_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/12/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-mozambik-mozambique/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/?attachment_id=4595","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
December 13, 2018

Profil Negara Yaman (Yemen)

Profil Negara Yaman (Yemen)

Profil Negara Yaman (Yemen) – Yaman adalah sebuah negara Republik yang terletak di Jazirah Arab, kawasan Timur Tengah benua Asia. Negara yang secara astronomis berada diantara 12°-19°LU dan 42°-55°BT ini hanya berbatasan darat dengan 2 negara yaitu Arab Saudia di sebelah Utara dan Oman di sebelah Timur. Sedangkan di sebelah Selatan Yaman adalah teluk Aden dan sebelah Baratnya adalah Laut Merah.  Yaman memiliki sekitar 200 pulau besar dan pulau kecil. Pulau terbesarnya adalah Pulau Sokotra yang terletak di sekitar 415km dari Selatan Yaman.
Baca juga : Daftar Negara di Kawasan Timur Tengah.

Yaman merupakan negara yang menganut sistem pemerintahan Republik dan juga merupakan satu-satunya negara Republik di Jazirah Arab. Kepala Negara Yaman adalah Presiden yang dipilih secara langsung oleh rakyatnya dengan masa jabatan 7 tahun dan dapat dipilih untuk kedua kalinya. Sedangkan kepala pemerintahanya adalah seorang Perdana Menteri yang ditunjuk oleh Presiden. Nama lengkap negara Yaman ini adalah Republik Yaman atau Republik of Yemen. Ibukota Yaman adalah Sanaa.

Sebelum bersatu menjadi negara Republik Yaman pada tahun 1990, Yaman terdiri dari dua negara yaitu Yaman Utara dan Yaman Selatan. Kedua pemerintah negara tersebut kemudian mencapai kesepakatan untuk bersatu kembali pada tanggal 22 Mei 1990. Hari tersebut kemudian diperingati sebagai Hari Nasional yaitu Hari Penyatuan Yaman (Yaman Unification Day).

Luas wilayah Yaman adalah sebesar 527,968 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 28.036.829 jiwa. Mayoritas penduduk Yaman adalah etnis Arab yang beragama Islam yaitu sekitar 99,1%. Agama Islam adalah agama resmi Yaman. Sedangkan bahasa resmi Yaman adalah bahasa Arab.

Dalam bidang perekonomian, Yaman merupakan negara berpenghasilan rendah yang menghadapi berbagai tantangan jangka panjang yang sulit untuk menstabilkan dan menumbuhkan ekonominya. Konflik dan perang yang sedang berlangsung telah menghentikan ekspor Yaman, mempercepat inflasi, merusak infrastruktur dan impor bahan bakar dan makanan yang sangat terbatas. Pendapatan Perkapita Yaman hanya sebesar US$2.400,- sedangkan Pendapatan Domestik Bruto adalah sebesar US$69,17 miliar. Beberapa industri yang penting bagi perekonomian Yaman diantaranya seperti Produksi dan Pengolahan Minyak bumi, produk-produk kulit, pengolahan makanan, kerajinan tangan, produk-produk aluminium, semen, perbaikan kapal komersil dan produk gas alam.

Di hubungan luar negeri, Yaman adalah negara anggota PBB (beserta lembaga-lembaga dibawahnya), Organisasi Kerjasama Islam (OKI), G-77, Gerakan Non Blok, Organisasi Komunikasi Satelit Arab dan Dana Moneter Arab (Arab Monetary Fund).

Profil Negara Yaman

Berikut ini adalah Profil Negara Yaman (Republik Yaman).

  • Nama Lengkap : Republik Yaman (Republic of Yaman)
  • Nama Lokal : Al Jumhuriyah al Yamaniyah
  • Bentuk Pemerintahan : Republik
  • Kepala Negara : Presiden Abd Rabuh Mansur HADI (sejak 21 Februari 2012)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Ahmad Obaid bin DAGHIR (sejak 3 April 2016)
  • Ibukota : Sanaa
  • Luas Wilayah : 527,968 km2
  • Jumlah Penduduk : 28.036.829 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 2,28% (2017)
  • Angka Kelahiran : 28,4 bayi per 1000 penduduk (2017)
  • Suku Bangsa/Etnis : Mayoritas Arab, Afro-Arab, Asia Selatan dan Eropa
  • Bahasa Resmi : Bahasa Arab
  • Agama : Islam 99,1%, agama lainnya 0,9% (data 2010 est.)
  • Mata Uang : Riyal Yaman (YER)
  • Hari Nasional : 22 Mei 1990 (hari Penyatuan Yaman)
  • Lagu Kebangsaan : “al-qumhuriyatu l-muttahida” (United Republic)
  • Kode Domain Internet : .ye
  • Kode Telepon : 967
  • Pendapatan Per Kapita : US$2.400,-
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$69,17 miliar
  • Lokasi : Benua Asia (Kawasan Timur Tengah)

 

Pembagian Wilayah Administrasi Yaman (Yemen)

Negara yang memiliki nama lengkap Republik Yaman ini terdiri dari 22 wilayah Kegubernuran (muhafazat). Berikut ini adalah daftar 22 wilayah Kegubernuran Yaman.

No. Nama Kegubernuran

Ibukota

1 ‘Adan Aden
2 ‘Amran ‘Amran
3 Abyan Zinjibar
4 Ad Dali Ad Dali’
5 Al Bayda’ Al Bayda’
6 Al Hudaydah Al Hudaydah
7 Al Jawf Al Jawf
8 Al Mahrah Al Ghaydah
9 Al Mahwit Al Mahwit
10 Amanat Al Asimah Sana’a
11 Dhamar Dhamar
12 Hadramaut Mukalla
13 Hajjah Hajjah
14 Ibb Ibb
15 Lahij Lahij
16 Ma’rib Ma’rib
17 Raymah Raymah
18 Sa’dah Sa`dah
19 Sana’a Sana’a
20 Shabwah Ataq
21 Ta’izz Ta`izz
22 Socotra Hadibu

 

Sumber referensi : Data-data dalam Profil Negara Yaman (Yemen) ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*