV (sejak 14 December 2016); Wakil Perdana Menteri I Achilbay RAMATOV (sejak 15 December 2016))
  • Ibukota : Tashkent (Toshkent)
  • Luas Wilayah : 447.400 km2
  • Jumlah Penduduk : 29.748.859 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 0,93% (2017)
  • Suku Bangsa : Uzbek 80%, Rusia 5.5%, Tajik 5%, Kazakh 3%, Karakalpak 2.5%, Tatar 1.5%, etnis lainnya 2.5% (estimasi 1996)
  • Agama : Islam 88%, Ortodok Timur 9%, agama lainnya 3%
  • Bahasa Resmi : Bahasa Uzbek
  • Mata Uang : Soum Uzbekistan (UZS)
  • Hari Kemerdekaan : 1 September 1991 (dari Uni Soviet)
  • Hari Nasional : 1 September 1991 (Hari Kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “O’zbekiston Respublikasining Davlat Madhiyasi” (National Anthem of the Republic of Uzbekistan)
  • Kode Domain Internet : .uz
  • Kode Telepon : 998
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$222,6 miliar (2017)
  • Pendapatan Per Kapita : US$6.900,- (2017)
  • Lokasi : Benua Asia (Asia Tengah)

Lambang Negara dan Bendera Negara Uzbekistan

Lambang Uzbekistan dan Bendera Uzbekistan

Pembagian Wilayah Administrasi Uzbekistan

Secara Administratif, Republik Uzbekistan dibagi atas 12 Provinsi, 1 Republik Otonomi dan 1 Kota Independen. Berikut ini adalah daftar 12 Provinsi, 1 Republik Otonomi dan 1 Kota di Uzbekistan.

14 Provinsi di Uzbekistan

No.

Provinsi

Ibukota

1 Andijan Andijan
2 Bukhara Bukhara
3 Fergana Fergana
4 Jizzakh Jizzakh
5 Kashkadarya Karshi
6 Khorezm Urgench
7 Namangan Namangan
8 Navoiy Navoiy
9 Samarkand Samarkand
10 Surkhandarya Termez
11 Syrdarya Gulistan
12 Tashkent Tashkent

 

1 Republik Otonomi di Uzbekistan

No.

Republik Otonomi

Ibukota

1 Republik Karakalpakstan Nukus

 

1 Kota Independen di Uzbekistan

No. Kota

Ibukota

1 Kota Tashkent Tashkent

 

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Uzbekistan ini dikutip dari World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*